Sukses

Sir Jim Ratcliffe Beli 25% Saham Manchester United, Nilainya Bikin Geleng-Geleng

Lebih dari setahun setelah diumumkan akan dijual, Manchester United mengatakan bahwa miliarder Inggris Sir Jim Ratcliffe telah setuju untuk membeli saham minoritas di klub Liga Premier yang terkenal itu.

Liputan6.com, Jakarta Lebih dari setahun setelah diumumkan akan dijual, Manchester United mengatakan bahwa miliarder Inggris Sir Jim Ratcliffe telah setuju untuk membeli saham minoritas di klub Liga Premier yang terkenal itu.

Ratcliffe, pemilik raksasa petrokimia INEOS dan merupakan salah satu orang terkaya di Inggris ini, telah mengamankan saham hingga 25% di klub juara liga 20 kali tersebut dan akan menginvestasikan USD 300 juta di Manchester United.

Sebagai bagian dari kesepakatan, United mengatakan Ratcliffe akan bertanggung jawab atas operasional klub sepak bola.

Ratcliffe akan menyediakan USD 200 juta setelah selesainya kesepakatan dan tambahan USD 100 juta pada akhir tahun 2024, kata United. Kesepakatan itu akan bernilai sekitar USD 1,6 miliar atau sekitar Rp 24,7 triliun (15.467 per USD) termasuk pendanaan USD 300 juta.

Kesepakatan itu masih harus mendapat persetujuan dari Liga Premier.

Ratcliffe, yang lahir di Failsworth, Greater Manchester, awalnya mengajukan tawaran untuk membeli seluruh saham mayoritas sekitar 69% yang dipegang oleh Glazers, pemilik klub asal Amerika.

“Sebagai anak lokal dan pendukung klub seumur hidup, saya sangat senang bahwa kami dapat menyetujui kesepakatan dengan Dewan Manchester United yang mendelegasikan kami tanggung jawab pengelolaan operasional sepak bola klub,” kata Ratcliffe.

 “Meskipun kesuksesan komersial klub telah memastikan selalu tersedia dana untuk memenangkan trofi di level tertinggi, potensi ini belum sepenuhnya terbuka dalam beberapa waktu terakhir. Kami akan membawa pengetahuan, keahlian, dan bakat global dari grup INEOS Sport yang lebih luas untuk membantu mendorong peningkatan lebih lanjut di klub, sekaligus menyediakan dana yang memungkinkan investasi masa depan di Old Trafford," lanjut dia.

Transaksi tersebut akan didanai oleh Trawlers Limited – sebuah perusahaan yang sepenuhnya dimiliki oleh Ratcliffe – tanpa utang apa pun, kata United. 

Sebelumnya, penggemar Manchester United mengkritik sifat leverage dari pembelian Glazer yang membebani klub, serta kurangnya investasi dan dividen yang diambil oleh pemilik.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kata Keluarga Glazer

Avram Glazer dan Joel Glazer, ketua dan direktur eksekutif United, mengatakan dalam pernyataannya: “Sir Jim dan INEOS membawa banyak pengalaman komersial serta komitmen finansial yang signifikan ke dalam klub. Dan, melalui INEOS Sport, Manchester United akan memiliki akses terhadap para profesional berpengalaman dengan performa tinggi, berpengalaman dalam menciptakan dan memimpin tim elit baik dari dalam maupun luar permainan.

“Manchester United memiliki orang-orang berbakat di seluruh klub dan keinginan kami adalah untuk selalu berkembang di setiap level untuk membantu membawa lebih banyak kesuksesan bagi penggemar hebat kami di masa depan.”

Keluarga Glazer pada bulan November lalu mengumumkan rencana untuk mencari investasi baru dan menginstruksikan bank dagang AS Raine untuk mengawasi proses tersebut, termasuk potensi penjualan penuh.

Ratcliffe telah bersaing dengan bankir Qatar Sheikh Jassim bin Hamad Al Thani untuk membeli Glazers, yang juga memiliki Tampa Bay Buccaneers NFL. Namun setelah berbulan-bulan negosiasi yang berlarut-larut, Sheikh Jassim menarik tawarannya pada bulan Oktober untuk meninggalkan Ratcliffe dalam posisi untuk mengambil saham minoritas di klub tersebut.

Sheikh Jassim selalu menyatakan bahwa dia tertarik pada pengambilalihan sepenuhnya. United mengatakan Ratcliffe telah membayar USD 33 per saham.

 

3 dari 3 halaman

Dekade Kemunduran

Ratcliffe membeli klub yang telah mengalami penurunan selama satu dekade sejak pensiunnya mantan manajer Alex Ferguson pada tahun 2013. Sejak saat itu, klub tersebut belum pernah memenangkan gelar lagi.

Ketidakpastian yang sedang berlangsung mengenai kepemilikan menyebabkan protes penggemar di luar stadion klub Old Trafford, sementara teriakan “Glazers out” sering terdengar selama pertandingan.

Meskipun Ratcliffe telah lama dipandang oleh para penggemar sebagai pemilik potensial yang populer, investasi minoritasnya membuat keluarga Glazer tetap bertahan, meskipun ada kampanye penggemar selama bertahun-tahun untuk mengusir mereka.

Mendiang taipan Malcolm Glazer membeli United pada tahun 2005 seharga 790 juta pound (saat itu sekitar USD 1,4 miliar) di tengah reaksi keras dari para pendukungnya.

“Ambisi bersama adalah untuk menciptakan operasi sepak bola kelas dunia yang dibangun berdasarkan banyak kekuatan klub yang ada, termasuk kesuksesan kinerja di luar lapangan yang terus dinikmati,” kata United, Minggu.

Awalnya, INEOS Ratcliffe mengatakan bahwa mereka bertujuan untuk “pendekatan kepemilikan yang modern, progresif, dan berpusat pada penggemar.”

Dikatakan juga bahwa pihaknya fokus pada Manchester United untuk memenangkan Liga Champions untuk pertama kalinya sejak 2008 dan menjadikannya “klub nomor satu di dunia sekali lagi.”

Ratcliffe dikatakan memiliki kekayaan USD 15,1 miliar dan mencoba membeli klub Liga Premier Chelsea tahun lalu.

Dia sudah memiliki klub Prancis Nice, franchise bersepeda Tim INEOS, merupakan sepertiga pemegang saham tim Formula Satu Mercedes-AMG Petronas dan berkompetisi di Piala Amerika bersama tim layar INEOS Britannia. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.