Sukses

Pesan Kocak Bos BI ke Generasi Muda: Kalau Lihat Uang Matanya Jangan Ijo

Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo, berpesan kepada generasi muda bahwa terdapat tiga cara untuk mengapresiasi rupiah.

Liputan6.com, Jakarta Bank Indonesia (BI) kembali menyelenggarakan Festival Rupiah Berdaulat Indonesia (FERBI) pada 18-20 Agustus 2023 yang terdiri dari kegiatan Showcasing Rupiah & Indonesia, Layanan Penukaran Rupiah, Talkshow, Panggung Rupiah hingga Dialog Kebangsaan & Bincang Milenial.

Festival tersebut sekaligus dalam rangka memperingati HUT ke-78 RI dan edukasi Cinta Bangga Paham (CBP) Rupiah kepada masyarakat.

Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo, berpesan kepada generasi muda bahwa terdapat tiga cara untuk mengapresiasi rupiah. 

"Nah, cara menghadiahkan dan bersyukur bagaimana? Ono telu! ada tiga cara kita memperingati kecintaan kita kepada rupiah alat pembayaran," kata Perry di Istora GBK Senayan, Jakarta, Jumat (18/8/2023).

Jangan Mata Duitan

Cara mengapresiasi pertama, yaitu ketika melihat uang jangan "Mata ijo" alias "mata duitan". Melainkan, harus memunculkan rasa cinta terhadap makna rupiah sebagai alat pembayaran.

"Kalau liat uang jangan matanya ijo. Kalau liat uang ini timbulkan rasa di hati I love this country, I love you. Caranya liat wajah-wajah beliau (gambar proklamator di uang). Jadi, kalau liat ini jangan matanya ijo, boleh matanya ijo setelah itu tapi rasakan coba proklamator kita Bung Karno (perjuangannya)," ujarnya.

Selain itu, dalam rupiah tidak hanya ada gambar pahlawan, melainkan juga terdapat gambar lambang negara Garuda Pancasila, gambar kepulauan Indonesia, bunga Sedap Malam dan beberapa motif khas Indonesia, dan lainnya yang patut untuk dipahami maknanya.

"Apalagi gambarnya ada tarian, NKRI, dipelajari supaya ini tidak sembarang kertas, ini alat pembayaran dan harus kita cintai kepada NKRI, ini adalah wujud cinta kita kepada rupiah," ujar Gubernur Bank Indonesia tersebut.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bangga pada Rupiah

Kedua, harus memunculkan rasa bangga terhadap rupiah. Perry menyebut, rupiah merupakan mata uang "The Best in The World" alias terbaik di dunia.

"Rupiah the best yang terbaik di seluruh dunia. Ini bangga karena memang juga aman," imbuhnya.

Cara mengapresiasi rupiah yang ketiga, yaitu memahami rupiah. Menurutnya, sebagai generasi muda boleh menerapkan "You Only Live Once (YOLO) yang artinya kamu hanya hidup sekali. Namun, jangan lupa untuk mengelola uang dengan baik untuk bekal masa depan.

"Hei anak-anak, hei para milenial pahami rupiah. Caranya gimana? kalian boleh YOLO, tapi harus punya cita-cita seperti para pejuang kita. Kalau kalian dapat uang saku sisihkan untuk ditabung. Dan belanja yang sesuai kepantasan," pungkasnya. 

3 dari 4 halaman

Cara Baru Transaksi QRIS, Bisa Transfer hingga Tarik Tunai

Bank Indonesia (BI) meluncurkan fitur baru QRIS untuk transaksi tarik tunai, transfer, dan setor tunai atau QRIS Tuntas pada hari ini (17/8). Peluncuran QRIS Tuntas ini juga sebagai kado HUT RI ke-78.

"Bertepatan dengan HUT RI ke 78, Kita hadiahkan QRIS Tuntas untuk tarik tunai, transfer, dan juga setor," ucap Gubernur BI Perry Warjiyo dalam acara peluncuran QRIS Tuntas di Kantor BI, Jakarta Pusat, Kamis (17/8/2023).Melalui QRIS Tuntas, pengguna bisa melakukan Transfer, Tarik Tunai dan Setor Tunai cukup melalui QRIS. Hebatnya, transaksi ini tidak harus dilakukan pada mesin ATM, namun juga bisa melalui agen QRIS seluruh Indonesia.

"Hal ini yang membedakan dengan fitur QRIS sebelumnya yang bertujuan hanya untuk melakukan pembayaran," ujar Perry.

Layanan QRIS Tuntas ditargetkan berlaku efektif secepat-cepatnya pada 1 September 2023 dan selambat-lambatnya 30 November 2023. Hal ini bergantung pada kesiapan masing-masing Penyedia Jasa Pembayaran (PJP) Bank dan Lembaga Selain Bank yang dapat memfasilitasi sumber dana baik simpanan bank maupun uang elektronik

"Hal ini yang membedakan dengan fitur QRIS sebelumnya yang bertujuan hanya untuk melakukan pembayaran," ujar Perry.

Lantas bagaimana cara penggunaan QRIS Tuntas?

1. QRIS Transfer

Penggunaan fitur QRIS Transfer tergolong mudah. Pertama, pengguna cukup melakukan scan kode QRIS yang sudah di-generate oleh pihak penerima dana terlebih dahulu.

Lalu pilih sumber dana, pastikan jumlah dana yang akan di transfer sudah sesuai dan masukan pin. Setelah itu akan menerima notifikasi bahwa transaksi telah berhasil.

 

4 dari 4 halaman

2. QRIS Tarik Tunai

Melalui QRIS Tuntas, Bank Indonesia menyediakan fitur ditarik tunai. Pengguna dapat melakukan transaksi penarikan dana dengan cara memindai kode QRIS di mesin ATM atau merchant QRIS yang bertindak sebagai agen atau mitra untuk tarik tunai. Caranya, pengguna perlu mendatangi mesin ATM atau merchant QRIS yang menjadi agen dan menginformasikan besaran nominal yang akan ditarik.

Kemudian, scan QR code yang ditampilkan oleh mesin ATM atau merchant QRIS. Lalu, pilih sumber dana, dan pastikan jumlah dana sesuai dengan yang akan ditarik tunai dan masukan pin, maka saldo akan berpindah ke akun merchant. Setelah berhasil, merchant akan menyerahkan uang tunai.

3. QRIS Setor Tunai

Fitur ketiga yang dikembangkan BI , yakni QRIS setor tunai yang memungkinkan pengguna melakukan transaksi setor tunai menggunakan kode QRIS. Pertama, pengguna cukup mendatangi mesin ATM atau merchant QRIS yang bisa menerima setor tunai.

Kemudian menginformasikan nominal yang akan disetor. Dilanjutkan dengan memasukan uang kedalam mesin ATM atau serahkan uang tunai pada agen.

Selanjutnya silahkan pindai QR code yang ditampilkan oleh mesin ATM atau agen. Setelah itu akan menerima notifikasi bahwa transaksi telah berhasil. Fitur ini sangat bermanfaat bagi pengguna yang ingin menyetorkan uang tunai ke bank (atau ke akun UE PJP non-bank), namun terkendala jarak mesin ATM yang jauh atau jam operasional bank yang terbatas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini