Sukses

Transisi Ekonomi Hijau Bisa Sumbang Rp 3.000 Triliun ke Perekonomian Indonesia

Center of Economics and Law Studies (CELIOS) dan Greenpeace Indonesia mengungkapkan bahwa transisi ke ekonomi hijau dapat memberikan dampak hingga Rp 4.376 triliun ke output ekonomi nasional.

Liputan6.com, Jakarta - Center of Economics and Law Studies (CELIOS) dan Greenpeace Indonesia mengungkapkan bahwa transisi ke ekonomi hijau dapat memberikan dampak hingga Rp 4.376 triliun ke output ekonomi nasional.

Peralihan ini juga diprediksi memberikan tambahan produk domestik bruto (PDB) sebesar Rp 2.943 triliun dalam 10 tahun ke depan, atau setara 14,3% PDB Indonesia pada tahun 2024.

Dari temuan CELIOS dan Greenpeace Indonesia,  Efek berganda ekonomi hijau dari sisi PDB tersebut jauh melebihi struktur ekonomi saat ini yang masih bergantung pada sektor industri ekstraktif, salah satunya pertambangan.

Pasalnya, saat ini di Indonesia masih ada ketergantungan dengan ekonomi ekstraktif sehingga menyebabkan pertumbuhan ekonomi yang fluktuatif, risiko lingkungan yang tinggi, dan beban biaya kesehatan yang meningkat dalam jangka panjang.

“Kalau kita tetap menjalankan business as usual, dampak ke PDB sebesar Rp 1.843 triliun, tetapi kalau ada komitmen politik, serta dukungan yang lebih dari perbankan, lembaga pembiayaan, fiskal, dan dari sisi moneter, maka dampak dari PDB yang akan diciptakan bisa hampir Rp 3000 triliun dalam 10 tahun ke depan,” kata Direktur Center of Economic and Low Studies (CELIOS), Bhima Yudhistira pada Selasa, (19/12).

Bhima menjelaskan, dari paparan diatas terlihat bahwa ekonomi hijau punya dampak yang lebih positif bagi pertanian, kehutanan, dan juga perikanan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Move On dari Ekonomi yang Fluktuatif

Untuk menjalankan transisi ke ekonomi hijau, pensiun PLTU batubara bisa dilakukan dan digantikan dengan sumber energi terbarukan. Hal tersebut membutuhkan input konstruksi yang sangat besar.

“Kalau begini-begini aja, ekonomi hanya mampu Rp 1.843 triliun jika terus menggunakan business as usual. Namun, kalau kita bergerak ke ekonomi hijau ada Rp 3.000 triliun potensi ekonominya. Hampir dua kali lipat dibandingkan business as usual.” jelas Bhima.

Bhima melanjutkan, menjawab pertumbuhan ekonomi yang tinggi dengan PDB yang tinggi dan berkualitas, melakukan transisi ekonomi hijau adalah jawabannya.

Pelaku usaha pun diuntungkan dengan peralihan ke ekonomi hijau berkat munculnya berbagai industri baru di sektor ekonomi sirkular dan transisi energi. Surplus usaha nasional dari transisi ekonomi hijau diprediksi menembus Rp 1.517 triliun dalam 10 tahun transisi dilakukan. 

 

3 dari 3 halaman

Ekonomi Berkelanjutan

Sementara dari sisi pekerja, peralihan ke ekonomi berkelanjutan diramal mampu membuka hingga 19,4 juta lapangan kerja baru yang muncul dari berbagai sektor yang berkaitan dengan pengembangan energi terbarukan, pertanian, kehutanan, perikanan dan jenis-jenis industri ramah lingkungan lainnya.

Adapun, pendapatan pekerja secara total dapat bertambah hingga Rp 902,2 triliun berkat transformasi ini. 

“Kita harus move on dari ekonomi yang naik turunnya tidak bisa kita perkirakan. Kita butuh ekonomi yang lebih sustainable, lebih berkelanjutan, dan itu positif untuk menutup gap antara kebutuhan hidup layak di masing-masing daerah di Indonesia dengan pendapatan masyarakat.” Ungkap Bhima.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.