Sukses

Gubernur BI Minta Sandiaga Uno dan Teten Masduki Segera Transfer Uang ke Istri: Jangan Nunggu Nanti

Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo meminta nominal yang ditransfer tadi bukan dalam jumlah yang sedikit. Alasannya, ada banyak pelaku UMKM yang membutuhkan produknya untuk dibeli.

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo meminta para pejabat untuk mengalokasikan dana untuk membeli produk lokal. Ia pun meminta para pejabat untuk memborong produk-produk yang dipajang dalam gelaran Karya Kreatif Indonesia (KKI) 2023.

Ada momen unik ketika Perry Warjiyo meminta hal itu. Dia membuka dengan meminta para ibu-ibu pejabat untuk membuka ponselnya masing-masing lalu membuka aplikasi mobile banking. Permintaan itu tak lain untuk merayu para pejabat dan hadirin untuk menstransfer sejumlah uang.

"Ibu-ibu, ayo, buka HP nya, langsung ke online banking, para suami-suami langsung buka, ada face recognition, buka-buka, langsung transfer, cari penerimanya, spouse (istri) tercinta, jangan nunggu nanti, nanti ada setan, sekarang juga," kata dia dalam Seremoni Peluncuran KKI 2023, di Jakarta, Kamis (27/7/2023).

Permintaan Perry itu pun lantas disambut gelak tawa meriah dari orang-orang yang datang.

Perry meminta nominal yang ditransfer tadi bukan dalam jumlah yang sedikit. Alasannya, ada banyak pelaku UMKM yang membutuhkan produknya untuk dibeli.

"Sekarang juga langsung transfer jangan kecil-kecil, ini untuk UMKM loh, 50 juta ibu-ibu yang mendidik anaknya untuk memimpin bangsa ini ke depan," ungkapnya.

Tak cuma jajaran pejabat seperti Menparekraf Sandiaga Uno dan Menkop UKM Teten Masduki yang disinggung Perry, sejumlah direksi perusahaan perbankan juga ikut dicolek Perry.

Dia juga meminta jika ada tawar-menawar harga, jangan meminta untuk harga yang lebih rendah. Tapi, kalau bisa tawar dengan harga yang lebih tinggi dari sebelumnya.

"Nah para ibu-ibu setelah dapat transferan, kalau pemimpin yang kaya-kaya ini, direksi perbankan ada ADK OJK, semuanya ya sudah, duitnya udah banyak. Tapi yang banyak yang lain jangan nawar ke bawah, nawar ke atas mari sukseskan KKI 2023," pungkasnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Resmi Dibuka

Karya Kreatif Indonesia (KKI) 2023 resmi kembali digelar sebagai bentuk promosi bagi produk-produk UMKM. Produk dari ribuan UMKM dipamerkan secara fisik maupun online.

Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo menyebut ada beragam produk yang dipamerkan kali ini. Mulai dari wastra atau kain, kriya atau kerajinan, kopi, hingga makanan dan minuman asli dari daerah-daerah di Indonesia.

"Tahun ini Karya Kreatif Indonesia 2023 dengan (tema) Badarau Nusantara akan menampilkan 1.000 UMKM yang telah berhasil naik kelas," ujar Perry dalam seremoni pembukaan KKI, di Jakarta, Kamis 27/7/2023).

 

3 dari 3 halaman

Binaan Bank Indonesia dan 6 K/L

Perry mengatakan seluruh UMKM ini adalah mitra dari Bank Indonesia dan 6 Kementerian dan Lembaga lain. Diantaranya, Kementerian Perindustrian, Kementerian Perdagangan, Kementerian BUMN, Kementerian Koperasi dan UKM, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, serta Dekranas.

"Pameran secara fisik diikuti 300 UMKM sedangkan pameran online juga tetap dilakukan dalam website KKI sekitar 800 UMKM dan KKI ini juga terdapat kegiatan pesona kopi Nusantara menampilkan 45 UMKM kopi binaan Indinesia," kata dia.

Perry mengatakan acara ini akan jadi ajang utama untuk membuka peluang bagi UMKM naik kelas. Mulai dari digitalisasi, temu bisnis, hingga peluang dengan eksportir dan importir

"Tahun ini kita adakan 280 UMKM dengan 21 lembaga keuangan, 89 business matching ekspor dengan 5 agregator secara nasional," ungkapnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini