Sukses

Hadir Sidang Tahunan, Erick Thohir Tak Pakai Baju Adat

Menteri BUMN Erick Thohir terpantau menghadiri Sidang Tahunan MPR-DPR RI, Rabu, 16 Agustus 2023. Di sana, dia tak menggunakan baju adat

Liputan6.com, Jakarta Menteri BUMN Erick Thohir terpantau menghadiri Sidang Tahunan MPR-DPR RI, Rabu, 16 Agustus 2023. Erick Thohir terpantau telah masuk di ruang sidang di Gedung Nusantara III, Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta.

Tanpa menggunakan baju adat dan hanya mengenakan setelan jas, Erick Thohir tertangkap kamera tengah melakukan foto bersama dengan sejumlah anggota DPR RI. Mengutip informasi di YouTube DPR RI, Erick berfoto bersama Anggota DPR RI Fraksi Gerindra.

Terlihat, ada 6 orang yang berfoto bersama dengan Erick. Sebelum memulai foto, Erick terlihat tertawa lepas sambil berbincang dengan sejumlah anggota dewan.

Berbeda dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi), Ketua Umum PSSI ini tidak terlihat mengenakan baju adat. Namun, Erick mengenakan baju formal dengan setelan jas berwarna hitam yang membalut kemeja putih dan dasi berwarna merah.

Baju Adat Jokowi

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah tiba di Gedung MPR-DPR guna menghadiri Sidang Tahunan. Seperti biasanya, dia mengenakan baju adat khas nusantara.

Kali ini Jokowi terlihat mengenakan kemeja putih dengan balutan kain tenun khas nusantara. Kemudian, ditambah juga dengan sentuhan ornamen bulu di bagian kepalanya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Didampingi Ibu Negara

Jokowi datang didampingi oleh Iriana Joko Widodo. Ibu Negara juga terlihat serasi dengan mengenakan setelan dengan nuansa warna krem.

Kepala Negara tiba di Gedung MPR-DPR RI sekira pukul 08.35 WIB. Sedikitnya ada mobil dalam rombongan Presiden Joko Widodo.

Sebelum Jokowi, ada Wakil Presiden Ma'ruf Amin yang tiba sekira 08.26 WIB. Ma'ruf Amin juga datang didampingi sang istri. Kali ini, Wapres mengenakan baju adat Demang khas Betawi.

Disela-sela Presiden dan Wapres, ada Menteri Pertahanan Prabowo Subianto bersama Wakil Ketua DPR RI Muhaimin Iskandar yang datang bersamaan.

 

3 dari 4 halaman

Sampaikan Pidato Kenegaraan

Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan menyampaikan dua pidato kenegaraan di Gedung Nusantara MPR/DPR/DPD-RI Senayan Jakarta Pusat, Rabu (16/8/2023).

Pidato kenegaraan ini rutin dibacakan Presiden menjelang Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI.

Berdasarkan informasi yang dikutip dari akun Instagram resmi Sekretariat Kabinet, Jokowi akan menyampaikan Pidato Presiden RI pada Sidang Tahunan MPR RI dan Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI dalam rangka HUT ke-78 Kemerdekaan RI. Pidato ini akan disampaikan Jokowi pada pukul 09.00 WIB.

Selanjutnya, Jokowi akan membacakan Pidato Presiden RI pada Penyampaian Keterangan Pemerintah atas Rancangan Undang-Undang tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Tahun 2024 beserta Nota Keuangannya di Depan Rapat Paripurna DPR RI. Rencananya, pidato ini akan disampaikan Jokowi pada pukul 13.00 WIB.

"Jangan lupa saksikan pidato Presiden RI Tahun 2023, 16 Agustus 2023," dikutip dari akun Instagram Sekretariat Kabinet, Rabu (16/8/2023).

 

4 dari 4 halaman

Siaran Langsung

Masyarakat dapat menyaksikan pidato Jokowi tersebut secara virtual di TV nasional maupun live streaming Youtube Sekretariat Presiden. Masyarakat pun diajak mengawal pidato Presiden Jokowi.

Saat Pidato Sidang Tahunan MPR RI, Jokowi biasanya mengenakan baju adat dari salah satu daerah di Indonesia. Pada tahun 2022, Jokowi mengenakan pakaian adat dari Bangka Belitung bewarna hijau lengkap dengan hiasan penutup kepala bewarna kuning emas.

"Tebak-tebakan yuk, kira-kira (tahun ini) Presiden Jokowi pakai baju adat dari daerah mana, ya," sebagaimana ditulis di akun Sekretariat Kabinet.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.