Sukses

Gibran Rakabuming Raka Diusung Golkar Jadi Cawapres Prabowo, Simak Harta Kekayaannya

Total harta Gibran Rakabuming Raka mencapai Rp 26.032.674.370 atau Rp 26 miliar. Harta ini berupa tanah dan bangunan, alat transportasi dan mesin,harta bergerak lainnya, kas dan juga harta lainnya.

Liputan6.com, Jakarta - Walikota Surakarta Gibran Rakabuming Raka akhirnya diusung oleh Partai Golkar untuk menjadi Bakal Calon Wakil Presiden. Gibran Rakabuming Raka akan mendampingi Calon Presiden Prabowo Subianto.

"Mengusulkan dan mendukung Mas Gibran Rakabuming Raka untuk kita pasangkan dengan Pak Prabowo sebagai calon wakil presiden RI," kata Airlangga Hartarto di Rapimnas II Partai Golkar, Sabtu (21/10/2023).

Usulan itu, kata Airlangga, didapatkan dari hasil pertemuan dan rapat dengan ketua-ketua DPD yang berlangsung pada Jumat 20 Oktober 2023 malam.

Sebelunmnya, Airlangga mencontohkan kepemimpinan Sutan Syahrir yang menjabat sebagai perdana menteri pertama RI yang berusia 36 tahun. Maka dari itu Golkar optimistis bahwa pemimpin muda dapat kembali memimpin pemerintahan.

Mengutip laman laporan harta kekayaan penyelenggara negara (LHKPN) di E-LHKPN yang disampaikan pada 30Januari 2023 untuk periode 2022, total harta Gibran mencapai Rp 26.032.674.370 atau Rp 26 miliar.

Harta ini berupa tanah dan bangunan, alat transportasi dan mesin,harta bergerak lainnya, kas dan juga harta lainnya.

Rinciannya, untuk tanah dan bangunan sebesar Rp 17,33 miliar yang tersebar di Surakarta dan Sragen.

Sedangkan untuk alat transportasi dan mesin tercatat Rp 332 juta. Harta ini berupa motor dengan merek Honda dan Royal Enfield. Selain itu juga ada mobil merek Toyota, Isuzu, dan Daihatsu.

Untuk lainnya adalah harta bergerak lainnya sebesar Rp 260 juta dan kas sebesar Rp 3,1 miliar. Gibran juga memiliki harta lainnya sebesar Rp 5,5 miliar.

Selain harta, Gibran Rakabuming Raka juga memiliki utang sebesar Rp 551,5 juta.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Golkar Usulkan Gibran Rakabuming Raka sebagai Cawapres Prabowo Subianto

Golkar telah mengusulkan Bakal Calon Wakil Presiden yang akan mendampingi Prabowo Subianto, yaitu Gibran Rakabuming Raka.

"Mengusulkan dan mendukung Mas Gibran Rakabuming Raka untuk kita pasangakan dengan Pak Prabowo sebagai calon wakil presiden RI," kata Airlangga Hartarto di Rapimnas II Partai Golkar, Sabtu (21/10/2023).

 Usulan itu, kata Airlangga, didapatkan dari hasil pertemuan dan rapat dengan ketua-ketua DPD semalam, Jumat (20/10/2023).

Sebelunmnya, Airlangga mencontohkan kepemimpinan Sutan Syahrir yang menjabat sebagai perdana menteri pertama RI yang berusia 36 tahun. Maka dari itu Golkar optimistis bahwa pemimpin muda dapat kembali memimpin pemerintahan.

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto membuka kemungkinan putra sulung Presiden Joko Widodo atau Jokowi, Gibran Rakabuming Raka hadir ke rapat pimpinan nasional (Rapimnas) Partai Golkar, Sabtu (20/10/2023).

Rapimnas Partai Golkar ini akan membahas soal calon wakil presiden (cawapres) pendaping Prabowo.

"Kita lihat nanti," kata Airlangga di Kantor DPP Partai Golkar Jakarta, Sabtu (20/10/2023).

Menurut dia, persiapan Rapimnas sudah cukup bagus. Airlangga pun meminta semua pihak menunggu hasil Rapimnas Partai Golkar.

"Jadi kita tunggu saja," ucapnya.

Sementara itu, Ketua Dewan Pembina Golkar Aburizal Bakrie mengaku belum tahu apakah putra Presiden Joko Widodo itu akan hadir di Rapimnas Golkar.

"Mungkin datang mungkin enggak," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.