Sukses

MotoGP 2023 Sirkuit Mandalika Ditarget Raup Pendapatan Rp 4,5 Triliun

Indonesia tengah bersiap untuk menyelenggarakan MotoGP Mandalika 2023 pada 13-15 Oktober 2023

Liputan6.com, Jakarta Indonesia tengah bersiap untuk menyelenggarakan MotoGP Mandalika 2023 pada 13-15 Oktober 2023. Dari event MotoGP tersebut, pemerintah target angka perputaran ekonomi bisa mencapai minimal Rp 4,5 triliun.

Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Angela Tanoesoedibjo menilai, gelaran MotoGP Mandalika 2023 bisa turut mendongkrak Mandalika sebagai salah satu dari 5 destinasi pariwisata super prioritas (DPSP) yang dicanangkan pemerintah.

"Bagi Kemenparekraf, event ini penting sekali. Tahun lalu, kita bilang itu event late recovery. Tahun ini kita bicara event late accelerator, bagaimana event ini bisa meningkatkan pencapaian Indonesia," ujar Angela di Kantor InJourney, Jakarta, Selasa (3/10/2023).

Untungkan UMKM

Menurut dia, ajang balap motor kelas dunia itu bakal turut memberikan multiplier effect bagi masyarakat hingga pelaku UMKM. Khususnya yang bergerak di sektor pariwisata, mulai dari pengelola hotel, restoran, hingga penjual cindera mata.

"Tentunya kami berharap pencapaian tahun lalu Rp 4,5 triliun. Kami harapkan tahun ini setidaknya sama, atau bahkan lebih, bisa berkontribusi pada pariwisata Indonesia dan bagi pencapaian target pariwisata. Tahun ini kita ada target 8,5 juta wisatawan mancanegara dan 1,4 miliar pergerakan wisatawan Nusantara," tuturnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sport Tourism

Senada, Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo berharap PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (ITDC) bisa turut memanfaatkan MotoGP Mandalika 2023 untuk menjadikan Mandalika sebagai destinasi sport tourism kelas dunia.

"Kita harapkan event ini akan menjadi katalis untuk bisa membangun tourism destinasi yang terbaik di Mandalika dalam hal sport tourism. Dan tentunya memberikan manfaat kepada seluruh masyarakat NTB," ungkap Tiko, sapaan akrabnya.

Tak hanya Lombok, ia berharap ajang MotoGP 2023 juga bisa menularkan gairah berwisata kepada turis asing untuk lanjut berlibur di tempat lain di Indonesia.

"Kita juga November akan mengadakan event aquabike di Samosir, dan akan ada series sport event yang akan membangun Indonesia sebagai salah satu global sport tourism destinasion. Termasuk Indonesia arena di GBK yang baru ini diharapkan menjadi katalis untuk menjadi sport tourism destination besar Indonesia," pungkasnya.

 

3 dari 4 halaman

Aksi Pawang Hujan Mba Rara Tak akan Terlihat di MotoGP Mandalika 2023

Kementerian BUMN berkomitmen bersama Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) dan PT Aviasi Pariwisata Indonesia (InJourney) untuk mensukseskan gelaran MotoGP Mandalika 2023.

Wakil Menteri BUMN I Kartika Wirjoatmodjo optimistis ajang MotoGP Mandalika 2023 bisa lebih sukses dari tahun lalu. Adapun pada gelaran sebelumnya, lomba balap motor kelas dunia tersebut sempat terganggu oleh gangguan cuaca berupa hujan.

"Kita tahu bahwa tahun lalu ada tantangan hujan. Kalau ingat dulu ada ibu Rara yang pawang hujan segala macam. Tahun ini semoga tidak terlalu banyak drama-drama. Kita ingin race-nya yang menarik dan kompetitif," ujarnya di Kantor InJourney, Jakarta, Selasa (3/10/2023).

Tiko, sapaan akrabnya melihat bahwa PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (ITDC) melalui MotoGP 2023 ingin membuat Mandalika sebagai destinasi sport tourism berkelas dunia.

"Kita tahu bahwa fasilitas Mandalika kita bangun 5 tahun terakhir sekarang sudah mencapai stage yang sangat baik dan mendunia. Semua orang sudah tahu sirkuit Mandalika, dan kita lihat arus turis internasional maupun domestik semakin baik," ungkapnya.

Diharapkan Tiko, MotoGP 2023 bakal jadi katalis untuk membangun destinasi turis terbaik di Mandalika, serta turut memberikan manfaat ekonomi kepada seluruh masyarakat Nusa Tenggara Barat (NTB).

"Harapannya, Lombok bisa men-transform dirinya menjadi kawasan yang juga dicinta sebagai kawasan tujuan wisata, tapi juga ingin membangkitkan sport tourism ini. Tentunya dengan event MotoGP ini," kata Tiko.

 

4 dari 4 halaman

Daerah Lain

Tak hanya Mandalika, ia juga ingin menggaungkan daerah lainnya sebagai destinasi wisata olahraga. Sebab, akan ada berbagai event olahraga kelas dunia yang diselenggarakan di Indonesia.

"Kita juga November akan mengadakan event aquabike di Samosir, dan akan ada series sport event yang akan membangun Indonesia sebagai salah satu global sport tourism destinasion. Termasuk Indonesia Arena di GBK, yang baru ini diharapkan menjadi katalis untuk menjadi sport tourism destination besar Indonesia," tuturnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.