Sukses

Tak Bisa Rangkat Jabatan, Budi Waseso Tinggalkan Bulog untuk Jadi Komisaris Utama Semen Indonesia

Perum Bulog juga telah membenarkan kabar bahwa Budi Waseso telah diangkat menjadi Komisaris Utama PT Semen Indonesia Tbk (SIG).

Liputan6.com, Jakarta - Staf Khusus III Menteri BUMN Arya Sinulingga memastikan Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso alias Buwas bakal meninggalkan posisinya untuk menjadi Komisaris Utama PT Semen Indonesia Tbk (SIG).

Penetapan Budi Waseso sebagai Komisaris Utama Semen Indonesia ini merupakan hasil dari Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPS LB) Semen Indonesia yang berlangsung pada Jumat (1/12/2023) hari ini.

Arya mengatakan, Buwas pastinya bakal geser jabatan dari Dirut Bulog menjadi Komut Semen Indonesia. Pasalnya secara aturan, BUMN tidak memperbolehkan satu orang yang sama duduk mengisi dua jabatan di perusahaan pelat merah berbeda.

"Mengenai pak Budi Waseso dengan sendirinya ketika beliau diangkat jadi Komut SIG, sudah pasti secara otomatis enggak bisa merangkap sebagai Dirut Bulog. Maka ketika SK SIG-nya sudah keluar, maka otomatis beliau juga nantinya tidak lagi menjadi Dirut di Bulog," jelasnya, Jumat (1/12/2023).

Di sisi lain, Perum Bulog juga telah membenarkan kabar bahwa Budi Waseso telah diangkat menjadi Komisaris Utama PT Semen Indonesia Tbk (SIG).

Kepala Bagian Humas dan Kelembagaan Perum Bulog, Tomi Wijaya, membenarkan bahwa Budi Waseso telah ditetapkan sebagai Komisaris Utama Semen Indonesia.

"Dari hasil RUPS LB itu, kita dapat informasi dari Semen Indonesia, katanya benar beliau diangkat menjadi Komisaris Utama Semen Indonesia," ujar Tomi kepada Liputan6.com.

Namun, Tomi belum bisa memastikan apakah Buwas apakah nantinya akan digeser seutuhnya menjadi Komut SIG dan meninggalkan jabatannya sebagai Dirut Perum Bulog. Pihaknya masih menunggu keputusan dari Menteri BUMN, Erick Thohir.

"Terkait posisi beliau di Bulog, kita belum tahu pastinya. Kita belum dapat info," imbuh dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Budi Waseso Diangkat Jadi Komisaris Utama Semen Indonesia

PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) merombak susunan komisaris dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) yang berlansung pada Jumat (1/12/2023). Dalam RUPSLB ini, beberapa nama tokoh masih dalam jajaran komisaris salah satunya Budi Waseso.

Corporate Secretary Semen Indonesia Vita Mahreyni menjelaskan, RUPSLB ini mengukuhkan pemberhentian dengan hormat Rudiantara sebagai Komisaris Utama Semen Indonesia dan Bapak Arief Prasetyo Adi sebagai Komisaris.

"Selanjutnya, Rapat mengangkat Bapak Budi Waseso sebagai Komisaris Utama dan Komisaris Independen, serta Ibu Ratna Irsana sebagai Komisaris Independen," kelas dia dalam keterangan tertulis.

Staf Khusus III Menteri BUMN Arya Sinulingga menjelaskan, dengan diangkatnya Budi Waseso m,menjadi Komisaris Utama Semen Indonesia maka pasti secara otomatif tidak bisa merangkap jabatan sebagai Direktur Utama Perum bulog.

"Maka ketika SK SIG-nya sudah keluar, maka otomatif beliau juga nantinya tidak lagi menjadi dirut di bulog," kata Arya.

 

3 dari 4 halaman

Fokus Semen Indonesia

Semen Indonesia saat ini terus fokus menjalankan inisiatif-inisiatif strategis untuk peningkatan kinerja agar dapat terus memberikan nilai tambah bagi pemangku kepentingan khususnya para pemegang saham, serta mencapai operational excellence dan target-target keberlanjutan.

Di antara inisiatif-inisiatif strategis tersebut yaitu dekarbonisasi melalui instalasi solar panel di unit-unit operasional dan pemanfaatan RDF (refuse-derived fuel) sebagai bahan bakar alternatif di pabrik semen, optimalisasi pasar ekspor dan mempertahankan kepemimpinan dalam proyek strategis nasional, modernisasi ekosistem retail, dan penerapan plant optimizer dan cargo cosolidator untuk efisiensi biaya produksi dan distribusi.

Untuk menjaga keberlanjutan bisnis di tengah kondisi pasar semen yang masih mengalami oversupply dan persaingan yang ketat, SIG berkomitmen untuk mempertahankan kepemimpinan pasar melalui optimalisasi pasar, fasilitas produksi dan jaringan distribusi yang ekstensif.

"SIG siap memenuhi berbagai kebutuhan pelanggan dengan solusi produk dan layanan inovatif dan ramah lingkungan,” kata Vita Mahreyni. 

4 dari 4 halaman

Susunan Lengkap Komisaris dan Direksi Semen Indonesia

Komisaris

1 Komisaris Utama dan Komisaris Independen Budi Waseso

2 Komisaris Sony Subrata

3 Komisaris Yustinus Prastowo

4 Komisaris Lydia Silvanna Djaman

5 Komisaris Independen Nasaruddin Umar

6 Komisaris Independen Saor Siagian

7 Komisaris Independen Ratna Irsana

 

Direksi

1 Direktur Utama Donny Arsal

2 Direktur Supply Chain Yosviandri

3 Direktur SDM dan Umum Agung Wiharto

4 Direktur Keuangan dan Manajemen Portofolio Andriano Hosny Panangian

5 Direktur Bisnis dan Pemasaran Subhan6 Direktur Operasi Reni Wulandari.

 
 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.