Sukses

Mahfud MD Kaget Dengar Misi Cak Imin Bangun 40 Kota Selevel Jakarta: Biayanya Bagaimana?

Calon Wakil Presiden Urut 1, Abdul Muhaimin Iskandar (Cak Imin) menyatakan bahwa ia berencana melakukan pemerataan pembangunan di wilayah perkotaan di Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta Calon Wakil Presiden Urut 1, Abdul Muhaimin Iskandar (Cak Imin) menyatakan bahwa ia berencana melakukan pemerataan pembangunan di wilayah perkotaan di Indonesia.

Ia mengatakan, dirinya bertekad untuk membangun 40 kota baru se-level DKI Jakarta.

“(40 kota) ini dengan kemampuan menampung penduduk, memberikan sarana prasarana yang baik, sekaligus kemampuan untuk terjaganya lingkungan yang sehat,” ujar Muhaimin dalam Debat Cawapres 2024, disiarkan Jumat (22/12/2023).

Sementara itu, Calon Wapres Urut 3 Mahfud MD mengaku kaget dengan visi tersebut. Hal itu lantaran pembangunan kota yang tidak dapat dijalankan secara instan, bahkan membutuhkan waktu hingga puluhan tahun.

“Saya agak kaget, mau membangun 40 kota se-level Jakarta. Apa itu bisa dilaksanakan selama 5 tahun Bapak menjadi Wakil Presiden dalam 5 tahun,” ujar Mahfud, merespon Muhaimin.

Pembangunan IKN

Mahfud mencontohkan, pembangunan IKN saja membutuhkan waktu hingga puluhan tahun untuk dilaksanakan.

“Itu yang investasi baru dalam bentuk janji belum ada yang melaksanakan,” ucapnya.

“Juga pembiayaannya, kalau membangun 40 kota itu pembiayaannya APBN? atau APBD? atau perlukah lembaga khusus? Ini perlu dibawa dulu agar semuanya tidak spekulatif,” tambah Mahfud MD.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.