Sukses

Lee Sun Kyun Meninggal Dunia, Bintang Film Parasite yang Kantongi Bayaran hingga Rp 2,3 Miliar per Episode

Lee Sun-kyun, salah satu aktor papan atas Korea Selatan yang bintangi film Parasite ditemukan meninggal di dalam kendaraannya.

Liputan6.com, Jakarta - Aktor Lee Sun-kyun yang membintangi film Parasite meninggal dunia setelah dikabarkan hilang di Seoul, Korea Selatan. Ia meninggal dunia pada usia 48 tahun.

Dikutip dari Yahoo Finance, Rabu (27/12/2023), pihak berwenang telah mencari aktor Lee Sun Kyun setelah keluarganya menemukan pesan yang mirip dengan catatan bunuh diri.

Kantor berita Yonhap melaporkan, aktor Lee Sun-kyun ditemukan di dalam kendaraan di sebuah taman di pusat kota Seoul. Sebelumnya Lee telah menjalani penyelidikan polisi atas dugaan pemakaian ganja dan obat-obatan psikoaktif lainnya.

Mengutip laman VOA, pernah terkenal karena citranya, media lokal melaporkan kalau aktor tersebut dikeluarkan dari proyek televisi dan komersial setelah skandal tersebut.

Lulusan perguruan tinggi bergengsi di Korea Selatan, National University of Arts, Lee debut akting pada 2001 lewat drama televisi berjudul Lovers. Ia kemudian mendapatkan pujian atas penampilannya dalam berbagai peran termasuk koki arsitektur hingga arsitek yang mengetahui istrinya berselingkuh.

Secara global, ia terkenal sebagai bintang film Parasite karya sutradara Bong Joon-ho yang meraih Oscar pada 2019.

Film terakhirnya Sleep, di mana ia berperan sebagai seorang suami yang berjalan dalam tidurnya diterima dengan baik oleh para kritikus dan ditampilkan di Critics Week di Festival Cannes.

Ia meninggalkan seorang istri yang juga seorang artis Jeon Hye-jin dan dua anak.

Lee Sun-kyun juga sempat menarik perhatian lantaran bayaran yang diterimanya sebagai seorang aktor. Hal ini di tengah industri hiburan Korea Selatan yang telah berubah menjadi fenomena global seiring dengan drama dan filmnya yang mendapatkan popularitas di kancah internasional.

Namun, ada masalah mendasar mengenai tenaga kerja karena aktor dan aktrisnya hanya dibayar per episode. Demikian mengutip dari International Business Times yang rilis pada 25 Oktober 2023.

Berdasarkan laporan berjudul Survey on Actor’s Wage System and Research on Improvement Plans terdapat kesenjangan besar antara gaji aktor dan aktris yang menjadi pemeran utama dibandingkan aktor pendukung. Menurut SBS News, perbedaannya mencapai hingga 2.000 kali lipat.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Penghasilan Lee Sun-kyun

Salah satu kesenjangan terbesar antara pemeran utama dan pendukung dalam drama Payback: Money and Power yang dibintangi Lee Sun-kyun, Moon Chae-won, Kang You Seok dan Park Hoon. Dari laporan tersebut diketahui bayaran yang diterima Lee Sun-kyun saat berperan sebagai aktor.

Aktor utama Lee Sun-kyun dilaporkan mendapatkan bayaran sekitar 200 juta won Korea Selatan (US 148.374) per episode. Bayaran itu setara Rp 2,38 miliar (asumsi kurs satu won Korea Selatan terhadap rupiah sekitar 11.909). Sedangkan aktor biasa hanya terima 100.000 won Korea Selatan atau sekitar Rp 1,19 juta.

Adapun Lee Sun-kyun terkenal dengan film yang dibintanginya Parasite yang rilis pada 2019 dan berhasil memenangkan Oscar. Bahkan film Parasite termasuk salah satu film Korea Selatan terlaris sepanjang masa. Berdasarkan laman movieweb, film Parasite hasilkan USD 263 juta atau sekitar Rp 4,05 triliun secara global.

Selain Parasite, Lee Sun-kyun juga pernah tampil di drama My Mister bersama penyanyi terkenal IU pada 2018 dan drama Pasta pada 2010.

Setelah Lee Sun-kyun, aktor Namkoong Min yang bintangi One Dollar Lawyer menerima bayaran 160 juta won Korea Selatan per episode. Sedangkan bayaran aktor dan aktris pendukung hanya sekitar 200.000 won Korea Selatan per episode.

3 dari 5 halaman

Pihak Agensi Lee Sun Kyun Ungkap Belasungkawa dan Rencana Pemakaman Sang Aktor

Sebelumnya diberitakan, Lee Sun Kyun meninggal dunia pada Rabu (27/12/2023) di tengah kasus hukum terkait narkoba yang sedang dihadapinya. Dia ditemukan tak sadarkan diri di dalam mobilnya pada Rabu pagi. 

Pihak agensi yang menaungi Lee Sun Kyun telah memberi pernyataan resmi mengenai meninggalnya sang aktor. Di awal kalimatnya, mereka menyampaikan permohonan maaf dan ungkapan belasungkawa.

"Kami mohon maaf karena menyampaikan kabar buruk. Aktor Lee Sun Kyun meninggal pada 27 Desember. Tidak ada kata-kata yang mampu membendung duka dan duka kami," kata pihak agensi, HODU&U Entertainment, dikutip dari Koreaboo.

Agensi juga mengimbau untuk tidak menyebarkan kabar hoaks terkait kepergian bintang serial My Mister tersebut. Selanjutnya, pihaknya memnyampaikan informasi terkait pemakaman.

"Mohon dengan hormat menahan diri untuk tidak menyebarkan informasi palsu melalui spekulasi atau pernyataan jahat yang akan membuat jalan akhir almarhum menjadi tidak adil," tuturnya.

"Pemakaman akan digelar secara tenang bersama keluarga dan rekan almarhum. Kami menyampaikan belasungkawa sedalam-dalamnya kepada mendiang," ujar dia.

 

4 dari 5 halaman

Lee Sun Kyun Diduga Mengakhiri Hidup

Sebelumnya diberitakan, Lee Sun Kyun meninggal dunia di usia 48 tahun. Bintang film Parasite ini ditemukan tak sadarkan diri di dalam mobilnya di Jongno-gu, Seoul, pada Rabu (27/12/2023) pagi. Polisi kemudian mengonfirmasi bahwa sang aktor sudah tidak bernyawa.

Tersiar dugaan bahwa meninggalnya sang aktor disebabkan karena bunuh diri setelah polisi menemukan briket arang yang masih menyala di dalam mobilnya. Demikian mengutip Kanal Showbiz Liputan6.com.

Tak hanya itu, sebelum meninggal, Lee Sun Kyun juga dikabarkan sempat menulis surat wasiat yang ditujukan untuk sang istri tercinta, Jeon Hye Jin.

Sang istri kemudian lapor polisi dan dari sinilah jejak awal penemuan jasad sang aktor.

"Suami saya meninggalkan rumah setelah menulis surat yang menyerupai surat wasiat," ujar Jeon Hye Jin dikutip dari situs Allkpop, Rabu (27/12/2023).

 

5 dari 5 halaman

KONTAK BANTUAN

Bunuh diri bukan jawaban apalagi solusi dari semua permasalahan hidup yang seringkali menghimpit. Bila Anda, teman, saudara, atau keluarga yang Anda kenal sedang mengalami masa sulit, dilanda depresi dan merasakan dorongan untuk bunuh diri, sangat disarankan menghubungi dokter kesehatan jiwa di fasilitas kesehatan (Puskesmas atau Rumah Sakit) terdekat.

Bisa juga mengunduh aplikasi Sahabatku: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.tldigital.sahabatku

Atau hubungi Call Center 24 jam Halo Kemenkes 1500-567 yang melayani berbagai pengaduan, permintaan, dan saran masyarakat.

Anda juga bisa mengirim pesan singkat ke 081281562620, faksimili (021) 5223002, 52921669, dan alamat surat elektronik (surel) kontak@kemkes.go.id.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini