Sukses

Mau Dapat Insentif? Peserta Kartu Prakerja Gelombang 62 Wajib Tautkan Rekening atau e-Wallet!

Insentif Prakerja hanya bisa diperoleh jika peserta program Kartu Prakerja telah menyambungkan rekening atau e-wallet. Oleh karena itu segera sambungkan biar tak kehilangan insentif.

Liputan6.com, Jakarta - Para peserta program Kartu Prakerja gelombang 62 diminta untuk segera menautkan rekening bank atau e-wallet. Jika ingin mendapatkan insentif Rp 4,2 juta.

Insentif Prakerja yang diberikan senilai Rp 4,2 juta terdiri dari biaya pelatihan sebesar Rp 3.500.000, insentif biaya mencari kerja sebanyak 1 kali senilai Rp 600.000, dan innsentif pengisian survei evaluasi sebesar Rp 50.000 yang dapat diberikan hingga 2 kali.

Adapun insentif tersebut hanya bisa diperoleh jika peserta program Kartu Prakerja telah menyambungkan rekening atau e-wallet. Dilansir dari akun resmi instagram @prakerja.go.id, Kamis (9/11/2023), batas terakhir menautkan rekening atau e-wallet adalah tanggal 3 Desember 2023.

"3 Desember 2023 Hari terakhir kamu untuk menautkan rekening bank/e-wallet! Ada yang masih bingung gimana cara menyambungkan rekening bank/e-wallet setelah menjadi peserta Prakerja? Tonton sampai akhir supaya #JadiBisa paham dan proses pencairan insentif pascapelatihan jadi lancar!," Tulis @prakerja.go.id.

Berikut cara menyambungkan rekening/e-wallet ke akun Kartu Prakerja:

Sebelum rekening bank atau e-wallet penerima dapat tersambung dengan akun Kartu Prakerja, perhatikan hal-hal berikut:

  • Pastikan rekening bank atau e-wallet masih aktif.
  • Jika penerima memilih e-wallet, pastikan telah mempunyai akun e-wallet di salah satu mitra Kartu Prakerja yaitu OVO, LinkAja, GoPay dan DANA.
  • Pastikan nomor HP yang teregistrasi di akun e-wallet sama dengan nomor HP yang teregistrasi di akun Kartu Prakerja.
  • Pastikan akun e-wallet sudah ter-upgrade atau premium, sudah terverifikasi menggunakan KTP dan swafoto.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cara Sambungkan

Selanjutnya, setelah memenuhi ketentuan tersebut, berikut ini cara menyambungkan rekening bank atau e-wallet dengan akun Prakerja:

  1. Setelah menonton tiga video tentang Kartu Prakerja, akan muncul tampilan untuk melakukan penyambungan rekening/e-wallet. Klik 'Sambungkan Sekarang';
  2. Jika peserta ingin menyambungkan dengan rekening bank, pilih bank yang diinginkan lalu klik Sambungkan;
  3. Masukkan data rekening, pastikan memasukkan data yang benar lalu klik 'Sambungkan'.
  4. Klik 'Ya, Sambungkan'. Pastikan data rekening yang dimasukkan selalu aktif;
  5. Selesai, rekening bank penerima sudah tersambung ke akun Prakerja;
  6. Jika peserta memilih e-wallet, pilih e-wallet yang diinginkan lalu klik 'Sambungkan'. Pastikan nomor HP yang teregistrasi di akun Kartu Prakerja merupakan nomor HP e-wallet yang sudah di-upgrade atau premium;
  7. Masukkan nomor HP, pastikan memasukkan data yang benar lalu klik 'Sambungkan';
  8. Klik 'Ya, Sambungkan' dan pastikan data nomor HP yang dimasukkan selalu aktif;

Akhirnya jika telah berhasil menyambungkan rekening bank atau e-wallet ke akun Prakerja, maka penerima manfaat dapat membeli Pelatihan di berbagai mitra Kartu Prakerja.

3 dari 4 halaman

Menko Airlangga Sebut Program Kartu Prakerja Berperan Jadi Trampolin Pengaman saat Masa Extraordinary

Sebelumnya, Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menuturkan, pandemi COVID-19 telah mengajarkan pentingnya kebijakan adaptif yang memperhatikan komitmen, data, anggaran dan kapasitas delivery. Program Kartu Prakerja atau Prakerja menjadi salah satu program adaptif yang berhasil dilakukan Pemerintah Indonesia.

Program Kartu Prakerja ini dirancang sebagai program on-demand skilling, reskilling dan upskilling serta responsif terhadap kebutuhan pasar kerja bagi 145 juta tenaga kerja Indonesia, selama pandemi COVID-19, Prakerja juga menjadi bagian dari perlindungan sosial bagi mereka yang belum menerima program bantuan sosial regular.

"Sesuai dengan pepatah, beri seseorang ikan, maka Anda memberikanya makan sehari, ajari dia cara memancing, maka Anda memberinya makan seumur hidup, Prakerja memberikan insentif tunai sekitar USD 40 per bulan selama empat bulan kepada peserta setelah berhasil menyelesaikan pelatihan mereka," tutur Airlangga Hartarto, saat memberikan sambutan secara virtual dalam Side Event “Safety Trampoline: Evidence from Indonesia’s Prakerja Program” yang masih dalam rangkaian kegiatan Annual Meeting of The World Bank Group and International Monetary Fund 2023 di Maroko, Rabu, 11 Oktober 2023.

Paket lengkap Prakerja berupa pelatihan dan insentif merupakan sebuah inovasi program pemerintah dalam merespons secara cepat dan positif atas dampak pandemi COVID-19, membantu mereka yang kehilangan pekerjaan, termasuk merespons tantangan masa kini berupa disrupsi digitalisasi.

Prakerja telah mampu memberikan akses pelatihan secara inklusif kepada 16,4 juta peserta dari seluruh wilayah di Indonesia sejak diluncurkan 2022. Program Kartu Prakerja ini diberikan termasuk kelompok rentan antara lain pemuda, perempuan, penyandang disabilitas, mantan pekerja migran, serta lulusan Sekolah Dasar.

 

4 dari 4 halaman

Manfaat Program Kartu Prakerja

Hasil evaluasi eksternal menunjukkan Prakerja tidak hanya meningkatkan pemanfaatan sertifikat pelatihan, kelayakan kerja, kewirausahaan, pendapatan, ketahanan pangan, dan ketahanan finansial tetapi juga menanamkan kebiasaan baru bekerja online dan meningkatkan inklusi keuangan.

Penggunaan teknologi digital dalam pelaksanaan Program Prakerja dinilai mampu memberikan kualitas yang setara dan kemudahan dalam melakukan pelatihan bagi seluruh peserta. Selain itu, Pemerintah juga berupaya mengurangi ketimpangan serta memberikan akses yang sama untuk skilling, reskilling, dan upskilling dengan menggunakan Program Prakerja.

“Oleh karena itu, jika kita sudah mengenal konsep jaring pengaman sebelumnya, Prakerja berperan sebagai trampolin pengaman, baik untuk menjaga maupun mengangkat individu di masa extraordinary,” kata Menko Airlangga.

Program Prakerja juga telah mendapatkan pengakuan internasional atas keberhasilan memanfaatkan teknologi digital dan menjadi game changer atau membawa perubahan besar dalam upaya meningkatkan pembelajaran bagi orang dewasa di luar pendidikan formal.

“Semoga acara ini bisa merangsang diskusi dan mendorong pembelajaran di antara kita semua, karena krisis bisa terjadi kapan saja, dan kita harus bersiap,” pungkas Menko Airlangga.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini