Sukses

Hari Ibu, Erick Thohir Luncurkan Daycare di Kementerian BUMN

Erick Thohir menyampaikan kehadiran fasilitas daycare juga menjadi komitmen Kementerian BUMN dalam implementasi program Employee Well-Being Policy.

Liputan6.com, Jakarta - Bertepatan di peringatanh Hari Ibu yang jatuh pada 22 Desember, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir meluncurkan fasilitas daycare di Kementerian BUMN. Erick Thohir menyampaikan fasilitas daycare merupakan kado bagi para ibu pekerja di Kementerian BUMN.

"Alhamdulillah, para ibu-ibu di Kementerian BUMN kini dapat memanfaatkan fasilitas penitipan anak sehingga bisa lebih tenang dalam bekerja," ujar Erick Thohir pada Jumat (22/12/2023).

Erick menyampaikan kehadiran fasilitas daycare juga menjadi komitmen Kementerian BUMN dalam implementasi program Employee Well-Being Policy.

 

Erick mengatakan banyak perempuan di Kementerian BUMN yang memiliki peran ganda sebagai ibu rumah tangga dan juga pekerja. Untuk itu, Erick menilai sudah sepantasnya para ibu mendapatkan layanan terbaik dan perlindungan dalam bekerja, termasuk dengan keberadaan fasilitas daycare.

"Sejak awal, kita terus mendukung dan memberikan penghargaan tertinggi bagi para ibu yang selain menjadi tulang punggung ekonomi juga tepat menjalankan perannya sebagai ibu rumah tangga," ucap Erick.

 

Erick menyampaikan daycare Kementerian BUMN memiliki fasilitas komplit yang akan memanjakan anak-anak, dari sisi edukasi hingga permainan. Erick mengaku akan terus memonitor perkembangan fasilitas daycare Kementerian BUMN agar bisa terus memberikan yang terbaik bagi anak-anak, termasuk dengan berkoordinasi bersama Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KemenPPPA).

"Semoga fasilitas daycare ini dapat terus dijaga dan ditingkatkan kualitasnya. Dengan begitu, ibu-ibu bisa lebih tenang bekerja dan dampaknya kita harap produktivitas juga akan meningkat," kata Erick.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Di Acara Hari Ibu, Sandiaga Uno Ungkap 50 Persen Lebih Pejabat Kemenparekraf Adalah Wanita

Menyambut Hari Ibu yang jatuh di hari ini, 22 Desember, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengungkapkan, lebih dari 50 persen pejabat di lingkup Kemenparekraf adalah wanita. Fakta itu menggambarkan inklusivitas wanita serta kesetaraan gender di kementerian ini.

"Di sinilah kesetaraan dari peluang, kesetaraan dari kewenangan dan jabatan ini bisa kita wujudkan. Lebih dari 50 persen dari para pejabat lingkungan Kemenparekraf mulai dari eselon I ke bawah di unit kerja adalah mewakili perempuan," kata Sandiaga Uno dalam perayaan Hari Ibu yang digelar di Gedung Sapta Pesona di Jakarta Pusat, Rabu, 20 Desember 2023, dilansir dari Antara.

Ia menyadari bahwa industri pariwisata dan ekraf perlu peran wanita lebih besar, sehingga melalui penerapan kesetaraan peluang terhadap wanita mampu mengambil ruang dan peluang dalam sektor parekraf. Dengan penerapan inklusivitas peran perempuan di lingkup Kemenparekraf, Sandiaga menambahkan bahwa perlindungan kepada perempuan atas harkat dan martabat menjadi komitmen Kemenparekraf.

Pria yang biasa disapa Sandi ini juga mengatakan, sebanyak 30 persen subsektor dalam parekraf terdiri dari wanita, bahkan wanita telah menjadi tulang punggung dalam sektor itu terutama pada masa pandemi COVID-19.

 

3 dari 3 halaman

Terus Semangat

Kemenparekraf, lanjut dia, tidak ada toleransi untuk aspek-aspek perbuatan yang melanggar komitmen tersebut terutama menyangkut harkat dan martabat wanita.

Sementara itu, Penasihat Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kemenparekraf Nur Asia Uno berpesan kepada semua wanita termasuk ibu di Indonesia untuk tetap semangat menjalankan aktivitas keseharian serta sabar dan tegar menghadapi persoalan dan tantangan yang ada.

"(Perempuan Indonesia) Harus lebih bersyukur dan terus semangat untuk menghadapi masa depan, insya Allah ibu-ibu Indonesia akan lebih kuat menghadapi semua dan selalu berusaha untuk sabar dan tegar," ucap Nur Asia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Hari Ibu Nasional ditetapkan untuk menghargai kedudukan dan peran seorang ibu dalam keluarga, dan dalam upaya menciptakan generasi penerus.
    Hari Ibu Nasional ditetapkan untuk menghargai kedudukan dan peran seorang ibu dalam keluarga, dan dalam upaya menciptakan generasi penerus.

    Hari Ibu

  • Erick Thohir kini menjabat sebagai Menteri BUMN di Kabinet Indonesia Maju.

    Erick Thohir

  • Kementerian BUMN merupakan kementerian dalam Pemerintah Indonesia yang membidangi urusan pembinaan badan usaha milik negara (BUMN).

    Kementerian BUMN

  • Daycare