Sukses

Arsjad Rasjid dan Rosan Roeslani, Sosok Pengusaha yang Jadi Ketua Tim Pemenangan Capres Ganjar Pranowo vs Prabowo Subianto

Arsjad Rasjid dan Rosan Roeslani ditunjuk sebagai Ketua Tim Pemenangan Nasional dan Tim Kampanye Nasional oleh masing-masing capres Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto untuk Pemilu 2024.

Liputan6.com, Jakarta - Pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) Ganjar Pranowo-Mahfud MD dan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka telah mengumumkan ketua tim pemenangan untuk pemilihan umum (Pemilu) 2024.

Pasangan capres-cawapres Ganjar Pranowo-Mahfud MD menunjuk Arsjad Rasjid sebagai Ketua Tim Pemenangan. Sedangkan pasangan capres-cawapres Prabowo Subianto-Gibran resmi menunjuk Rosan Roeslani sebagai Ketua Tim Kampanye Nasional Koalisi Indonesia Maju.

Menariknya dua sosok tersebut berlatar belakang pengusaha. Arsjad Rasjid menjabat sebagai Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri Indonesia atau KADIN Indonesia periode 2021-2026. Namun, Arsjad mengambil cuti seiring ditunjuk sebagai Ketua Pemenangan Ganjar Pranowo.

Arsjad Rasjid mengaku, kaget ditunjuk menjadi Ketua Tim Pemenangan Nasional (TPN) bakal calon presiden Ganjar Pranowo. Dia mengaku, belum mendapat informasi jelas terkait keputusan tersebut.

Arsjad Rasjid mengisahkan, dia baru mengetahui keputusan tersebut ketika berada di agenda ASEAN Business Awards 2023. Arsjad menyebut, keputusan pemilihan itu seharusnya didahului dengan pembicaraan awal.

"Pas saya baca, ya ampun ya Allah, kaget saya. Karena terus terang aja, saya gak diinformasikan. Apa namanya, ya suatu kehormatan. Tapi kan walaupun gimanapun harus bicara dulu dong," kata dia saat ditemui di Hotel Mulia, Senayan, Jakarta, Selasa, 5 September 2023, seperti dikutip dari Kanal Pemilu Liputan6.com.

Sedangkan Rosan Roeslani pernah menduduki posisi Ketua Umum Kadin Indonesia periode 2015-2021. Adapun Rosan Roeslani sebagai ketua tim pemenangan berdasarkan pernyataan Prabowo Subianto yang menyebut Rosan di awal pidatonya di Gelora Bung Karno sebelum bertolak ke KPU.

"Yang saya hormati, Saudara Rosan Roeslani, Ketua Tim Pemenangan Prabowo-Gibran," ujar Prabowo Subianto pada 25 Oktober 2023.

Rosan Roeslani merupakan Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Ia dilantik sebagai Wamen BUMN pada Senin 17 Juli 2023, menggantikan Pahala Nugraha Mansury yang diangkat oleh Presiden Jokowi untuk menduduki posisi Wakil Menteri Luar Negeri. Rosan Roeslani pun mundur sebagai Wakil Menteri BUMN.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Profil Arsjad Rasjid

Berikut profil singkat dari Arsjad Rasjid:

Selain sebagai Ketua Kadin periode 2021-2026, Arsjad Rasjid menjabat sebagai Direktur Utama Indika Energy sejak April 2016.

Dikutip dari laman Indika Energy, sebelumnya, Arsjad Rasjid menjabat sebagai wakil direktur utama dari Mei 2014-April 2016. Ia juga pernah menjadi direktur utama pada Februari 2007-Mei 2014.

Ia juga pernah menjabat sebagai Komisaris Utama Indika Energy pada 2000 berdasarkan akta nomor 31 tertanggal 19 Oktober 2023.

Selain itu, ia menjabat sebagai Presiden Komisaris PT Triparta Engineers & Constructors dan PT Tripatra Engineering sejak April 2021, PT Indika Infrastruktur Investindo sejak Juni 2020 dan PT Indika Multi Properti sejak Oktober 2019.

Ia juga menjabat sebagai Komisaris PT Indika Inti Corpindo sejak 2020, PT Grab Teknologi Indonesia sejak 2020, Kideco sejak Februari 2017, PT Indika Energy Infrastructure sejak Desember 2016 dan PT Rukun Raharja Tbk sejak Juni 2014. Arsjad Rasjid juga menjabat sebagai Chairman Indika Foundation sejak Februari 2017.

3 dari 5 halaman

Latar Belakang Pendidikan

Adapun Arsjad menimba ilmu di University of Southern California di bidang Computer Engineering pada 1990. Ia meraih gelar Bachelor of Science di bidang administrasi binis pada 1993 dari Pepperdine University, California, Amerika Serikat.

Ia pernah mengikuti program Executive Education-International Directors Programme 2016 di INSEAD yang diselenggarakan di Singapura dan Fountainebleau, Prancis.

Ia juga telah menyelesaikan program Executive Education on Leadership and Decision Making in the 21st Century di Jackson Institute for Global Affairs, Yale University, Amerika Serikat pada 2014.

Arsjad Rasjid menyelesaikan Executive Education on Impacting Investing di Said Business School, University of Oxford, Inggris pada 2013.

Pada 2012, ia menyelesaikan program Executive Education Global Leadership and Public Policy for the 21st Century di Harvard Kennedy School, Amerika Serikat, serta menyelesaikan program Insights Into Politics and Public Policy in Asia untuk Para Pemimpin Global di Lee Kuan Yew School of Public Policy, Singapura.

4 dari 5 halaman

Profil Rosan Roeslani

Berikut Profil Rosan Roeslani:

Sebelum ditunjuk sebagai Ketua Tim Pemenangan Prabowo Subianto-Gibran, Rosan Roeslani menjabat sebagai Wakil Menteri BUMN. Ia dilantik sebagai Wamen BUMN pada Senin 17 Juli 2023, menggantikan Pahala Nugraha Mansury yang diangkat oleh Presiden Jokowi untuk menduduki posisi Wakil Menteri Luar Negeri.

Sebelum menjabat sebagai Wakil Menteri BUMN, Rosan Roeslani menduduki jabatan Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (LBPP) Republik Indonesia untuk Amerika Serikat yang dilantik pada 25 Oktober 2021.

Dikutip dari Antara, Rosan merupakan pimpinan dari Grup Recapital yang mengelola manajemen aset keuangan dan investasi sebelum terjun di bidang pemerintahan.

Selama menjabat sebagai Ketua KADIN pada periode 2015-2021, pemerintah Belgia memberikan gelar kehormatan "The Order of Leopold of Belgium" sebagai pengakuan atas inovasi dan kontribusinya dalam memajukan hubungan perdagangan dan industri antara Indonesia dan Belgia.

Sepak terjangnya dalam bidang keuangan dan kewirausahaan, membuat karier Rosan begitu cemerlang. Ia pernah menempati beberapa posisi kunci seperti Penasihat Keuangan Asosiasi Koperasi Batik Indonesia pada 1997-2002 dan Wakil Bendahara Umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia pada 2005-2008.

 

 

5 dari 5 halaman

Organisasi yang Digeluti

Lulusan S1 Keuangan di Oklahoma State University, Stillwater, Oklahoma pada 1988-1992 ini juga dikenal sebagai salah satu tokoh terkemuka di bidang keuangan dan investasi Indonesia.  Ia mendapatkan gelar MBA dari European University, Antwerpen, Belgia pada 1993-1994.

Pria kelahiran 31 Desember 1968 ini terlibat dalam sejumlah inisiatif strategis pemerintah sebagai perwakilan sektor swasta utama, termasuk Ketua Satgas Cipta Kerja Omnibus Law Indonesia (2019-2021) dan Ketua Badan Penasihat Badan Arbitrase Nasional (BANI) (2019- 2021).

Rosan pernah menjabat sebagai sebagai Wakil Ketua Courtesy Board Masyarakat Ekonomi Syariah Indonesia (MES). Ia juga terlibat dalam beberapa program besar yang dipimpin pemerintah, seperti Ketua Misi Kontingen Olimpiade Indonesia untuk Olimpiade Tokyo 2020 dan Wakil Ketua Komite Respon dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC-PEN) 2020-2021. Selain itu, Rosan merupakan Ketua Umum PB Persatuan Angkat Besi Indonesia (PABSI) sejak 2015.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.