Sukses

Mendag Yakin Kebumen Beach Marathon 2023 Dorong Ekonomi Lokal

Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan mengatakan bahwa kehadiran ribuan peserta dalam Kebumen Beach Marathon 2023 akan menciptakan efek positif bagi ekonomi Kebumen.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan membuka Kebumen Beach Marathon 2023 di Pantai Pandan Kuning, Kebumen, Jawa Tengah, pada Sabtu 30 Desember 2023. Ia yakin Kebumen Beach Marathon 2023 mendorong pertumbuhan UMKM dan industri.

Zulkifli Hasan menjelaskan, gelaran Kebumen Beach Marathon 2023 memiliki banyak manfaat. Selain mempromosikan gaya hidup sehat, acara ini juga bisa mendorong produktivitas masyarakat.

"Tentu ini akan memberikan dampak yang bagus untuk membiasakan budaya yang sehat, karena mencegah itu lebih bagus, hidup sehat itu lebih bagus," ujar dia dikutip Minggu (31/12/2023).

"Kalau sudah sakit, tidak produktif. Kalau membiasakan hidup sehat dengan olahraga tentu itu akan lebih produktif," imbuhnya.

Kemudian, mendag menyatakan bahwa kehadiran ribuan peserta dalam Kebumen Beach Marathon 2023 akan menciptakan efek positif bagi ekonomi Kebumen."Pesertanya begitu ramai, tentu akan memberikan dampak yang baik bagi ekonomi di Kebumen," ujar Zulkifli Hasan.

"Hotel-hotel penuh, kuliner ramai, industri pakaian dan lain sebagainya berkembang, tentu akan memberi dampak ekonomi yang besar, apalagi pesertanya ribuan," tandasnya.

Zulkifli Hasan juga memberikan apresiasi kepada Pemerintah Kabupaten Kebumen, di bawah kepemimpinan Bupati Arif Sugiyanto, atas suksesnya penyelenggaraan Kebumen Beach Marathon 2023.

Dalam acara ini, Zulkifli Hasan berlari sejauh 5 kilometer mengelilingi Pantai Pandan Kuning. Acara tersebut juga dihadiri oleh Sekjen Kemendag Suhanto, Bupati Kebumen Arif Sugiyanto, dan forkopimda Kebumen.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Mendag Bagi-Bagi Modal Gratis Rp 40 Juta untuk Buka Warung, Minat?

Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan, dalam upaya meningkatkan keterampilan wirausaha anak Indonesia menyoroti signifikansi filosofi warung sebagai pembelajaran.

Hal itu disampaikan Mendag Zulhas saat berkunjung di Yayasan Baitul Munir Kendal LDII Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, Selasa (26/12/2023).

"Kemendag membantu warung. Jangan liat warung (sebelah mata)," kata Mendag dalam keterangan tertulis, Selasa (26/12/2023).Kemudian, Zulkifli Hasan juga menggarisbawahi manfaat warung dalam mengajarkan aspek-aspek berdagang, berjualan, pembukuan uang, serta perhitungan untung rugi.

“Warung itu penting (mengajarkan) bagaimana berdagang, bagaimana berjualan, bagaimana pembukuan uang, dan bagaimana menghitung untung rugi,” sambungnya.

Dalam kesempatan tersebut, Mendag, yang juga Ketua Umum PAN, memaparkan bahwa Kemendag berkomitmen untuk mendukung pengembangan warung melalui Program 1.000 Warung. 

"Jadi membiasakan kewirausahaan warung itu, Kemendag sediakan adanya program 1.000 warung" tutur Zulkifli Hasan.

3 dari 3 halaman

Pelatihan

Program ini tidak hanya memberikan bantuan modal sebesar Rp 40 juta, tetapi juga menyelenggarakan pelatihan agar para wirausahawan dapat menjalankan usahanya secara mandiri di berbagai tempat seperti masjid, sekolah, atau perumahan.

"Oleh karena itu kita mengembangkan warung kita benahi dibantu manajemennya  dan lain-lain," pungkasnya.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut,  Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) Jawa Tengah Prof  Singgih Tri Sulistiyono dan jajaran pengurusan LDII lainnya. 

  

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini