Sukses

Intip Cara Victoria Beckham Hasilkan Pundi-Pundi Kekayaan

Usai sukses sebagai penyanyi dengan menjadi bagian band Spice Girls, Victoria Beckham mendapatkan keuntungan sebagai perancang busana.

Liputan6.com, Jakarta - Victoria Beckham kini kembali menjadi sorotan. Hal ini seiring dokumenter sang suami David Beckham yang tayang di salah satu layanan streaming Netflix. Pasangan suami istri ini telah menjadi salah satu pasangan terkaya di dunia

Dikutip dari laman Lifestyle Asia.com, Rabu (11/10/2023), Victoria Caroline Adams Beckham dikenal sebagai penyanyi dan perancang busana dari Inggris yang terkenal sebagai bagian dari band Spice Girls pada pertengahan hingga akhir 1990-an. Grup ini telah menghasilkan musik yang menduduki puncak tangga lagu.

Sebagian besar kekayaan Victoria Beckham berasal dari kesuksesan karier musik sebagai anggota Spice Girls yang beranggotakan Melanie Brown alias Mel B, Melanie Chisholm alias Mel C, Emma Bunton dan Geri Halliwell serta Victoria.

Media memberi julukan masing-masing kepada anggota Spice Girls. Mel B dikenal sebagai scary spice, sedangkan Mel C dikenal sebagai Sporty Spice. Kemudian Emma sebagai Baby Spice, Geri sebagai Ginger Spice, dan Victoria dikenal sebagai Posh Spice.

Grup ini telah menjual 100 juta rekaman dalam karier, dan mencatatkan prestasi yang menjadikan grup wanita terlaris dalam sejarah.

Tak hanya itu, Victoria juga dikenal sebagai ikon fesyen. Atas jasanya pada industri fashion dan kegiatan alam, ia diangkat menjadi Officer of the Order of the British Empite (OBE) pada 2017.

Karier Victoria Beckham

Karier Victoria Beckham dimulai dengan band asal Inggris yang merilis album pertamanya Spice pada 1996. Terjual lebih dari 20 juta kopi di dunia, debut tersebut mengubah Spice Girls menjadi fenomena budaya pop yang besar.

“Wannabe”, salah satu single yang membuat Spice Girls mendapatkan Billboard nomor 1 selama empat minggu di puncak daftar Hot 100. Spice Girl juga menduduki posisi pertama di Billboard 200.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Memulai Karier Solo dan Masuk Film Dokumenter

Album kedua, Spiceworld dirilis pada 1997. Album ini membuka jalan bagi film musical mereka yang sukses secara komersial Spice World pada tahun yang sama. Debut tur konser Spiceworld Tour pada 1998 membawa lebih banyak ketenaran bagi grup tersebut. Tur konser itu meraup USD 17,8 juta di seluruh dunia dan menjadikan Spice Girls dengan penghasilan tertinggi berkat konser itu.

Pada 2000, Spice Girls merilis album ketiga, tetapi gagal samai kesuksesan sebelumnya. Grup itu dibubarkan pada tahun berikutnya.

Sementara itu, Victoria Bekcham sudah memulai karier solo dengan single “Out of Your Mind” pada 2000, saat masih menjadi anggota Spice Girls. Diikuti oleh single lainnya Not Such An Innocent Girl dan akhirnya debut album dan satu-satunya Victoria Beckham pada 2001.

Kesuksesan Victoria sebagai artis solo ternyata tak sehebat prestasinya sebagai anggota Spice Girls. Empat lagu solo dan albumnya masuk dalam 10 besar tangga lagu resmi di Inggris. Sebaliknya, dia memiliki sembilan single nomor 1 dan dua album nomor 1 sebagai bagian dari band di tangga lagu yang sama.

Selain musik, ia telah muncul di film documenter televisi antara lain Being Victoria Beckham pada 2002 dan enam episode Victoria Beckham:Coming to America (2007).

Semua film documenter fokus pada kehidupannya baik sebagai individu maupun sebagai bagian dari keluarganya. Ia juga muncul di Beckham, film documenter Netflix tentang David Beckham yang tayang perdana pada 4 Oktober 2023.

3 dari 6 halaman

Kekayaan dan Penghasilan

The Sunday Times Rich List 2023 mematok total kekayaan bersih Victoria dan David Beckham sebesar USD 514 juta atau sekitar Rp 8,06 triliun (asumsi kurs Rp 15.697 per dolar Amerika Serikat).

Nilai kekayaan ini lebih tinggi pada 2022 sebesar USD 462 juta. Kekayaan pasangan tersebut naik lebih dari USD 50 juta dalam satu tahun. Sebagai perbandingan, kekayaan bersih mereka pada 2021, menurut the Sunday Times sekitar USD 450 juta.

Kekayaan David Beckham diyakini lebih besar dibandingkan Victoria. Beberapa laporan menyebutkan kekayaan bersih pesepakbola asal Inggris itu berkisar USD 450 juta. Berarti ada kemungkinan kekayaan kolektif pasangan tersebut bisa lebih dari USD 514 juta.

Pada 2011, Forbes prediksi, keluarga Beckham meraih penghasilan USD 45 juta per tahun. Namun, banyak hal telah berubah sejak saat itu. David bukan lagi pesepakbola aktif.

Meski kekayaan bersih Victoria belum jelas. Namun, ia dinilai seorang multi-jutawan berkat karier yang panjang dan sukses di bidang musik serta panggilan kedua yang sama suksesnya sebagai pengusaha.

 

4 dari 6 halaman

Tur Spice Girls

Karier solo dan waktunya sebagai Spice Girls terus membuahkan hasil. Ketika Geri Halliwell alias Ginger Spice keluar dari band pada 1998, laporan Rolling Stones menyebutkan grup itu telah memperoleh hingga USD 75 juta dari penjualan tiket,merchandise, film dan album.

Laporan itu menambahkan Halliwell mengumpulkan kekayaan USD 30 juta hanya dalam dua tahun. Namun, kepergiannya berarti kehilangan USD 10 juta dari jadwal tur USD 60 juta.

Dengan asumsi, setiap anggota memiliki bagian yang sama, laporan itu memberikan petunjuk tentang tingginya pendapatan Posh Spice dari karier musik ikoniknya pada 1990-an.

Ia bergabung dengan empat anggota lainnya untuk the Return of the Spice Girls Tour yang diadakan dari Desember 2007 hingga Februari 2008 di Amerika Utara dan Eropa. Ada 47 pertunjukan, 17 di antaranya dipentaskan di O2 Arena London.

Total tur itu senilai USD 70,1 juta. Tiket terjual mencapai 581.066, dari 45 pertunjukkan. Dari pertunjukkan O2 Arena sendiri USD 33 juta.

5 dari 6 halaman

Kehidupan Setelah Spice Girls

Victoria Beckham tidak lagi tampil bersama Spice Girls sejak itu. Namun, Victoria absen saat grup tersebut kembali kumpul pada 2019 untuk Tur Spice World. Tur 2019 sebagian besar diadakan di Inggris dan Irlandia.Akan tetapi tur itu lebih sukses dibandingkan pada 2007-2008. Mengutip data Boxscore, Billboard melaporkan tur 2019 meraup USD 78,2 jtua dari 697.357 tiket.

Spice Girls diyakini akan kembali bersatu di Glatonbury pada 2024 untuk merayakan hari jadi ke-30. Mengutip sumber, Daily Mail mengabarkan, kalau Victoria tidak akan ambil bagian dalam acara itu karena jadwal yang sangat padat sebagai perancang busana.

“Glastonbury mungkin merupakan pertunjukan paling keren di dunia, tetapi Victoria tidak akan mengadakannya tahun depan. Ia telah menetapkan karier sebagai perancang busana yang telah mencurahkan segalanya dengan darah, keringat dan air mata jadi menyanyi sesuatu yang harus dipertimbangkan dengan hati-hati,” ujar sumber itu.

Namun, apakah dia tampil atau tidak, ibu empat anak ini terus hasilkan uang dari karier sebagai Posh Spice. Berdasarkan laporan the Sun pada 2022, ia memperoleh sekitar USD 516.000 dari katalog Spice Girls pada 2020. Laporan itu membuat perkiraan berdasarkan pajak perusahaan yang diajukan perusahaan musiknya Moody Productions Ltd yang berjumlah USD 103.000.

6 dari 6 halaman

Hasilkan Kekayaan dari Endorsement dan Kolaborasi

Laporan itu juga mengungkapkan Victoria Beckham memperoleh USD 1,2 juta pada 2019 sebagai bagian dari Spice World-Tur 2019 meski tidak menjadi bagian dari tur tersebut karena ia berhak menerima potongan dalam endorsement, kesepakatan lisensi dan bagian merchandising dari pertunjukan.

Penghasilannya juga berasal dari Instagram. Ia memiliki jumlah pengikut 32 juta. Sebuah laporan Gloucester Live menunjukkan Victoria dan David Beckham dapat peroleh penghasilan USD 375.000 atau Rp 5,88 miliar per unggahan di instagram.

Ia juga peroleh banyak uang dari berbagai kesepakatan endorsement yang dibuat selama beberapa dekade. Rincian uang sebagian besar tidak jelas.

Namun, ia peroleh sekitar USD 2 juta atau Rp 31,4 miliar untuk tampil di Christmas Tesco pada 2007 dengan Spice Girls. Selain itu menandatangai kesepakatan dengan Armani pada 2009 senilai USD 18 juta atau sekitar Rp 282,60 miliarKolaborasi Victoria Beckham pada masa lalu dengan RocaWear dan Estee Lauder juga hasilkan koleksi yang sukses.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.