Sukses

KA Cikurai Dibatalkan Imbas Tabrakan KA Turangga dan Bandung Raya di Bandung

Hingga saat ini, 2 dua perjalanan kereta api yang rutenya dialihkan sementara. Yakni, KA 252 Serayu relasi Pasar Senen - Purwokerto dan KA 256 Serayu relasu Pasar Senen - Purwokerto.

Liputan6.com, Jakarta - PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 1 DKI Jakarta membatalkan satu perjalanan kereta api dari Stasiun Pasar Senen. Hal ini imbas dari tertutupnya akses jalur karena kecelakaan tabrakan KA Turangga dan KA Lokal Commuter Line Bandung Raya.

Manager Humas KAI Daop 1 Jakarta, Ixfan Hendriwintoko mengatakan kecelakaan di km 181+700 petak jalan antara Stasiun Haurpugur - Stasiun Cicalengka mengakibatkan jalur tidak bisa dilalui. Alhasil, ada rekayasa rute perjalanan kereta api yang melewati titik tersebut.

“Jalur rel antara Haurpugur – Cicalengka wilayah Daop 2 Bandung untuk sementara tidak dapat dilalui akibat kecelakaan tersebut. KAI saat ini sedang berusaha melakukan upaya evakuasi kepada para penumpang di 2 KA yang menggalami musibah tersebut,” kata Ixfan dalam keterangannya, Jumat (5/1/2024).

Hingga saat ini, 2 dua perjalanan kereta api yang rutenya dialihkan sementara. Yakni, KA 252 Serayu relasi Pasar Senen - Purwokerto dan KA 256 Serayu relasu Pasar Senen - Purwokerto.

"Untuk KA-KA dari Daop 1 Jakarta yang terdampak atas gangguan tersebut yaitu KA 252 dan KA 256 Serayu relasi Pasar Senen – Purwokerto dilakukan rekayasa pola operasi dengan jalan memutar melalui Cikampek – Cirebon Prujakan – Prupuk – Purwokerto," jelasnya.

"Sedangkan KA 268 Cikurai relasi Pasar Senen – Garut PP dibatalkan," sambung Ixfan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pengembalian Dana 100 Persen

Ixfan menuturkan, atas kendala perjalanan yang dialami para calon penumpang, KAI memberikan sejumlah kompensasi. Adapun, bagi yang memutuskan untuk membatalkan perjalanan, bisa melakukan refund dana 100 persen harga tiket.

"Sehubungan dengan terjadinya rintang jalan pada petak jalan Haurpugur - Cicalengka, KAI memberikan kompensasi atas penundaan keberangkatan atau keterlambatan kereta api penumpang," katanya.

  1. Dalam hal penumpang bermaksud membatalkan perjalanannya di stasiun keberangkatan penumpang ataupun di tengah perjalanan karena terjadi rintang jalan tersebut yang menyebabkan penundaan keberangkatan atau keterlambatan kereta api penumpang dimaksud, maka Perusahaan mengembalikan bea tiket sebesar 100% (seratus persen) diluar bea pesan;
  2. Dalam hal terjadi penundaan keberangkatan kereta api di stasiun keberangkatan penumpang yang diperkirakan akan berlangsung 1 (satu) jam atau lebih dan penumpang bermaksud membatalkan perjalanannya maka perusahaan mengembalikan bea tiket sebesar 100% diluar bea pesan;
  3. Dalam hal penumpang bermaksud membatalkan perjalanannya dikarenakan menolak untuk menggunakan kereta api dengan rute lain/memutar maka perusahaan mengembalikan bea tiket sebesar 100% diluar bea pesan;
  4. Dalam hal stasiun tujuan penumpang menjadi tidak terlewati oleh kereta api dengan rute memutar maka perusahaan sedapat mungkin menyediakan moda angkutan terusan, jika tidak disediakan moda terusannya maka bea tiket dikembalikan 100% di luar bea pesan.

 

3 dari 3 halaman

9 Perjalanan KA Dibatalkan

Sebagai upaya pelayanan kereta api terdampak, KAI menerapkan pembatalan sejumlah KA serta memutar lintas KA. Berikut posisi kondisi lalu lintas KA di jalur antara Bandung - Cicalengka - Banjar pada hari ini, Jumat, 5 Januari 2024, jam 09:00 wib:

A. KA Yang Batal Perjalanannya, diantaranya :

1. KA 92 (Lodaya) lintas Bd-Kya (SF 10 Kereta)

2. KA 6 (Argo Wilis) lintas Bd-Kya (SF 10 Kereta)

3. KA 182 (Baturraden Ekspres) lintas Bd-Kya (SF 8 Kereta)

4. KA 181 (Baturraden Ekspres) lintas Kya-Pwt (SF 8 Kereta)

5. KA 250 (Serayu) lintas Pwt-Kya (SF 7 Kereta)

6. KA 251 (Serayu) lintas Kya-Bd-Ckp (SF 7 Kereta)

7. KA 252 (Serayu) lintas Ckp-Kya (SF 7 Kereta)

8. KA 249 (Serayu) lintas Kya-Pwt (SF 7 Kereta)

9. KA 240 (Pasundan) lintas Kac-Kya (SF 8 Kereta)

B. KA yang Mengalami Jalan Memutar Lewat Bd-Ckp-Kya, diantaranya :

1. PLB 92BK1 (Lodaya) lintas Bd-Ckp (SF 10 Kereta)

2. PLB 92BK (Lodaya) lintas Ckp-Cn-Kya (SF 10 Kereta)

3. PLB 6BK1 (Argo Wilis) lintas Bd-Ckp (SF 10 Kereta)

4. PLB 6BK (Argo Wilis) lintas Ckp-Cnp-Ppk-Kya (SF 10 Kereta)

5. PLB 182BK1 (Baturraden Ekspress) lintas Bd-Ckp (SF 8 Kereta)

6. PLB 182BK (Baturraden Ekspress) lintas Ckp-Cnp-Ppk-Pwt (SF 8 Kereta)

7. PLB 250BK1 (Serayu) lintas Pwt-Ppk-Cnp-Ckp (SF 7 Kereta)

8. PLB 249BK2 (Serayu) lintas Ckp-Cnp-Ppk-Pwt (SF 7 Kereta)

9. PLB 240BK1 (Pasundan) lintas Kac-Ckp (SF 8 Kereta)

10. PLB 240BK (Pasundan) lintas Ckp-Cnp-Ppk-Kya (SF 8 Kereta)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini