Sukses

Jose Mourinho Tolak Tawaran 2 Klub Arab Saudi, Intip Penghasilannya di AS Roma

Pelatih AS Roma Jose Mourinho mengaku telah menolak tawaran fantastis dari klub Arab Saudi. Lalu berapa gaji yang dia terima di AS Roma hingga memilih bertahan di klub Italia tersebut?

Liputan6.com, Jakarta - Pelatih AS Roma Jose Mourinho mengungkapkan kalau dirinya telah menolak dua tawaran besar dari Arab Saudi. Ia pun tetap memilih bertahan di AS Roma.

Jose Mourinho mengambil alih klub Italia pada awal musim 2021/2022, membawa kepada kejayaan liga Europa Conference di musim pertamanya sebagai pelatih. Ia membawa Italia ke ambang kejayaan Eropa pada musim keduanya, kalah adu penalty dari Sevilla di final Liga Europa,demikian dikutip dari Mirror, ditulis Kamis (8/8/2023).

Namun, kekalahan itu memicu ledakan kemarahan luar biasa dari pelatih yang dijuluki Special One mengarahkan kemarahannya pada wasit Anthony Taylor. Di tengah adegan yang tidak menyenangkan Jose Mourinho didakwa oleh UEFA setelah mendekati petugas di tempat parkir dan memakai bahasa kasar.

Hal itu mengakibatkan larangan empat pertandingan oleh UEFA dan selanjutnya menimbulkan keraguan atas masa depannya di AS Roma.

Memang Mourinho disebut-sebut akan pindah ke PSG setelah pemecatan Christophe Galtier, tetapi juara ligue 1 itu akhirnya memilih Luis Enrique.

Saat ini, Mourinho (60) klaim ada juga minat dari liga Saudi. “Saya telah menerima dua proposal: Al Hilal dan Al Ahli menginginkan saya. Saya memutuskan untuk menolak keduanya, karena saya ingin tetap di AS Roma,” ujar dia kepada Corriere dello Sport.

Mengutip Daily Mail pada Juni 2023, Mourinho pernah ditawarkan gaji 26 juta pound sterling per tahun dari klub Arab Saudi Al-Hilal.

Terlepas dari keterbatasan keuangannya, Mourinho juga siratkan menikmati tantangan. "Tidak semuanya berjalan dengan baik, tetapi saya juga menikmati kesulitannya,” ujar dia.

“Saya marah selama satu jam dan segera setelahnya bahwa saya kembali positif. Saya tidak depresi, saya tidak mengancam, tidak mengatakan mereka menjanjikan saya langit dan bumi,” ujar dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Gaji Jose Mourinho

Selain itu, faktor besar dalam keputusannya akan berpusat pada penyerang kunci Dybala. Pemain itu juga banyak dikaitkan dengan kepindahan dalam transfer, bahkan Thiago Silva secara terbuka akui telah mencoba membujuk pemain berusia 29 tahun itu untuk bergabung dengan Chelsea.

Spekulasi meningkat saat Dybala melakukan perjalanan ke London dan terlihat di Grand Prix F1 di Silverstone,tetapi pemain itu segera meredam rumor itu.

“Saya termotivasi untuk pramusim, yang akan dimulai. Masa depan saya? Saya senang di Roma,saya tinggal di sini,” ujar dia.

Mourinho menambahkan, klausul pelepasan Paulo Dybala telah berakhir pada 1 Agustus. “Jadi saya akhirnya bisa tidur nyenyak dan lebih santai,” tutur dia.

Seiring Jose Mourinho yang melepas tawaran klub dari Arab Saudi tersebut, berapa gaji Jose Mourinho?

Mengutip laporan Daily Mail pada 29 Juni 2023, Mourinho sudah dibayar mahal di AS. Ia terima lebih dari 8,1 juta pound sterling atau sekitar Rp 156,70 miliar (asumsi kurs pound sterling 19.345 per rupiah) per tahun.

3 dari 3 halaman

Kekayaan Jose Mourinho

Selain Mourinho, ada tujuh pelatih di dunia yang catat penghasilan tertinggi. Tertinggi dipegang oleh Diego Simeone, pelatih dari Atletico Madrid yang catat penghasilan tahunan 29,84 juta pound sterling. Kemudian disusul Pep Guardiola, pelatih dari Manchester City sebesar 19,72 juta pound sterling, dan Jurgen Klopp, pelatih dari Liverpool dengan penghasilan 15,71 juta pound sterling.

Selanjutnya Max Allegri, pelatih Juventus yang hasilkan 11,28 juta pound sterling. Lalu Thomas Tuchel, pelatih dari Bayern Munich yang hasilkan 10,54 juta pound sterling. Disusul Carlo Ancelotti, pelatih Real Madrid dengan penghasilan 9,59 juta pound sterling, dan SimoneInzaghi dengan penghasilan 8,75 juta pound sterling.

Adapun di seri A, Jose Mourinho telah membawa AS Roma ke urutan enam berturut-turut.  Ia masih memiliki sisa satu tahun dalam kontraknya dan media Italia, Football Italia telah melaporkan The Special One sedang negosiasikan kontrak baru dengan I Giallorossi.

Lalu bagaimana dengan kekayaan Jose Mourinho?

Mengutip sportbrief.com,  diprediksi Jose Mourinho mencatat kekayaan USD 120 juta pada 2021. Express UK prediksi kekayaan bersihnya menjadi USD 128 juta pada Februari 2023. Adapun kekayaan tersebut berasal karier pelatihnya dan endorsements.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini