Sukses

Peserta Piala Dunia U-17 Punya Jalur Khusus Tiba di Indonesia via Bandara Soekarno-Hatta

PT Angkasa Pura II mendukung penuh penyelenggaraan Piala Dunia U-17 di Indonesia yang berlangsung pada 10 November - 2 Desember 2023.

Liputan6.com, Jakarta PT Angkasa Pura II mendukung penuh penyelenggaraan Piala Dunia U-17 di Indonesia yang berlangsung pada 10 November - 2 Desember 2023. Salah satu bandara yang dikelola AP II yakni Bandara Soekarno-Hatta, menjadi pintu utama kedatangan bagi sebagian besar timnas negara peserta Piala Dunia U-17.

Bandara Soekarno-Hatta yang merupakan bandara terbesar di Indonesia ini, dijadwalkan menyambut kedatangan sedikitnya 20 timnas hingga 8 November 2023. Adapun total timnas peserta pada Piala Dunia U-17 adalah 24 timnas.

President Director PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin mengatakan seluruh stakeholder berkolaborasi penuh untuk memastikan pelayanan dan keamanan di Bandara Soekarno-Hatta dalam menyambut timnas negara-negara peserta Piala Dunia U-17. 

“Di dalam menyambut kedatangan para atlet dan official, AP II berkolaborasi dan didukung seluruh stakeholder antara lain PSSI, Imigrasi, Bea dan Cukai, Karantina, TNI dan Polri, ground handling, maskapai, serta pihak lainnya guna memastikan kelancaran kedatangan dan proses transit sesuai peraturan yang berlaku, sehingga timnas-timnas peserta dapat dengan baik mempersiapkan diri untuk mengikuti Piala Dunia U-17 di Indonesia," katanya, Kamis (2/11/2023).

“AP II dan seluruh stakeholder ingin memastikan para atlet dan official peserta Piala Dunia U-17, termasuk perangkat pertandingan dan perwakilan FIFA mendapat penyambutan yang baik dengan keamanan terjamin setibanya Bandara Soekarno-Hatta yang menjadi pintu utama kedatangan para peserta di Indonesia,” ujar Muhammad Awaluddin. 

Siapkan Jalur Khusus

Executive General Manager Bandara Soekarno-Hatta Dwi Ananda Wicaksana mengatakan, terkait aspek pelayanan Bandara Soekarno-Hatta menyiapkan help desk dan jalur fast track untuk memberikan asistensi kepada para atlet dan official peserta Piala Dunia U-17 di terminal kedatangan.

Dwi Ananda menuturkan asistensi dan jalur fast track guna memastikan kelancaran kedatangan setiap timnas yang beranggotakan sekitar 30-40 orang setiap timnya, termasuk timnas yang transit untuk melanjutkan penerbangan ke kota-kota venue Piala Dunia U-17. 

FIFA World Cup U-17 Indonesia bisa disaksikan di Indosiar dan SCTV. Bisa nonton Live 52 pertandingan lengkap hanya di Vidio. Best match di Moji dan Mentari, serta melalui Nex Parabola.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Yang Sudah Tiba di Indonesia

Seperti diketahui, venue pertandingan ditetapkan di 4 kota yakni Jakarta, Bandung, Solo dan Surabaya. Sebagian besar peserta Piala Dunia tiba melalui Bandara Soekarno-Hatta yang terletak di Banten. 

“Setiap timnas negara peserta terdiri dari sekitar 30-40 orang, sehingga stakeholder di Bandara Soekarno-Hatta juga menyiapkan jalur fast track untuk memproses keimigrasian bagi timnas negara peserta, serta jalur khusus di area customs. Disiapkan juga area khusus sebagai pick up/load zone di area curb side kedatangan di terminal. Asistensi juga diberikan bagi timnas yang melakukan transit,” ujar Dwi Ananda. 

Timnas yang telah tiba melalui Bandara Soekarno-Hatta pada 1 November antara lain Argentina, Senegal, dan Burkina Faso.

3 dari 3 halaman

Renovasi Stadion Tuntas 100 Persen, Indonesia Siap Gelar Piala Dunia U-17 2023

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono memastikan semua penyiapan stadion untuk menggelar Piala Dunia U-17 2023 sudah rampung 100 persen. Indonesia pun siap menghelat ajang bergengsi ini mulai 10 November hingga 2 Desember 2023.

"Semua penyiapan stadion untuk Piala Dunia U-17 sudah selesai. Semua sudah siap dimanfaatkan," ujar Basuki di Jakarta.

Untuk upacara pembukaan Piala Dunia U-17 digelar di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya pada 10 November. Stadion satu ini bakal menjadi home base Timnas Indonesia U-17 di babak penyisihan Grup A.

Tiga stadion lainnya yang menjadi lokasi pertandingan Piala Dunia U-17 2023 antara lain Jakarta International Stadium (Jakarta), Stadion Si Jalak Harupat (Bandung) dan Stadion Manahan (Solo).

Sebelumnya, Ketua umum PSSI, Erick Thohir menyatakan bahwa Stadion GBT sudah mencapai kelayakan 100 persen untuk digelarnya Piala Dunia U-17.

Pria yang juga menjabat sebagai Ketua Local Organizing Committee (LOC) Piala Dunia U-17 tersebut mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang mendukung dan bekerja dengan maksimal.

"Saya ucapkan terima kasih atas dukungan dari Wali Kota Surabaya, Pak Basuki (Menteri PUPR), Pemerintah Pusat, Pak Menpora (Dito Ariotedjo) dan tentu rekan-rekan dari Badan Usaha Milik Negara (BUMN) PLN dan Telkom," ucapnya saat ditemui wartawan usai meninjau Stadion GBT Surabaya, Minggu (29/10/2023).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.