Sukses

Catat, Tol Solo-Jogja Cuma Dibuka Gratis Sampai Tanggal Ini

Jalur fungsional jalan Tol Solo-Yogyakarta sepanjang 13 kilometer akan ditutup kembali setelah masa Libur panjang Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru) berakhir.

Liputan6.com, Jakarta Direktur Utama PT Jasamarga Jogja Solo (JMJ) Suchandra Hutabarat mengungkapkan jalur fungsional jalan Tol Solo-Yogyakarta sepanjang 13 kilometer akan ditutup kembali setelah masa libur panjang Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru) berakhir.

Pria yang akrab disap Chandra ini menjelaskan, pengoperasian jalur fungsional jalan Tol Solo-Yogyakarta akan dimulai pada 22 Desember 2023 hingga 3 Januari 2024. 

Maka, setelah tanggal tersebut, operasional jalur fungsional jalan Tol Solo-Yogyakarta akan ditutup, dan dilanjutkan pembangunan jalan menuju Purwomartani.

"Jadi, untuk arus (mudik) ya 22-31 Desember. Tolong diingat arus baliknya dari tanggal 1 sampai tanggal 3 Januari 2024. Setelah itu kita akan tutup jalur ini, untuk lanjut kita lakukan konstruksi pekerjaan sampai dengan Purwomartani," kata Chandra saat ditemui di Solo, Jawa Tengah, Kamis (21/12/2023).

Adapun selama arus libur panjang Nataru dipastikan tidak ada pekerjaan konstruksi fisik, baik dengan mobilisasi alat berat maupun pekerja.

"Yang jelas di jam fungsional nanti tidak akan ada pekerjaan. Sama sekali tidak ada giat, tidak ada alat sama sekali, tidak ada manusia yang sedang bekerja bekerja nanti (pada jalan yang dipakai arus mudik)," jelasnya.

Namun, sejalan dengan hal itu, pihaknya akan merapikan pekerjaan kontruksi di jalur balik, agar pada arus balik nanti pengguna jalan bisa menikmati jalan tol tersebut dengan nyaman.

"Sementara, kami akan ada pekerjaan lagi untuk merapikan lagi di jalur sebelah yang untuk jalur balik," katanya.

Sebagai informasi, jalur fungsional jalan Tol Solo-Yogyakarta akan dioperasikan satu arah dari Solo menuju Yogyakarta mulai pukul 06.00 - 17.00 WIB.  Di luar jam fungsional yang ditentukan, arus lalu lintas menuju dan keluar GT Colomadu kembali normal menggunakan akses eksisting.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tol Solo-Yogyakarta Dibuka Gratis, Kecepatan Dibatasi 40 Km per Jam

PT Jasamarga Jogja Solo (PT JMJ) akan mengoperasikan jalur fungsional jalan Tol Solo-Yogyakarta sepanjang 13 Kilometer dalam rangka menyambut Libur panjang Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru).

Pengoperasian jalur fungsional jalan Tol Solo-Yogyakarta akan dimulai pada 22 Desember 2023 hingga 3 Januari 2024.

Direktur Utama PT Jasamarga Jogja Solo (JMJ) Suchandra Hutabarat, mengatakan terdapat pembatasan kecepatan kendaraan bagi masyarakat yang akan menggunakan jalur jalan Tol Solo - Yogyakarta tersebut. Batas kecepatan yang ditetapkan adalah 40 km per jam.

"Batas kecepatan yang kami tetapkan, berdasarkan koordinasi juga demi keamanan pengguna, jalur fungsional kami ini adalah 40 Km per jam," kata Chandra saat ditemui dalam pengecekan Jalan Tol Solo-Yogyakarta-YIA Kulonprogo, di Solo, Rabu (20/12/2023).

Penetapan batasan kecepatan tersebut lantaran masih terdapf beberapa spot jalan yang belum dilakukan leveling. Leveling adalah proses mengukur beda ketinggian antar satu titik jalan dengan titik jalan lain.

"Mengingat masih ada beberapa spot yang belum leveling itu di jembatan ada beda tinggi," ujarnya.

Menurutnya, dengan kecepatan 40 Km per jam diyakini masih aman pada saat melewati kondisi jalan yang beda tinggi. Berbeda jika kecepatan kendaraannya di atas 40 Km per jam bisa menyebabkan hal yang tidak diinginkan.

"Dengan kecepatan 40 km per jam, tentunya pasti masih akan aman melewati kondisi seperti itu. Kalau dengan kecepatan tinggi itu bisa bisa jumping, kalau ada beda tinggi meskipun hanya 5 centi," katanya.

Oleh karena itu, Jasa Marga Jogja Solo mengingatkan agar masyarakat mentaati aturan lalu lintas, demi kenyamanan dan keselamatan pada saat menggunakan jalur fungsional jalan Tol Solo-Yogyakarta.

"Kami menghimbau masyarakat yang masuk nanti agar menjaga keceptannya di 40 km per jam," ujarnya.

 

3 dari 3 halaman

Arah yang Diberlakukan

Berikut jalur satu arah yang diberlakukan pada jalur fungsional Jalan Tol Solo-Yogyakarta pada 22 Desember - 31 Desember 2023:

  • Dari GT Colomadu keluar GT Banyudono (tujuan Boyolali, Kartasura)
  • Dari GT Colomadu keluar GT Karanganom (Tujuan Klaten, Yogyakarta)
  • Dari GT Banyudono keluar GT Karanganom (tujuan Klaten, Yogyakarta)
  • Dari Banyudono masuk GT Colomadu (tujuan tol trans Jawa)
  • Exit tol GT Colomadu (tujuan Boyolali, Kartosuro).

Sedangkan, jalur fungsional satu arah yang berlaku pada 1 Januari - 3 Januari 2024, di antaranya: 

  • Dari GT Karanganom keluar GT Banyudono (tujuan Boyolali, Kartasura)
  • Dari GT Karanganom masuk GT Colomadu (tujuan Tol Trans Jawa)
  • Dari GT Banyudono masuk GT Colomadu (tujuan Tol Trans Jawa)
  • Exit tol GT Colomadu (tujuan Boyolali, Kartosuro).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini