Sukses

Pernah Terjebak Karier, Oprah Winfrey Beri Jalan Keluarnya

Oprah Winfrey adalah seorang maestro pembawa acara dengan kekayaan USD 2,5 miliar atau kurang lebih Rp 38,9 triliun (estimasi rupiah 15.564 per dolar AS). Namun, tenyata ia pun pernah merasa buntu dan bingung di beberapa titik dalam kariernya.

Liputan6.com, Jakarta - Oprah Winfrey adalah seorang maestro pembawa acara dengan kekayaan mencapai USD 2,5 miliar atau atau kurang lebih Rp 38,9 triliun (estimasi rupiah 15.564 per dolar AS). Meskipun memiliki karier yang cemerlang, Oprah Winfrey tenyata pernah merasa buntu dan bingung di beberapa titik.

"Saya pernah keluar jalur. Maksud saya, di usia 20-an," ujar Winfrey yang saat ini berusia 69 tahun dalam sebuah wawancara baru-baru ini dengan presiden dan CEO Essence Ventures Caroline Wanga, dikutip dari CNBC, Senin (27/11/2023).

"Saya akan mengatakan bahwa usia 20-an adalah tentang mencari tahu tentang banyak hal."

Seperti banyak anak muda lainnya, Winfrey memiliki pekerjaan di awal karier yang tidak menentu dan tidak memberikan tujuan atau makna dalam hidupnya.

Pada akhir tahun 70-an, Winfrey bekerja sebagai pembawa acara berita dan reporter di stasiun WJZ di Baltimore. Namun, seperti yang ia katakan, ia tidak suka mewawancarai orang pada saat terjadi tragedi karena ia merasa mengeksploitasi orang.

"Saya selalu merasa lelah sepanjang waktu," kata Winfrey, "karena saya membencinya."

Terjebak Karier

Anda mungkin tidak menyadari bahwa Anda terjebak dalam karier sampai kelelahan, kata Winfrey kepada Wanga.

Namun ada tanda yang bisa diwaspadai, yakni seperti muncul perasaan seperti Anda tidak tahu harus berbuat apa dan hanya ingin menggantungkan keputusan atau posisi Anda kepada orang lain.

"Seperti mengikuti arahan orang lain dan mendengarkan apa yang orang lain katakan tentang bagaimana seharusnya hidup Anda, dari pada memperhatikan suara kecil yang ada di dalam diri kita, yang memang sulit dipercaya jika Anda masih akan mau untuk mendengarkannya."

Kapan pun Anda harus berhenti dan bertanya kepada orang lain apa yang harus Anda lakukan, "itu adalah sinyal nomor satu untuk diri Anda sendiri bahwa Anda perlu diam dan mendengar apa yang dikatakan oleh lubuk hari terdalam kepada Anda," tambah Winfrey.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Yakinkan Niat Dalam Diri

Untuk melangkah ke dalam versi diri Anda yang paling kuat, Anda harus memiliki kejelasan niat, kata Winfrey kepada Wanga.

Dia pertama kali belajar tentang pentingnya kekuatan niat pada tahun 1989 ketika dia membaca buku terlaris Gary Zukav, "The Seat of the Soul." Buku tersebut segera menjadi prinsip panduan dalam hidup dan kariernya.

"Saya menghabiskan waktu bertahun-tahun untuk berbicara dengan para penonton saya setelah pertunjukan, dan saya selalu berkata, 'Katakan apa yang Anda inginkan. Katakan apa yang Anda inginkan,'" kata Winfrey. "Orang-orang selalu mengatakan, 'Saya hanya ingin bahagia'. Nah, seperti apa itu bagi Anda? Kebanyakan orang tidak benar-benar memikirkannya dengan sungguh-sungguh."

Sebelum Anda membuat keputusan besar tentang karier Anda atau setuju untuk melakukan apa pun "yang mungkin menambah stres sekecil apa pun dalam hidup Anda," kata Winfrey dalam podcast Super Soul tahun 2020, tanyakan pada diri Anda dua pertanyaan ini:

Apa niat saya yang paling benar?

Apa alasan sebenarnya saya melakukan ini?

 

3 dari 3 halaman

"Ini yang Harus Saya Lakukan"

Momen yang menentukan bagi Winfrey saat dia merasa terjebak dalam kariernya yang terjadi pada 14 Agustus 1978, adalah ketika ia menjalani hari pertamanya bekerja di acara bincang-bincang WJZ "People are Talking."

"Saya merasa inilah yang seharusnya saya lakukan," kata Winfrey dalam acara OWN.

Dia meluncurkan "The Oprah Winfrey Show" pada tahun 1986, yang kemudian berkembang menjadi tonggak acara dan hiburan yang berkembang pesat.

Winfrey kini memiliki banyak pekerjaan, mulai dari jurnalis dan pembawa acara hingga aktris, penulis, dan pengusaha, yang semuanya membantunya menjadi miliarder wanita kulit hitam pertama di AS.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.