Sukses

Terima Sertifikat Kemenhub, Maskapai Raindo Bakal Ramaikan Bisnis Logistik Indonesia

Raindo United Services (RUS) akan menjadi salah satu maskapai penyedia layanan jasa kargo udara berbasis digital terbaru di tanah air.

Liputan6.com, Jakarta Maskapai kargo berjadwal terbaru Raindo United Services (Raindo) telah resmi menerima Sertifikat Operator Penerbangan (Air Operator Certificate) AOC-075.

Sertifikat ini diberikan oleh Otoritas Penerbangan Nasional, dalam hal ini Direktorat Jenderal Perhubungan Udara dan Direktur Kelaikudaraan dan Pengoperasian Pesawat Udara, Kementerian Perhubungan.

Proses pemenuhan kelengkapan administrasi AOC Raindo telah melewati berbagai tahap yang mengacu pada ketentuan perundang -undangan yang berlaku di Indonesia.

Pesawat pertama tipe Boeing 737-800BCF (PK-RUS) tiba di Indonesia pada 14 Juli 2023 dan pesawat kedua (PK-RFS) dengan tipe yang sama diterima pada tanggal 9 Agustus 2023.

Berbasis Aplikasi

Saat ini Raindo tengah menyiapkan penerbangan perdana dengan rute-rute domestik dan internasional yang dapat dilihat melalui aplikasi Raindo yang telah tersedia di app store dan playstore.

“Masih dalam momentum HUT Kemerdekaan RI, kami bangga dapat memberikan persembahan bagi Indonesia untuk dapat memberi dampak bagi percepatan pertumbuhan ekonomi Indonesia sesuai dengan semangat Terus Melaju untuk Indonesia Maju,” kata Benny Rustanto, Founder dan Komisaris Raindo.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Komitmen Perusahaan

Benny menambahkan ini merupakan perwujudan komitmen perusahaan dalam menghadirkan era baru di industri logistik udara di Tanah Air.

Diharapkan dengan hadirnya Raindo dapat memberi warna baru bagi dunia logistik udara dengan berbagai inovasi dan kreatifitas yang dapat mendorong tumbuhnya persaingan sehat sehingga nantinya akan berdampak positif bagi berbagai sektor industri di Indonesia.

Sesuai dengan misi Raindo dalam mewujudkan #KerjaAnakBangsa, Benny Rustanto, Muhammad Suryo, Dodi AbdulKadir, Bambang Sujatmiko, Capt Yudhi Fadjari, Hans Nugroho serta Febiantori telah berkomitmen untuk memperkuat konektivitas dalam negeri maupun internasional sehingga mampu dapat memberikan solusi terbaik berbasis digital yang memberikan dampak bagi seluruh pelaku usaha mikro maupun menengah.

“Kami juga mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh pihak yang terlibat dalam proses pemenuhan kelengkapan persyaratan dan administrasi AOC ini. Semoga ini adalah awal yang baik untuk menghadirkan solusi bebas hambatan bagi distribusi logistik udara.” tutup Benny.

3 dari 4 halaman

Raindo Sewa 2 Pesawat Boeing 737-800 Converted Freighters dari AerCap

Maskapai penyedia layanan jasa kargo udara berbasis digital di Indonesia, yaitu PT Rusky Aero Indonesia, yang beroperasi dengan nama Raindo United Services (Raindo), pada Jumat (31/3/2023) mengumumkan penandatanganan kerja sama dengan perusahaan lessor AerCap dalam mendatangkan dua armada Boeing 737-800 Converted Freighters. 

Kerja sama dengan AerCap membawa Raindo United Services selangkah lebih dekat untuk mengudara sebagai maskapai kargo berbasis startup digital pertama di Indonesia.

Enam+52:54Raih Berkah Lewat Investasi SyariahProsesi penandatangan dilaksanakan di Kedutaan Besar Indonesia di Singapura, yang dihadiri oleh Duta Besar Indonesia untuk Singapura, Suryo Pratomo, Founder Raindo, Benny Rustanto, para Co-Founder Raindo United Services, dan  Head of Leasing Asia Pacific AerCap, Emmanuel Herinckx.

Founder Raindo, Benny Rustanto mengatakan ini merupakan momen yang spesial karena Raindo United Services selangkah semakin dekat dalam menjadi katalisator perubahan di industri logistik. 

“Bersama dengan AerCap, dua unit Boeing 737-800 Converted Freighters dari Raindo United Services akan segera mengudara dan menghadirkan ekosistem logistik konektivitas tanpa batas dan berkelanjutan, serta memberikan dampak positif instan kepada industri Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) khususnya di Indonesia,” kata Benny dalam sambutannya di Kedutaan Besar Indonesia untuk Singapura, Jumat (31/3/2023).

 

4 dari 4 halaman

Ekosistem yang Dihadirkan Raindo

Benny menjelaskan, ekosistem yang dihadirkan oleh Raindo United Services mulai dari realtime tracking dari first hingga last mile dapat diakses secara mudah melalui aplikasi Raindo App, serta didukung kehadiran armada Boeing 737-800 BCF yang telah dilengkapi sistem kargo termutakhir.

Beberapa fasilitas seperti, Unit Loading Device (ULD), tank oksigen hingga mesin pendingin. 

“Ini memungkinkan kami mewujudkan komitmen perusahaan dalam mendukung industri logistik khususnya UMKM mengatasi hambatan-hambatan seperti harga logistik yang tinggi, proses pengiriman yang tidak efisien, keterbatasan akses saluran distribusi dan-lain-lain.” jelas Benny.

Sementara itu, Head of AerCap Cargo, Richard Greener mengatakan pihaknya sangat senang dalam menyambut Raindo United Services sebagai mitra AerCap dalam menghadirkan pesawat pertamanya. 

“Kami mengharapkan yang terbaik untuk peluncuran operasional Raindo United Services dan menantikan kerja sama dengan Raindo United Services dalam pengiriman armadanya,” tutur Greener.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini