Sukses

Alasan Bank Indonesia Tarik Uang Logam Rp 500 Tahun 1991 dan 1997

Bank Indonesia mencabut dan menarik uang rupiah logam Rp 500 Tahun Emisi (TE) 1991, Rp 1.000 TE 1993, dan Rp 500 TE 1997 mulai 1 Desember 2023.

Liputan6.com, Jakarta - Bank Indonesia (BI) mencabut dan menarik uang rupiah logam pecahan Rp 500 Tahun Emisi (TE) 1991, Rp 1.000 TE 1993, dan Rp 500 TE 1997 dari peredaran mulai 1 Desember 2023. Pencabutan dan penarikan uang logam itu diatur dalam Peraturan Bank Indonesia (PBI) Nomor 14 Tahun 2023.

Bank Indonesia mencabut dan menarik uang rupiah logam tersebut dilakukan dengan pertimbangan antara lain masa edar yang cukup lama dan perkembangan teknologi bahan/material uang logam. Dengan demikian, terhitung tanggal dimaksud uang rupiah logam tersebut tidak lagi berlaku sebagai alat pembayaran yang sah di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Bagi masyarakat yang memiliki uang rupiah logam tersebut dan ingin melakukan penukaran, dapat menukarkan di bank umum mulai 1 Desember 2023-1 Desember 2033 atau 10 tahun sejak tanggal pencabutan.

Penggantian atas uang Rupiah logam  Rp500 TE 1991, Rp1.000 TE 1993, dan Rp500 TE 1997 yang dicabut dan ditarik dari peredaran sebesar nilai nominal yang sama dengan yang tertera pada uang Rupiah logam dimaksud.

Layanan penukaran dapat juga dilakukan di Kantor Pusat maupun Kantor Perwakilan Bank Indonesia di seluruh Indonesia dengan terlebih dahulu melakukan pemesanan penukaran melalui aplikasi PINTAR yang diakses melalui https://www.pintar.bi.go.id, dengan mengacu pada ketentuan atau informasi yang disampaikan mengenai jadwal operasional dan layanan publik Bank Indonesia.

Penggantian atas uang Rupiah logam dalam kondisi lusuh, cacat, atau rusak dilakukan dengan mengacu pada Peraturan Bank Indonesia mengenai pengelolaan uang Rupiah, antara lain:

1.Dalam hal fisik uang Rupiah logam lebih besar dari 1/2 (satu perdua) ukuran aslinya dan ciri uang Rupiah dapat dikenali keasliannya, diberikan penggantian sebesar nilai nominal uang Rupiah yang ditukarkan, dan;

2.Dalam hal fisik uang Rupiah logam sama dengan atau kurang dari 1/2 (satu perdua) ukuran aslinya, tidak diberikan penggantian.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bos BI Ungkap Penyebab Dolar AS Perkasa di Seluruh Dunia

Sebelumnya diberitakan, Bank Indonesia (BI) mencatat ada sejumlah faktor yang mempengaruhi penguatan mata uang dolar Amerika Serikat (AS) terhadap mata uang lain di dunia. Mulai dari pelemahan ekonomi, tingkat suku bunga acuan, hingga arus investasi yang kembali ke negara maju.

Kepala Perwakilan BI Provinsi DKI Jakarta Arlyana Abubakar mengatakan faktor penguatan dolar AS itu imbas dari kondisi global saat ini. Misalnya, perekonomian global yang tumbuh melambat seiring dengan ketidak pastian yang meningkat.

"Ekonomi global diperkirakan tetap kuat ditopang konsumsi rumah tangga dan sektor jasa yang berorientasi fomestik. Itu adalah bagaiama potret daripada ekonomi Amerika," ujarnya dalam Jakarta Economic Forum 2023, di Jakarta, Selasa (31/10/2023).

Sementara itu, ekonomi China juga disebut ikut melambat imbas dari penurunan konsumsi dan kinerja sektor properti. Pada saat yang sama, ketegangan geopolitik global turut mengerek harga energi dan pangan yang berpengaruh pada tingkat inflasi yang cukip tinggi.

"Dan untuk mengendalikan inflasi yang tinggi tadi, suku bunga moneter negara maju termasuk disini Federal Fed Fund Rate ini diperkirakan bertahan dalam jangka waktu yang lebih lama atau higher for longer, dan perkembangan tersebut membuat pembalikan arus modal, jadi dari negara emerging market economic ke negara maju, dan tentunya ke aset yang lebih likuid," bebernya.

"Nah inilah salah satu yang mendorong penguatan dolar Amerika terhadap berbagai berbagai mata uang di dunia," tegas Arlyana.

 

3 dari 4 halaman

Nilai Tukar Rupiah

Diberitakan sebelumnya, Nilai tukar rupiah pada Selasa pagi menguat sebesar 0,09 persen atau 13 poin menjadi 15.877 per dolar AS dari sebelumnya 15.890 per dolar AS.

Pengamat Pasar Uang Ariston Tjendra menyatakan potensi pelemahan nilai tukar rupiah terhadap dolar AS masih belum hilang kendati sempat menguat pada penutupan perdagangan Senin (30/10).

"Rupiah ditutup menguat kemarin (Senin, 30/10) terhadap dolar AS, tapi penguatan tidak jauh dari level Rp15.900 per dolar AS, sehingga ada kemungkinan potensi pelemahan rupiah masih belum hilang," ungkap dia dikutip dari Antara,Selasa (31/10/2023).

Adanya kemungkinan pelemahan rupiah dipicu antisipasi pasar terhadap jelang keputusan Bank Sentral AS dalam pertemuan Federal Open Market Committee (FOMC) pada pekan ini.

Pengendalian inflasi dan penguatan kondisi ketenagakerjaan akan menjadi topik pembicaraan dalam pertemuan FOMC. Inflasi masih menjadi fokus karena melenceng jauh dari target 2 persen, dan para pejabat AS bakal mempertanyakan apakah kebijakan saat ini masih cukup mendorong inflasi turun atau perlu kebijakan baru.

 

4 dari 4 halaman

Sentimen Lain

Adapun sentimen lain yang diprediksi melemahkan rupiah berasal dari eskalasi konflik antara Israel melawan Hamas (kelompok perjuangan Palestina).

Seperti diketahui, Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu pada Sabtu (28/10) mengatakan bahwa pasukan rezim Zionis Israel telah melancarkan serangan darat ke Gaza, Palestina, sebagai bagian dari "perang tahap kedua" untuk menghancurkan kemampuan militer dan pemerintahan Hamas, serta membebaskan para tawanan.

"Rupiah masih berpeluang kembali melemah masuk lagi ke area 15.900 dengan potensi resisten di kisaran 15.930-15.950. Sementara potensisupportdi sekitar 15.860," kata Ariston.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.