Sukses

Arsjad Rasjid: ASEAN-BAC Apresiasi Perusahaan ASEAN Genjot Ekspor dan Investasi di Kawasan

Ketua ASEAN-Business Advisory Council (ASEAN-BAC) Arsjad Rasjid menguatkan komitmennya untuk meningkatkan fasilitasi perdagangan dan investasi di seluruh kawasan ASEAN.

 

Liputan6.com, Jakarta Ketua ASEAN-Business Advisory Council (ASEAN-BAC) Arsjad Rasjid menguatkan komitmennya untuk meningkatkan fasilitasi perdagangan dan investasi di seluruh kawasan ASEAN. Sebagai pendorong penting pertumbuhan ekonomi dan integrasi regional, ASEAN-BAC bertujuan untuk mengembangkan lingkungan yang ramah bisnis, menarik investasi, dan memfasilitasi perdagangan lintas batas.

Data dari ASEAN pada tahun 2020, sekitar 23% perdagangan dan 15% investasi dihasilkan di dalam kawasan. ASEAN bertujuan untuk meningkatkan angka ini dengan lebih meningkatkan integrasi ekonomi dan kerja sama di antara negara-negara anggotanya. Dalam hal investasi, ASEAN menerima total foreign direct investment (FDI) sebesar 137 miliar dollar AS pada tahun 2020. Hal ini menunjukkan daya tarik kawasan ASEAN untuk peluang investasi.

Fasilitasi perdagangan dan investasi merupakan salah satu isu prioritas ASEAN-BAC. Dengan mempromosikan kolaborasi yang lebih erat antara pemerintah, bisnis, dan pemangku kepentingan lainnya, ASEAN-BAC berupaya menghilangkan hambatan, merampingkan proses, dan memanfaatkan teknologi untuk menciptakan ekosistem yang kondusif bagi pembangunan ekonomi berkelanjutan.

"Seiring dengan bergeraknya ASEAN dalam lanskap ekonomi global, penting untuk meningkatkan fasilitasi perdagangan dan investasi untuk memperkuat daya saing dan ketahanan kita. ASEAN-BAC berkomitmen untuk mendorong kelancaran arus barang, jasa, dan investasi, yang akan memacu pertumbuhan ekonomi, penciptaan lapangan kerja, dan meningkatkan mata pencaharian masyarakat di kawasan kita.” jelas Arsjad.

Pilar Penghargaan untuk Fasilitasi Perdagangan dan Investasi melalui ASEAN Business Awards 2023

ASEAN Business Awards (ABA) 2023, sebuah acara penghargaan bergengsi yang diselenggarakan oleh ASEAN-BAC, memberikan apresiasi yang besar pada Fasilitasi Perdagangan dan Investasi sebagai salah satu pilar penghargaan.

Di bawah pilar ini, ABA 2023 menghargai pencapaian luar biasa dalam dua kategori: Export Growth dan Innovative Investment, yang berkontribusi signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi dan integrasi negara-negara anggota ASEAN.

“ASEAN Business Awards 2023 bertujuan sebagai wadah untuk mengapresiasi dan merayakan bisnis yang unggul di bidang ini, menginspirasi orang lain untuk berpartisipasi aktif dalam kegiatan perdagangan dan investasi regional. Melalui upaya ini, kami bertekad untuk menjadikan ASEAN yang makmur berdiri di garis depan perdagangan dan investasi global” tegas Arsjad.

Perusahaan berskala besar hingga UMKM dapat mendaftarkan diri untuk mengikuti penghargaan ini melalui aseanbacindonesia.id/event/aba-2023.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kategori Penghargaan Export Growth dan Innovative Investment

Kategori Export Growth mengapresiasi bisnis yang telah menunjukkan kinerja luar biasa dalam memperluas kegiatan ekspor mereka di kawasan ASEAN.

Bisnis-bisnis ini telah berhasil memanfaatkan peluang pasar yang luas di ASEAN, memanfaatkan kekuatan mereka untuk mendorong pertumbuhan ekspor, menciptakan lapangan kerja, dan berkontribusi pada pembangunan ekonomi kawasan.

Dengan menampilkan kisah sukses dan praktik terbaik, ABA bertujuan untuk menginspirasi dan mendorong lebih banyak bisnis untuk mengeksplorasi dan memperluas kegiatan ekspor mereka di ASEAN.

Selain itu, kategori Investasi Innovative Investment memberikan penghargaan pada bisnis yang telah melakukan kreativitas luar biasa dalam strategi investasi atau model pembiayaannya.

Kategori ini berfokus pada investasi yang memiliki dampak transformatif pada industri, berkontribusi pada kemajuan teknologi, mendorong pembangunan berkelanjutan, dan menciptakan lapangan kerja. Dengan menyoroti upaya investasi inovatif ini, ABA bertujuan untuk mendorong investasi lebih lanjut di ASEAN dan mendorong kemajuan ekonomi kawasan.

 

3 dari 3 halaman

Perdagangan dan Investasi di Kawasan ASEAN

Perusahaan-perusahaan seperti PT Astra International Tbk., Indika Energy, Sinar Mas, Grup Bakrie, East Ventures, dan Grup Mayora juga menggemakan komitmen mereka untuk mempromosikan fasilitasi perdagangan dan investasi di kawasan ASEAN. 

“Kami melihat peluang serta potensi yang besar dalam meningkatkan fasilitas perdagangan dan investasi di ASEAN. Hal ini selaras dengan keahlian dan sumber daya Indika Energy yang berkomitmen mendukung pembangunan ekonomi berkelanjutan, serta memperkuat kerja sama dengan negara anggota ASEAN," tutur Azis Armand, Wakil Presiden Direktur dan Group CEO Indika Energy.

"Sinar Mas terus memberikan dukungan kepada inisiatif-inisiatif yang mendorong lingkungan yang ramah bisnis, menghapus hambatan, dan memperkuat integrasi ekonomi di kawasan ASEAN. ABA 2023 merupakan kesempatan besar untuk mengapresiasi perusahaan, industri, maupun individual yang telah memberikan nilai tambah kepada lingkungannya sehingga dapat dicontoh oleh industri-industri lain," ujar Franky Oesman Widjaja, Chairman dan CEO Sinar Mas Agribusiness & Food yang juga merupakan Expert Judge ABA 2023 untuk kategori Ketahanan Pangan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini