Sukses

Permintaan Batu Bara Diprediksi Merosot Mulai Tahun Depan, China Jadi Biang Keroknya

IEA memproyeksikan permintaan batu bara akan mencapai puncaknya sebesar 8,54 miliar metrik ton tahun ini.

Liputan6.com, Jakarta - Badan Energi Internasional (IEA) memperkirakan permintaan batu bara global akan mencapai puncaknya di 2023, dan bisa turun sekitar 2 persen dalam 3 tahun ke depan seiring China menghadirkan lebih banyak sumber energi terbarukan.

Ini adalah pertama kalinya IEA memperkirakan penurunan minat terhadap batu bara selama periode 3 tahun.

Dikutip dari CNN Business, Rabu (20/12/2023) IEA dalam laporan pasar batubara tahunannya memproyeksikan permintaan batu bara akan mencapai puncaknya sebesar 8,54 miliar metrik ton (9,4 miliar ton) tahun ini, melampaui rekor sebelumnya sebesar 8,42 miliar metrik ton pada tahun 2022.

Badan tersebut memperkirakan permintaan batu bara akan mulai turun pada 2024, dan 2,3 persen pada akhir 2026.

"(Perkiraan tersebut) menunjukkan bahwa titik balik batubara jelas akan segera terjadi," kata Keisuke Sadamori, direktur pasar dan keamanan energi IEA.

"Kami telah melihat penurunan permintaan batu bara global beberapa kali, namun penurunan tersebut hanya berlangsung singkat dan disebabkan oleh peristiwa luar biasa seperti runtuhnya Uni Soviet atau krisis Covid-19," ujarnya dalam keterangan resmi.

"Kali ini tampak berbeda, karena penurunan ini lebih bersifat struktural, didorong oleh perluasan teknologi energi ramah lingkungan yang besar dan berkelanjutan," tambah dia.

Lebih dari separuh kapasitas energi terbarukan yang mulai beroperasi dalam tiga tahun ke depan akan berada di Tiongkok, kata IEA.

Menurut badan tersebut, China ini saat ini menyumbang lebih dari separuh permintaan batu bara global.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

IEA: Permintaan Batu Bara akan Menurun di Negara Maju

Kesepakatan iklim global yang baru, yang disepakati pada hari Rabu di KTT COP28, memberikan seruan yang belum pernah terjadi sebelumnya kepada negara-negara untuk beralih dari bahan bakar fosil, namun menggunakan bahasa yang tidak jelas sehingga memungkinkan beberapa negara untuk mengambil tindakan minimal.

Perjanjian tersebut tidak mewajibkan dunia untuk menghentikan minyak, batu bara, dan gas alam, hal yang telah diserukan oleh lebih dari 100 negara dan banyak kelompok iklim, IEA menyoroti.

IEA memperkirakan permintaan batubara akan menurun tahun ini di hampir semua negara maju, didorong oleh rekor penurunan sekitar 20 persen di Uni Eropa dan Amerika Serikat.

Namun, permintaan bergerak ke arah timur dan diperkirakan meningkat sekitar 5 persen di China tahun ini dan lebih dari 8 persen di India karena kuatnya pertumbuhan kebutuhan listrik dan rendahnya keluaran pembangkit listrik tenaga air.

3 dari 3 halaman

Kapasitas China di Energi Ramah Lingkungan

Meskipun secara keseluruhan dunia berada pada jalur yang tepat untuk mengurangi konsumsi batu bara dalam tiga tahun ke depan, banyak hal yang bergantung pada kemampuan China untuk memperluas kapasitas energi ramah lingkungannya, kata IEA.

"Ketersediaan pembangkit listrik tenaga air merupakan variabel kunci dalam jangka pendek, karena batu bara digunakan sebagai pengganti ketika pembangkit listrik tenaga air berkinerja buruk di China," tulis badan tersebut dalam laporannya, seraya menambahkan bahwa negara tersebut yang akan mengambil keputusan terakhir.

IEA mengatakan konsumsi batu bara global masih akan mencapai lebih dari 8 miliar metrik ton pada tahun 2026, dan penggunaan batubara yang tidak dapat dikurangi perlu diturunkan jauh lebih cepat dibandingkan tingkat penurunan saat ini untuk membatasi pemanasan global hingga 1,5 derajat Celsius di atas tingkat pra-industri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini