Sukses

Arsjad Rasjid Ajak Negara ASEAN Gotong Royong Garap Potensi Investasi USD 20 Triliun

Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Indonesia, Arsjad Rasjid mengungkapkan bahwa ASEAN memiliki potensi investasi yang cukup besar, yaitu hingga USD 20 triliun.

Liputan6.com, Jakarta Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Indonesia, Arsjad Rasjid mengungkapkan bahwa ASEAN memiliki potensi investasi yang cukup besar, yaitu hingga USD 20 triliun.

"Dengan adanya ASEAN (sebagai) Epicentre of Growth kita melihat FDI adalah Foreign Direct Investment ini bisa berpontensi (capai) USD 20 triliun," ungkap Arsjad kepada wartawan usai sesi diskusi ASEAN Business & Invesment Summit di Jakarta, Minggu (3/9/2023).

Dengan demikian, Arsjad menekankan bahwa, alih alih bekompetisi, negara ASEAN perlu terus bergotong royong memajukan perekomonian kawasan yang berkelanjutan.

"Kita memperkenalkan dua nilai Indonesia, pertama Bhineka Tunggal Ika, perbedaan itu tidak apa-apa yang penting kita menjadikan perbedaan itu sebagai kekuatan. Yang kedua, tadi gotong royong itu, inclusive collaboration," jelasnya.

Arsjad pun mengakui bahwa kolaborasi antara Pemerintah pun tidak cukup, diperlukan keterlibatan sektor swasta/

"Jadi kalau sudah dipertemukan perusahaan-perusahaan di ASEAN, kemudian ternyata banyak hal yang bisa dilakukan yang selama ini tidak terfokus karena tadi, fokusnya ke luar terus tapi tidak fokus di antara kita. Padahal market kita sendiri dikelilingi 650 juta populasi itu kan besar," imbuhnya.

ASEAN Business & Investment Summit (ABIS)

Sebagai informasi, ASEAN Business & Investment Summit (ABIS) merupakan acara unggulan ASEAN-BAC 2023 yang mengangkat tema Sentralitas ASEAN: Berinovasi Menuju Inklusivitas yang Lebih Besar.

Acara diskusi yang digelar pada 3-4 September 2023 di The Sultan Hotel & Residence ini menghadirkan para pejabat tinggi pemerintah, CEO, dan eksekutif senior yang mewakili perusahaan multinasional dan regional di ASEAN.

Adapun pembahasan dalam acara ini yaitu langkah langkah untuk mendorong reformasi kebijakan dan memposisikan ASEAN sebagai pusat keterhubungan ekonomi global.

"Tujuan ABIS 2023 berupaya untuk menanamkan kepercayaan dunia usaha terhadap potensi pertumbuhan kawasan di tengah tantangan global, ketegangan geopolitik yang berkepanjangan, dan fragmentasi ekonomi global," tulis KADIN Indonesia dalam keterangan tertulisnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Arsjad Rasjid: ASEAN Harus Jadi Pusat Pertumbuhan Ekonomi Global

Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia bersama ASEAN Business Advisory Council (ASEAN-BAC) menggelar ASEAN Business & Invesment Summit pada Minggu, 3 September 2023.

Ketua ASEAN Business Advisory Council (ASEAN-BAC), Arsjad Rasjid menyampaikan bahwa, memahami sentralitas ASEAN sebagai kawasan tidak hanya sekedar melihat posisi geografisnya yang strategis, tetapi juga dengan merekonstruksi masyarakat yang melihat berbagai tantangan untuk tumbuh bersama.

"Di masa lalu, banyak orang mungkin merasa pesimistis terhadap langkah ASEAN sebagai sebuah kelompok regional. Namun, dalam menghadapi bencana terdapat banyak krisis dan tantangan geopolitik dan geoekonomi. Kita telah bertahan. Kita benar-benar telah bertahan," kata Arsjad dalam pidatonya di The Sultan Hotel and Residence di Jakarta, Minggu (3/9/2023).

"Tetapi kita tidak hanya bertahan, kita juga memanfaatkan potensi sebagai pusat pertumbuhan," lanjutnya.

 

3 dari 3 halaman

Kualitas Pertumbuhan Ekonomi

Indonesia, dalam kepemimpinannya sebagai Ketua ASEAN tahun ini, memperkenalkan pentingnya memasukkan nilai-nilai ke dalam pertumbuhan ekonomi dengan lima prinsip yang didasarkan pada nilai kemakmuran, kemanusiaan, planet, dan kerangka kemitraan dan pembangunan inklusif.

"Saat kita berada di ambang iklim bisnis dan investasi ASEAN, saya dipenuhi dengan optimisme dan antusiasme," ujar Arsjad, yang juga menjabat Ketua Umum KADIN Indonesia.

"Dan satu tujuan bersama untuk membentuk jalan menuju pembangunan berkelanjutan di ASEAN adalah memastikan tidak ada yang tertinggal. Kami juga akan menyambut beberapa pemimpin negara untuk memberikan wawasan mereka mengenai masa depan ASEAN. Bersama-sama kita akan menghadapi tantangan, memanfaatkan peluang, dan menciptakan warisan yang akan membentuk lanskap ekonomi ASEAN untuk generasi mendatang," tuturnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • ASEAN adalah singkatan dari Association of Southeast Asian Nations.

    ASEAN

  • Investasi adalah penanaman uang atau modal dalam suatu perusahaan atau proyek untuk tujuan memperoleh keuntungan.

    Investasi

  • Arsjad Rasjid merupakan seorang pengusaha sekaligus Presiden Direktur PT Indika Energy Tbk.

    Arsjad Rasjid

  • Kamar Dagang dan Industri Indonesia atau Kadin Indonesia adalah organisasi pengusaha Indonesia yang bergerak di bidang perekonomian.

    Kadin

  • Kadin Indonesia adalah singkatan dari Kamar Dagang dan Industri Indonesia.

    Kadin Indonesia