Sukses

10 Pengetahuan Keuangan yang Wajib Diketahui saat Umur 18 Tahun

Membeli rumah merupakan tujuan keuangan yang sangat umum karena kepraktisan dan potensinya menjadi investasi yang menguntungkan. Namun, jika kamu lebih suka bepergian atau tinggal di tempat berbeda, menjadi pemilik rumah mungkin bukan menjadi impian kamu.

Liputan6.com, Jakarta - Literasi keuangan disebut sebagai perjalanan seumur hidup. Beberapa orang cukup beruntung tumbuh bersama orang tua atau guru yang dapat membantu mereka memahami konsep seperti menabung dan berinvestasi sejak usia muda.

Namun, dikutip dari CNBC Make It, Selasa (18/12/2023), mengingat lebih dari 1 dari 3 orang dewasa Amerika Serikat dianggap tidak “melek finansial” menurut pendapat Ipsos tahun 2022. Banyak orang tidak mendapatkan pelajaran tersebut sejak dini atau bahkan tidak pernah.

Ini adalah 10 pelajaran keuangan paling penting dari CNBC Make It yang perlu diketahui oleh siswa sekolah menengah sebelum mereka lulus:

1. Identifikasi tujuan, nilai, dan keinginan

Keuangan pribadi bersifat pribadi. Sebelum mulai menetapkan anggaran dan berupaya mencapai tujuan, kamu perlu menentukan apa tujuan tersebut. Hal itu penting.

Membeli rumah, misalnya, merupakan tujuan keuangan yang sangat umum karena kepraktisan dan potensinya menjadi investasi yang menguntungkan. Namun, jika kamu lebih suka menghabiskan banyak waktu bepergian atau tinggal di tempat berbeda, menjadi pemilik rumah mungkin bukan menjadi impian kamu.

Jangan merasa tertekan untuk berupaya mencapai pencapaian tertentu yang tidak sejalan dengan apa yang kamu inginkan dalam hidup.

2. Bunga majemuk adalah sahabatmu, jadi mulailah berinvestasi

Dalam hal investasi, lamanya uang beredar di pasar sering kali sama pentingnya dengan jumlah uang yang kamu sumbangkan. Hal ini disebabkan oleh bunga majemuk, yaitu uang tunai yang kamu investasikan dan menghasilkan bunga, ditambah dengan investasi awal, dan kamu mulai mendapatkan bunga atas bunga tersebut.

Para ahli investasi seperti Warren Buffett setuju. Bunga majemuk adalah salah satu cara termudah untuk membangun kekayaan, dan cara untuk memaksimalkannya adalah dengan terus menginvestasikan uang selama kamu bisa. Itulah mengapa ada baiknya untuk mulai berinvestasi sesegera mungkin.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3. Berhati-hatilah dengan uangmu

Hampir setiap orang harus memikirkan cara hidup dengan sejumlah uang tertentu. Bahkan jika kamu memiliki banyak hal yang harus dikerjakan, sangat mudah untuk bangkrut, atau berakhir dalam kerugian, jika kamu tidak mencatatnya. Bayangkan berapa banyak pemenang lotere atau atlet profesional yang kembali ke angka nol.

Pembelian impulsif dirancang untuk menggoda. Luangkan waktu saat berbelanja untuk mempertimbangkan apakah yang kamu gunakan dengan kartu kredit benar-benar sesuai dengan keinginan untuk membelanjakan uangmu.

Memahami keinginan dan kebutuhan berarti mampu mengidentifikasi hal-hal yang harus kamu belanjakan, seperti perumahan, makanan, dan tagihan, melawan hal-hal yang ingin kamu belanjakan, seperti liburan atau konser.

Menuliskan semua pengeluaran uang dalam sebulan adalah cara yang baik untuk mulai mengidentifikasi kemana perginya uangmu. Dari sana, kamu dapat melihat dengan tepat berapa banyak sisa yang sebenarnya kamu miliki setelah kebutuhan terpenuhi. Kemudian, kamu dapat memutuskan apa yang harus dilakukan dengan sisanya, atau mencari area di mana kamu dapat mengurangi pengeluaran untuk mencapai tujuan tertentu.

4. Bicaralah dengan semua orang tentang uang: Semakin banyak berbicara, semakin merasa nyaman

Di masa lalu, membicarakan uang sering kali tidak disukai. Namun, sikap tersebut telah menyebabkan masalah keuangan seperti kesenjangan upah dan kurangnya pengetahuan terus berlanjut.

Membicarakan uang dengan orang yang lebih tua atau lebih berpengalaman dapat membantumu mempelajari konsep seperti cara menggunakan kartu kredit dengan bijak atau risiko berinvestasi.

Semakin nyaman berbicara tentang uang dalam situasi tanpa pertaruhan, semakin mudah bagi kamu untuk mengemukakannya pada saat penting, seperti ketika kamu sedang menegosiasikan gaji atau mengajukan penawaran rumah.

5. Pelajari cara bernegosiasi

Semakin cepat kamu menguasai seni bernegosiasi, kamu akan semakin baik. Dalam hal uang masuk, seperti gaji, dan uang keluar, seperti uang sewa, kamu dapat menempatkan diri pada posisi yang lebih baik dengan meminta kesepakatan.

Menegosiasikan tawaran pekerjaan pertama mungkin terasa menakutkan, tetapi kamu tidak akan tahu apa yang mampu diperoleh kecuali memintanya. Jika majikan kamu tidak menawarkan gaji yang lebih tinggi, mintalah tunjangan lain seperti waktu istirahat atau bonus penandatanganan.

Demikian pula, ketika akan menyewa apartemen, kamu dapat meminta harga bulanan yang lebih rendah atau memasukkan utilitas ke dalam sewa. Sering kali, hal terburuk yang bisa terjadi adalah permintaanmu ditolak.

3 dari 4 halaman

6. Dukunglah diri sendiri, jika tidak memahami sesuatu, tanyakanlah

Kamu akan cepat menjadi lebih baik dengan keuangan jika merasa nyaman ketika mengajukan pertanyaan tentang uang.

Jika gaji tampak lebih rendah dari perkiraan, sebaiknya konsultasikan dengan departemen sumber daya manusia untuk memastikan pemotongan pajak yang kamu peroleh benar. Mungkin bank atau dokter yang kamu gunakan membebankan biaya yang tidak kamu pahami. Hubungi dan tanyakan apa yang terjadi.

Kamu tidak dapat memperbaiki situasi saat ini jika tidak memahami mengapa kamu mengalaminya. 

7. Belajar dari kesalahan

Setiap orang membuat kesalahan. Itu semua adalah bagian dari proses pembelajaran, selama benar-benar belajar darinya.

Tanyakan pada diri sendiri mengapa kesalahan itu terjadi dan apakah mungkin kamu bisa mencegahnya. Kemudian, bawalah pengetahuan itu ke masa depan agar tidak melakukan kesalahan yang sama dua kali.

8. Kelilingi diri dengan orang-orang yang mendukung tujuan keuangan kamu

Jika mencoba menabung untuk liburan musim semi tetapi teman kamu mengajak pergi makan malam dan minum setiap akhir pekan lalu berbelanja pakaian baru setiap bulan, mungkin akan sulit untuk tetap berpegang pada tujuan yang kamu punya.

Kamu tidak harus berada dalam situasi keuangan yang sama, tetapi teman-teman yang menekan untuk membelanjakan uang dapat mengakibatkan kehilangan banyak waktu.

Di sisi lain, jika kamu memiliki orang-orang dalam hidup yang akan mendorongmu untuk tetap berpegang pada tujuan dan menjaga kamu untuk tetap bertanggung jawab, akan terasa jauh lebih mudah untuk sukses.

4 dari 4 halaman

9. Temukan hobi dan aktivitas gratis atau berbiaya rendah yang kamu suka

Terutama saat belajar cara mengelola uang dan mulai membangun kekayaan, ada baiknya mencari aktivitas gratis atau berbiaya rendah yang kamu suka, seperti menghabiskan waktu di alam bebas, menjadi sukarelawan di organisasi nirlaba setempat, menulis, berolahraga, atau membuat karya seni.

Dengan begitu, kamu bisa bersenang-senang, dan tetap berkumpul dengan orang-orang yang berpikiran sama ketika uang terbatas, atau ketika kamu hanya mencoba menabung untuk masa depan.

10. Kekayaan sejati lebih dari sekedar uang

Orang yang merasa paling kaya belum tentu orang yang memiliki gaji paling besar.

Pakar keuangan dan orang-orang kaya cenderung setuju. Jika kamu tidak khawatir tentang uang karena memiliki ruang gerak untuk melakukan hal-hal yang membuat Anda bahagia, kemungkinan besar kamu akan bahagia dan merasa puas.

Hal ini lebih mudah diucapkan daripada dilakukan, terutama ketika biaya hidup terus meningkat. Namun, intinya adalah hal ini mungkin terjadi pada berbagai tingkat pendapatan jika kamu memiliki pengetahuan dan keterampilan untuk mengelola uang secara efektif.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini