Sukses

Astra Bantu Warga Pekayon Bekasi Mitigasi Perubahan Iklim

PT Astra International Tbk (Astra) kembali menggelar "Workshop Lingkungan Astra 2023." Kali ini, kegiatan dilakukan di Kampung Berseri Astra (KBA) Pekayon Bekasi, Jawa Barat.

Liputan6.com, Jakarta - PT Astra International Tbk (Astra) kembali menggelar "Workshop Lingkungan Astra 2023." Kali ini, kegiatan dilakukan di Kampung Berseri Astra (KBA) Pekayon Bekasi, Jawa Barat.

Kegiatan yang dilakukan pada Kamis (23/11/2023) ini merupakan sebuah bentuk dukungan Astra terhadap pemberdayaan masyarakat sekaligus bentuk kolaborasi kepedulian tentang pelestarian lingkungan.

Sebagai informasi, kegiatan Workshop Lingkungan Astra ini saat ini telah memasuki pelaksanaan tahun ke-14. KBA Pekayon ini salah satu dari sebanyak 194 KBA yang ada di seluruh Indonesia. Astra juga membina juga Desa Sejahtera Astra yang saat ini jumlahnya sudah mencapai 1.060 desa.

"Ini merupakan usaha kami untuk selalu mengajak masyarakat terlibat dalam pengembangan kampung atau desa mereka,” kata Head of Corporate Communications Astra Boy Kelana Soebroto.

Boy mengatakan bahwa Kampung Berseri Astra ini merupakan program kontribusi sosial berkelanjutan Astra yang diimplementasikan kepada masyarakat dengan konsep pengembangan yang mengintegrasikan 4 pilar program yaitu Pendidikan, Kewirausahaan, Lingkungan dan Kesehatan.

Tak hanya itu, KBA pekayon juga turut menjadi bagian dari Program Kampung Iklim (ProKlim) dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Saat ini, sejak tahun 2022, KBA Pekayon akhirnya mendapatkan predikat Proklim Lestari sebagai predikat tertinggi dari KLHK. 

Local Champion dan Ketua Kampung Berseri Astra Pekayon Eko Purwanto menambahkan, "Jadi sebenarnya ada 4 tingkatan, mulai dari Pratama, Madya, Utama dan Lestari. Nah tapi ketika pihak dari Kementerian Lingkungan Hidup itu melakukan asesmen, kami langsung lompat itu sampe ke predikat utama,"

Hingga kini, sudah terdapat 83 kampung yang menjadi KBA ProKlim dari total 194 KBA yang mendapatkan dukungan dari Astra.

“Salah satunya di Pekayon ini karena merupakan kampung yang bersama-sama masyarakat terlibat langsung memitigasi perubahan iklim. Ini luar biasa usaha dari teman-teman, terutama ibu-ibu yang konsisten untuk bergerak bersama memajukan kampung,” tutur Boy.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Rentetan Kegiatan

Salah satu produk unggulan dari KBA Pekayon ini adalah ecoprint dari daun. Ini adalah pembuatan produk kain dengan motif daun-daun menggunakan pewarnaan alami. Kain motif hasil ecorpint ini banyak dijadikan produk fashion.

Lala, salah satu warga KBA Pekayon menjelaskan dan mempraktekkan dengan rinci bagaimana cara pembuatannya yang kemudian diikuti oleh para peserta. Beberapa bahan alami yang dipakai untuk pembuatannya adalah kain putih polos, jelawe untuk memunculkan warna, kemudian air. 

"Bahan yang dipakai alami semua, bisa didapat di sekitar rumah. Mulai dari jelawe untuk memunculkan warna abu-abu. Ada juga bahan lain untuk memunculkan warna lain, seperti tingi, jambal, kepatang merah dan hijau, dan daun mangga," tuturnya.

Lala berpendapat bahwa motif dari ecoprint ini tidak mudah hilang dan perawatannya mirip dengan kain batik.

Selain itu, masih ada beragam rangkaian kegiatan yang dilaksanakan di Workshop Lingkungan Astra kali ini. Mulai dari diperkenalkannya peserta dengan minuman dari daun telang, mengeksplorasi KBA Pekayon yang memiliki luas 17 hektar dengan menggunakan kendaraan odong-odong, mengunjungi lahan tanaman dan sayuran Go Green dan hidroponik, praktik memilah sampah dan pembuatan pupuk kompos, serta melihat hasil produk UMKM warga KBA Pekayon seperti jamu rumahan, camilan sehat, kreasi kain perca, dan eco-enzime.

3 dari 4 halaman

Awal Mula dan Target KBA Pekayon

Kampung Berseri Astra Pekayon berdiri sejak tahun 2005. Eko menuturkan bahwa Kampung Berseri Astra Pekayon ini berawal dari sekelompok ibu-ibu yang mencintai kebersihan lingkungan. Dalam perjalanannya sekitar 10 tahun kemudian, akhirnya bertemu dengan Astra untuk memberikan wawasan dan bersama membangun KBA Pekayon.

"Nah, pada tahun 2015 akhirnya bertemu Astra. Dari sinilah kami membangun KBA, dan ini adalah akselerasi yang luar biasa,"

Tak sampai situ, Eko juga mengungkap bahwa Kampung Berseri Astra (KBA) Pekayon Bekasi menargetkan jadi kampung wisata dengan balutan edukasi lingkungan pada 2027 mendatang.

"Jadi setiap wilayah harus punya mimpi, sehingga dari mimpi itu sebenarnya kita dapat terus terpacu. Kita punya road map di sana sampai 2027, kampung wisata adalah bagaimana kami bisa menjadi tempat tujuan orang-orang bisa datang kemari untuk hadir di sini menikmati keadaan seperti ini," tambahnya.

 

4 dari 4 halaman

Jadi Referensi

Saat ini, menurut Eko, KBA Pekayon sudah sering dijadikan referensi kampung pembelajaran pengelolaan lingkungan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI.

"Banyak dinas-dinas atau dari provinsi yang datang ke Kementerian Lingkungan Hidup dan Kelautan. KLHK kemudian direferensikan ke KBA Pekayon. Kami sangat sering dapat kunjungan-kunjungan dari berbagai wilayah. Dari situ kemudian KBA Pekayon meniatkan untuk kemudian maju menjadi kampung wisata edukasi lingkungan," jelasnya.

Adapun Eko pun merasakan kerja sama dengan Astra membuat KBA Pekayon dapat berpartisipasi dalam menyelamatkan bumi dari perubahan iklim yang ekstrem.

"Bagaimana kita bisa maju bersama, bisa sama-sama menyelamatkan bumi ini untuk kebaikan keberhasilan masa depan gitu. Sesuai dengan cita-cita Astra sejahtera bersama bangsa," pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.