Sukses

The Fed Cabut Ramalan Resesi, Ekonomi AS Selamat

Jerome Powell mengatakan, The Fed masih memiliki kesempatan untuk terus menurunkan inflasi kembali ke target.

Liputan6.com, Jakarta Ketua Federal Reserve, Jerome Powell mengungkapkan bahwa staf bank sentral tidak lagi memperkirakan akan terjadi resesi Amerika Serikat.

"Jadi staf sekarang mengalami perlambatan pertumbuhan yang terlihat mulai akhir tahun ini dalam perkiraan, tetapi mengingat ketahanan ekonomi baru-baru ini, mereka tidak lagi memperkirakan resesi," ungkap Powell dalam sebuah konferensi pers, dikutip dari Channel News Asia, Kamis (27/7/2023).

Powell mengatakan, The Fed masih memiliki kesempatan untuk terus menurunkan inflasi kembali ke target. Namun dia mengakui, masih banyak yang harus dilakukan untuk mencapai soft landing. 

Pada November 2022 lalu, staf The Fed mengatakan bahwa resesi "hampir mungkin" terjadi, sebagai prospek dasar mereka pada saat pertumbuhan di bawah tren, menurut risalah pertemuannya saat itu. 

Kemudian pada Maret 2023, The Fed memprediksi AS akan mengalami resesi ringan di akhir tahun menyusul krisis di sektor perbankan yang dipicu oleh kolapsnya Silicon Valley Bank.

Pergeseran oleh staf ke hasil dasar yang kurang pesimis untuk ekonomi sejalan dengan peningkatan prospek oleh sejumlah ekonom sektor swasta, dalam beberapa pekan terakhir yang telah melakukan hal yang sama dalam mengakui ketahanan ekonomi dalam menghadapi kenaikan suku bunga Fed sebesar 5,25 poin persentase sejak Maret 2022.

Pembuat kebijakan The Fed sendiri sedikit meningkatkan penilaian aktivitas mereka di samping keputusan kenaikan suku bunga pada hari Rabu. Mereka menggambarkan aktivitas baru-baru ini sebagai indikasi tingkat pertumbuhan "moderat", sedangkan dalam pernyataan kebijakan sejak September lalu mereka menyebut pertumbuhan aktivitas sebagai "sederhana".

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

The Fed Kerek Suku Bunga, Jerome Powell: September Akan Naik Lagi

Federal Reserve atau The Fed kembali menaikkan suku bunga ke level tertinggi. Kenaikan suku bunga The Fed kali ini menandai laju tertinggi dalam 22 tahun, ketika negara ekonomi terbesar dunia berupaya menstabilkan inflasi.

Melansir BBC, Kamis (27/7/2023) The Fed menaikkan suku bunga sebesar 25 basis point, mendorongnya ke kisaran 5,25 persen hingga 5,5 persen.

Ini menandai kenaikan suku bunga kesebelas sejak awal 2022. The Fed pun mensinyalkan kenaikan selanjutnya.

"Kami akan melakukan pertemuan demi pertemuan," kata ketua The Fed, Jerome Powell pada konferensi pers setelah kenaikan tersebut.

"Sangat mungkin bahwa kami akan menaikkan suku bunga lagi pada pertemuan September jika datanya benar. Dan saya juga akan mengatakan bahwa mungkin saja kita akan memilih untuk tetap stabil," ungkap Powell.

Keputusan suku bunga The Fed datang menjelang pertemuan bank sentral di Eropa dan Jepang.

Di Inggris, di mana inflasi mencapai 7,9 persen, Bank of England secara luas diperkirakan akan menaikkan suku bunga utamanya pada pertemuan berikutnya pada 3 Agustus mendatang dari 5 persen saat ini.

Naikkan Suku Bunga Demi Tahan Inflasi

Di AS, beberapa analis mengatakan The Fed telah melakukan langkah yang cukup kuat untuk menahan laju inflasi.

Inflasi AS tercatat 3 persen pada bulan Juni. Angka tersebut turun dari puncak lebih dari 9 persen tahun lalu, ketika harga naik dengan laju tercepat dalam empat dekade.

"Kami pikir mereka berada pada titik di mana suku bunga dana The Fed cukup ketat untuk memperlambat ekonomi, memperlambat aktivitas, dan membiarkan inflasi cenderung lebih rendah," kata Kathy Bostjancic, kepala ekonom di perusahaan asuransi, Nationwide Mutual.

3 dari 3 halaman

The Fed Belum Pede Turunkan Suku Bunga Hingga Inflasi Capai Target

Sementara itu, ekonomi AS telah bertahan lebih baik dari yang diperkirakan banyak orang sejauh ini - terutama di pasar tenaga kerja, di mana pekerjaan terus bertambah dengan kecepatan yang kuat dan upah meningkat.

Powell mengakui pasar kerja akan melemah lebih lanjut dan pertumbuhan lebih lambat sebelum The Fed yakin pekerjaannya selesai.

"Bukannya kita bertujuan untuk meningkatkan pengangguran tetapi kita harus jujur tentang catatan sejarah," ujarnya.

Sementara mengakui kemajuan, dia juga mencatat bahwa inflasi inti AS, yang tidak termasuk harga pangan dan energi lebih dari dua kali lipat target inflasi Fed sebesar 2 persen.

Andrew Patterson, ekonom senior di Vanguard, mengatakan The Fed khawatir tentang mengumumkan kemenangan sebelum waktunya, mengingat kesalahan yang dibuat pada 1960-an dan 1970-an, ketika para pemimpin bank menerima tanda-tanda bahwa inflasi mereda hanya untuk melihat masalah berkobar lagi.

"Mereka memiliki laporan inflasi yang positif bulan lalu tapi ... mereka ingin melihat lebih banyak lagi sebelum mereka merasa nyaman," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.