Sukses

Harga Emas Catat Kenaikan Tertinggi Selama Seminggu

Harga emas dunia bertahan stabil pada hari Jumat tetapi mencatatkan kenaikan mingguan yang besar karena dolar AS dan imbal hasil Treasury melemah

Liputan6.com, Jakarta Harga emas bertahan stabil pada hari Jumat tetapi mencatatkan kenaikan mingguan yang besar karena dolar AS dan imbal hasil Treasury melemah. Naiknya harga emas dunia ini di tengah meningkatnya ekspektasi bahwa Federal Reserve AS akan menyelesaikan pengetatan kebijakan moneternya.

Dikutip dari CNBC, Sabtu (18/11/2023), harga emas  stabil di USD 1,980.13 setelah naik ke level tertinggi dua minggu di awal sesi. Harga naik sekitar 2,3% minggu ini.

Sementara harga emas berjangka AS turun 0,1% pada USD 1,984.70.

“Ada potensi kuat bagi emas untuk terus menguat lebih lanjut tetapi harga harus bergerak sedikit lebih rendah, sebelum kenaikan berikutnya dan mungkin menguji level $2.000 pada saat yang sama,” kata Everett Millman, chief analis pasar di Gainesville Coins.

“Data yang keluar minggu ini memperkuat fakta bahwa The Fed kemungkinan besar sudah selesai menaikkan suku bunga, sehingga membantu emas. Pergerakan emas akan bergantung pada data yang masuk dan respons pasar terhadap data tersebut."

Prediksi Suku Bunga AS

Data minggu ini mengungkapkan indeks harga konsumen AS tidak berubah pada bulan Oktober dan serangkaian data lain menyoroti bahwa jumlah orang Amerika yang mengajukan klaim baru untuk tunjangan pengangguran meningkat lebih dari yang diperkirakan pada minggu lalu.

Pasar kini memperkirakan penurunan suku bunga pada awal Mei tahun depan setelah data menunjukkan melambatnya inflasi.

Suku bunga yang lebih rendah memberikan tekanan pada dolar dan imbal hasil obligasi, sehingga meningkatkan daya tarik emas batangan yang tidak memberikan imbal hasil.

Dolar AS berada di jalur penurunan mingguan yang tajam, sementara imbal hasil Treasury 10-tahun juga turun.

Dari segi fisik, pembeli India mengabaikan rekor harga lokal yang tinggi pada minggu ini dengan melakukan pembelian emas selama minggu festival Diwali di negara tersebut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Harga Emas Diprediksi Terjun Bebas

Harga emas diprediksi terus mengalami kesulitan untuk naik pada pekan ini. Prediksi harga emas akan turun disebabkan Ketua Bank Sentral Amerika Serikat (AS), Federal Reserve (The Fed) Jerome Powell telah "menutup pintu" untuk menghentikan potensi bias dovish yang masuk ke pasar.

Pada hari Kamis pekan lalu, di sebuah acara yang diselenggarakan oleh Dana Moneter Internasional (IMF), Powell mengatakan bahwa bank sentral tidak "yakin" bahwa kebijakan moneter cukup ketat untuk menurunkan inflasi ke target 2%.

Powell juga mengatakan bank sentral tidak akan ragu untuk kembali menaikkan suku bunga jika tekanan inflasi terus meningkat.

Manajer Analisis Pasar FXTM Lukman Otunuga, mencatat bahwa harga emas mengalami minggu terburuk dalam enam minggu karena Powell mempertahankan bias pengetatan. Harga emas berjangka bulan Desember terakhir diperdagangkan pada USD 1.939,90 per ounce, turun hampir 3% dari minggu sebelumnya.

“Powell menyatakan bahwa The Fed tetap berhati-hati namun bersedia menaikkan suku bunga jika diperlukan,” ujarnya. 

“Meskipun para pedagang masih memperhitungkan kemungkinan 10% kenaikan suku bunga pada bulan Desember, waktu pemotongan suku bunga pertama The Fed telah diundur ke bulan Juli mulai bulan Juni tahun depan. Setelah gagal menaklukkan level psikologis USD 2.000, emas memiliki potensi untuk memperpanjang penurunan. Terobosan solid dan penutupan harian di bawah USD 1.945 mungkin membuka pintu menuju SMA 200-hari di USD 1.934," jelas dia.

Penguatan USD Menghambat Kenaikan Harga Emas

Kepala Strategi Komoditas TD Securities Bart Melek mengatakan bahwa komentar Powell terus mendukung penguatan dolar AS dan peningkatan imbal hasil obligasi, dua hambatan signifikan bagi emas.

“Karena bias pengetatan Federal Reserve, tidak ada dorongan besar untuk membeli emas saat ini,” ujarnya.

Investor emas kembali mengalihkan fokus mereka kembali ke kebijakan moneter AS karena ketidakpastian geopolitik yang mendorong harga emas dunia ke USD 2.000 terus melemah. Meskipun Israel terus melakukan serangan darat di Gaza dalam perang barunya dengan Hamas, konflik tersebut masih dapat diatasi hingga saat ini.

3 dari 3 halaman

Harga Emas Diprediksi Turun

Meskipun harga emas mungkin akan mengalami penurunan pada pekan ini, harga emas akan bertahan jauh lebih baik dibandingkan minyak, yang juga menderita karena ketakutan geopolitik perdagangan yang terus mereda. 

Harga minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) mengalami penurunan minggu ketiga, penurunan beruntun terburuk sejak akhir April.

Pada saat yang sama, beberapa analis telah mencatat bahwa harga minyak yang lebih rendah dapat menguntungkan emas karena membantu meredakan kekhawatiran inflasi, memberikan ruang bagi Federal Reserve untuk mengurangi retorika hawkishnya.

Namun, Melek mengatakan fokus baru pada data ekonomi AS, dengan perhatian khusus diberikan pada Indeks Harga Konsumen pekan ini, berarti tekanan inflasi masih bisa diturunkan secara signifikan. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.