Sukses

Daftar Maskapai Besar Batalkan Penerbangan Imbas Perang Israel-Hamas Palestina

Maskapai-maskapai besar di seluruh dunia telah membatalkan penerbangan ke Israel atau memperingatkan akan adanya gangguan perjalanan karena situasi keamanan yang memburuk.

Liputan6.com, Jakarta - Maskapai-maskapai besar di seluruh dunia telah membatalkan penerbangan ke Israel dan memperingatkan akan adanya gangguan perjalanan karena situasi keamanan yang memburuk usai perang Israel vs Hamas Palestina.

Virgin Atlantic memperingatkan akan adanya pembatalan dan penundaan penerbangan ke Tel Aviv. British Airways (BA) telah mengubah jadwalnya.

Sementara itu, tiga maskapai penerbangan AS, serta Air France, Lufthansa dan Emirates, telah menangguhkan layanannya.

Kelompok militan Palestina, Hamas, mengatakan bahwa mereka telah menargetkan bandara Ben Gurion di Israel dengan rudal pada hari Senin.

Sekitar 700 orang telah terbunuh di Israel sejak Hamas melancarkan serangan pada hari Sabtu, lalu 500 orang lainnya tewas di Gaza dalam serangan udara balasan.

Melansir BBC pada Rabu (11/10/2023), Kementerian Luar Negeri Inggris menyarankan untuk tidak melakukan perjalanan ke Israel dan wilayah Palestina yang diduduki, dan melarang semua perjalanan ke beberapa bagian wilayah tersebut.

Virgin Atlantic mengatakan bahwa mereka telah melakukan delapan pembatalan penerbangan antara Tel Aviv dan London Heathrow, sejak Sabtu hingga Rabu mendatang.

"Keselamatan dan keamanan pelanggan dan karyawan kami selalu menjadi prioritas utama dan program penerbangan kami ke Israel masih terus ditinjau," kata seorang juru bicara.

Maskapai penerbangan Inggris, Wizz Air, mengkonfirmasi bahwa mereka telah membatalkan penerbangan dari dan ke Tel Aviv hingga pemberitahuan lebih lanjut, sementara EasyJet menghentikan penerbangan pada hari Minggu dan Senin, dan menambahkan bahwa mereka akan mengubah jadwalnya selama sisa minggu ini.

BA telah mengubah penerbangan hariannya dari Heathrow ke Tel Aviv sehingga berangkat di pagi hari, bukan sore hari. Hal ini dilakukan untuk menghindari para kru pesawat yang harus menginap di Israel.

Maskapai ini mengatakan bahwa mereka terus memantau situasi ini. Seorang juru bicara mengatakan bahwa kebijakan pemesanan yang fleksibel telah diberlakukan sehingga para pelanggan dapat mengubah tanggal perjalanan mereka secara gratis jika mereka menginginkannya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tur Wisatawan Juga Dibatalkan

Situs web pengecekan penerbangan FlightRadar24 menunjukkan beberapa penerbangan masih tiba dan berangkat dari Tel Aviv pada Senin pagi, termasuk oleh Ryanair dan Pegasus.

Namun, Ryanair kemudian mengatakan bahwa mereka terpaksa membatalkan sejumlah penerbangan dari dan ke Tel Aviv pada hari Senin dan menyarankan para penumpang untuk memeriksa pembaruan penerbangan terbaru.

Pada hari Minggu, maskapai penerbangan AS United Airlines, Delta Air Lines, dan American Airlines mengatakan bahwa mereka telah menangguhkan penerbangan langsung ke Israel.

Dalam sebuah pernyataan, United mengatakan bahwa penerbangannya akan dihentikan sementara "sampai kondisi memungkinkan untuk melanjutkannya".

Delta juga mengatakan bahwa penerbangan "telah dibatalkan hingga minggu ini".

 

3 dari 3 halaman

Evakuasi Warga Negara Asing

Sementara itu, 300 warga negara Polandia dan Hungaria telah dievakuasi dalam penerbangan, dengan Thailand dan Nepal dikatakan sedang mempertimbangkan langkah serupa.

Royal Caribbean, operator kapal pesiar, mengatakan bahwa mereka "menyesuaikan beberapa rencana perjalanan di daerah tersebut" dan memberi tahu pelanggan yang terkena dampak.

Para wisatawan yang akan melakukan perjalanan ke Israel dalam waktu dekat harus mendiskusikan pilihan mereka, kata juru bicara Asosiasi Agen Perjalanan Inggris.

"Jika Anda bepergian dengan sebuah paket dan liburan Anda telah dibatalkan karena perubahan saran tersebut, Anda dapat menunda tanggal perjalanan Anda, atau melakukan perjalanan ke tujuan alternatif, atau menerima pengembalian dana penuh.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.