Sukses

Perang Pengusaha di Timses Capres-Cawapres, Siapa Paling Kuat?

Pasangan calon Ganjar Pranowo-Mahfud MD, yang menunjuk pengusaha yang merupakan Ketua Umum Kadin Indonesia non aktif Arsjad Rasjid sebagai Ketua Tim Pemenangan Nasional (TPN). Tak berbeda jauh, pasangan lainnya juga penuh dengan timses dari kalangan pengusaha.

Liputan6.com, Jakarta - Masing-masing pasangan calon presiden dan calon wakil presiden (capres-cawapres) telah menyusun timses untuk bertarung di Pilpres 2024. Tiap tim pemenangan juga telah menyiapkan sejumlah nama pengusaha besar yang siap bertempur.

Ambil contoh pasangan calon Ganjar Pranowo-Mahfud MD, yang menunjuk Ketua Umum Kadin Indonesia non aktif Arsjad Rasjid sebagai Ketua Tim Pemenangan Nasional (TPN).

Ganjar-Mahfud juga bakal turut dibekingi oleh Sandiaga Uno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yang juga eks Ketua Umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI). Sandi didapuk sebagai Ketua Dewan Pakar TPN.

Kemudian ada Orias Petrus Moedak selaku Bendahara Umum TPN, sosok berjasa yang mengambil alih 51 persen saham Freeport ke pangkuan Ibu Pertiwi. Orias kini berstatus sebagai Komisaris Independen PT Rukun Raharja Tbk, emiten gas bumi. 

TPN Ganjar-Mahfud pun masih menyimpan sejumlah nama pengusaha mentereng lain. Sebut saja Angela HM Tanoesoedibjo (Wakil Menteri Parekraf, anak pengusaha media Harry Tanoesoedibjo) selaku Bendahara Umum, Denon Prawiraatmadja (CEO Whitesky Group, pengelola Bandar Udara Internasional Halim Perdanakusuma) sebagai Deputi Operasi 247, hingga Heru Dewanto (pengusaha bidang jasa konstruksi) sebagai Sekretaris Eksekutif. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

TKN Prabowo-Gibran

Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka bisa dibilang punya line up paling gemerlap dibanding paslon lainnya. Prabowo-Gibran menarik Rosan Roeslani dari kursi Wakil Menteri BUMN untuk menjadi Ketua Umum TKN.  

Rosan Roeslani juga mantan Duta Besar RI untuk Amerika Serikat, dan merupakan senior Arsjad Rasjid yang pernah menjabat sebagai Ketua Umum Kadin Indonesia periode 2015-2021.

TKN Prabowo-Gibran bahkan menunjuk taipan sepuh Aburizal Bakrie selaku Pembina. Seperti banyak diketahui, Bakrie Group yang dibawahinya sempat merajai berbagai ranah industri, mulai dari pertambangan, telekomunikasi, media massa, hingga kontraktor. Bahkan, Aburizal Bakrie sempat didaulat sebagai Orang Terkaya Asia Tenggara versi majalah Globe Asia pada 2008. 

Prabowo-Gibran juga menunjuk adik Prabowo Subianto, Hashim Djojohadikusumo selaku Wakil Ketua Dewan Pengarah. Hashim sendiri merupakan pengusaha lintas sektor yang juga pendiri Arsari Group.

Lalu juga ada Putri Kuswisnu Wardani, pendiri perusahaan kosmetika ternama PT Mustika Ratu yang didapuk sebagai Dewan Penasihat TKN. Kemudian, bos properti Surabaya Paulus Totok Lusida yang juga Ketua Umum DPP Real Estate Indonesia (REI) yang menjabat Dewan Pakar.

Selanjutnya, orang penting Bosowa Group Erwin Aksa yang diberi tanggung jawab sebagai Wakil Ketua TKN. Sampai Pandu Patria Sjahrir, pengusaha dan Wakil Direktur Utama PT TBS Energi Utama Tbk (TOBA) yang juga keponakan Luhut Binsar Pandjaitan. 

3 dari 3 halaman

Timnas AMIN

Dengan nama Timnas AMIN, paslon Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (Cak Imin) memang tidak sebanyak dua pasangan lain dalam mencomot pengusaha besar ke dalam timsesnya. Namun, tetap ada beberapa sosok yang patut dicermati. 

Semisal Thomas Trikasih Lembong yang sempat mendirikan perusahaan ekuitas swasta di Singapura, dan sempat menjabat posisi Menteri Perdagangan periode 2015-2016. Thomas Lembong dikasih wewenang sebagai Co-Capt 2 Timnas AMIN. 

Selanjutnya, ada juga Leontinus Alpha Edison, pendiri Tokopedia yang diberi amanah sebagai Co-Capt 7. Lalu, Gede Widiade yang pernah memimpin 7 klub sepakbola di Liga Indonesia, dan menjabat sebagai Bendahara Timnas AMIN.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini