Sukses

Lagu Seven Jungkook Masuk Puncak Billboard Hot 100, Intip Perjalanan Karier Anggota Termuda BTS Ini

Lagu Seven yang dibawakan Jungkook berhasil berada di posisi pertama pada tanggu lagu Billboard HOT 100. Berikut perjalanan karier dan fakta menarik lainnya terkait anggota termuda BTS ini.

Liputan6.com, Jakarta - Jungkook BTS memulai karier solo dengan merilis single debut melalui “Seven”. Lagu Seven itu menyita perhatian hingga membuat rekor bahkan sebelum resmi di tangga lagu. 

Pada laporan Forbes menyebutkan kalau proyeksi awal dan kinerja yang mengesankan di berbagai platform menunjukkan lagu Seven berada di jalur untuk menjadi hit besar di banyak negara. Hal itu sepertinya tampak terbukti. Demikian mengutip Forbes dalam laporan 20 Juli 2023.

Pada 24 Juli waktu setempat, Billboard merilis 10 besar tangga lagu hot 100 terbaru, peringkat mingguan dari lagu-lagu terpopuler di Amerika Serikat.  Untuk tangga lagu Billboard Hot 100, lagu “Seven” yang dinyanyikan oleh Jungkook memulai debut di posisi pertama, dan menjadikan prestasi itu pertama kali sebagai solois.

Melalui rekor yang mengesankan itu, Jungkook bergabung dengan Jimin, sebagai satu-satunya artis Korea Selatan yang mendapatkan posisi pertama sebagai penyanyi solo setelah Jimin dengan lagu Like Crazy.

Pada minggu pertama peluncurannya dari 14-20 Juli, lagu Seven menjual total lebih dari 153.000  melalui unduhan lagu dan CD single, selain mengumpulkan 21,9 juta streaming. Selain itu, MV Seven Jungkook BTS telah ditonton sebanyak 6,3 juta kali. Di luar HOT 100, Seven juga memulai debut di nomor 1 pada peringkat Global 200 Billboard dan the Global di luar peringkat Amerika Serikat.

Bagi Jungkook, kesuksesan Seven menandai momen bersejarah. Hal itu yang akan membedakan Jungkook tidak hanya dari rekan satu grupnya BTS tetapi juga artis lain dari negara asalnya.

Lagu Seven unggul dalam format yang tidak mendominasi sebagian besar artis Korea Selatan di luar negara itu menjadikannya sesuatu yang istimewa.

Lagu Seven akan mencapai penjualan yang luar biasa di seluruh dunia dan tentu saja di Amerika Serikat, berpotensi menjadi salah satu penjualan terbesar pada 2023.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 9 halaman

Cetak Rekor

Hal itu diharapkan karena anggota BTS secara teratur menjual dengan sangat baik ketika memiliki sesuatu untuk dibagikan. Namun, penampilan luar biasa dari lagu tersebut tidak berakhir di situ. Lagu tersebut telah menjadi fenomena streaming mengumpulkan 16 juta streaming yang mengejutkan secara global di Spotify saja dalam hari pertama peluncurannya.

Prestasi ini mencetak rekor baru di platform untuk artis pria serta kolaborasi apapun. Jungkook kolaborasi dengan rapper Latto pada 2023.

Jungkook juga membuat sejarah dengan memulai debut di peringkat pertama chart harian global.

Sebelum rilis Seven, Jungkook sudah membuat namanya di tangga lagu HOT 100 dua kali. Pada awal 2022, ia pertama kali berhasil dengan lagu Stay Alive yang ditulis dan direkam untuk webtoon.

Ia pun kembali ke HOT 100 bersama penyanyi pop Charlie Puth dengan kolaborasi Left and Right yang mengesankan naik ke peringkat 22. Kolaborasi itu masuk peringkat tertinggi di antara solois K-pop dan tetap menjadi salah satu dari kesuksesan 40 teratas yang diraih oleh artis Korea Selatan.

3 dari 9 halaman

Perjalanan Karier Jungkook

Lalu bagaimana dengan perjalanan karier dan profil singkat Jungkook BTS? Berikut sejumlah informasi singkat yang dikutip dari berbagai sumber:

Dikutip dari lifestyleasia.com, Jungkook lahir pada 1 September 1997 di Busan, Korea Selatan. Pria bernama asli Jeon Jeong-guk ini menjadi anggota termuda di BTAS dan membuatnya mendapatkan julukan Golden Maknae.

Ia memegang posisi sebagai vokasi utama, sub rapper dan penari utama. Ia sering disebut sebagai Busan Prince atau Pangeran Busan oleh penggemar dan masyarakat di kampung halamannya. Jungkook pindah ke Seoul pada akhir 2010 untuk menjadi trainee dan bersekolah di School of Performing Arts Seoul. Teman sekolahnya termasuk SinB dan Umji dari GFriend.

Pada 2011, Jungkook berpartisipasi pada program audisi populer Mnet, SuperStar K Season 3 tetapi tidak berhasil mencapai final. Meski begitu, ia membawakan lagu 2AM “This Song” berhasil menarik perhatian label musik besar di Korea Selatan termasuk Big Hit Entertainment.

Selain menjadi bintang tamu di episode 2017, Mnet’s New Yang Nam Show, penyanyi BTS itu berbagi setelah audisinya, ia menerima telepon dari sekitar tujuh agensi berbeda.

 

4 dari 9 halaman

Memilih Big Hit Entertainment

Sementara JYP Entertainment, FNC Entertainment, TS Entertainment dan banyak perusahaan hiburan lainnya ingin mengontrak Jungkook tapi dia memilih Big Hit Entertainment.

Alasannya? Karena cinta dan kekagumannya pada leader BTS Kim Namjoon alias RM yang saat itu seorang rapper dengan nama panggung Runch Randa.

Jungkook telah ungkapkan dalam banyak wawancara ketika dia tinggal di Busan, kalau tidak mengenal banyak musisi. Namun, ia terpikat oleh keterampilan rap RM dan ingin mengetahui perusahaannya.

Ketika dia berpartisipasi dalam SuperstarK, ia bertemu dengan pemilik Big Hit Bang Si-hyuk dan mengetahui RM adalah trainee di sana. Jungkook yang berusia 15 tahun kemudian memutuskan bekerja bersama RM dan memilih bergabung dengan label yang berbasis di Seoul.

Mengutip laman Gramedia, Jungkook memulai debut pada 13 Juni 2013, saat masih berusia 15 tahun, sebagai anggota BTS di Mnet’s M!Hitung mundur ke “No More Dream” dari album single debut 2 Cool 4 Skool.  Adapun Jungkook banyak terinspirasi oleh anggota G-Dragon dari Big Bang.

5 dari 9 halaman

Raja Streaming

Jungkook ternyata dikenal sebagai raja yang membuat rekor baru dengan streaming langsungnya. Penampilan penyanyi BTS 2021 pada aplikasi streaming Korea Selatan Vlive mengumpulkan lebih dari 22 juta penonton hanya dalam waktu 1 jam 18 menit.

Ini tayangan real-time terekam tertinggi untuk streaming langsung individu di platform. Jungkook juga memegang rekor untuk empat tayangan real time teratas untuk streaming langsung individu di Weverse, platform komunitas penggemar yang dikembangkan oleh Weverse Company, anak perusahaan platform HYBE.

Siaran langsung Weverse 2023, sang penyanyi pada 1 Februari memecahkan rekor penayangan paling real time untuk individu di platform dalam sejarah dengan lebih dari 16,3 juta penayangan. Streaming langsungnya pada malam yang sama menempati posisi kedua dengan lebih dari 12,4 juta tampilan.

Sementara streaming langsung Weverse pada 3 Februari 2023 mencatat total 10 juta penayangan, streaming langsung ulang tahunnya pada 2022 memiliki lebih dari 9,5 juta penayangan waktu nyatanya.

6 dari 9 halaman

Artis Korea Selatan yang Pertama Tampil di Piala Dunia FIFA 2022 di Qatar

Selain menjadi bagian dari soundtrack Piala Dunia Dreamers bersama penyanyi Qatar Fahad Al Kubaisi, Jungkook juga membawakan lagu itu pada upacara pembukaan acara olahraga bergengsi itu. Berkat ini, pada Januari 2023, ia menjadi artis Asia pertama yang memiliki penampilan langsung yang melampaui 100 juta penayangan di Youtube.

7 dari 9 halaman

Keahliaan Jungkook

Jungkook suka belajar memainkan instrumen baru dan tidak pernah gagal untuk mengesankan. Ia pandai bermain gitar dan drum. Ia sering memamerkan keahliaannya di berbagai reality show BTS serta konser mereka. Jungkook juga hibur BTS Army, kelompok penggemar setia dengan memainkan gitar selama live streaming.

Bahkan sejak debutnya, Jungkook telah memiliki bakat untuk beatboxing. Ia memadukan suara vokal dengan elemen beatbox untuk membuat ritme yang unik. Ia kadang-kadang melakukan pertunjukan beatbox di tengah beryanyi.

Selain itu, anggota BTS ini juga memiliki sabuk hitam di taekwondo. Ia mulai berlatih seni bela diri Korea Selatan pada usia 12 tahun. Video latihan taekwondo Jungkook tercatat mencapai 2,2 juta penayangan di Youtube.

Anggota BTS termuda ini telah menunjukkan kesetiaannya pada tinju dalam berbagai kesempatan selama beberapa tahun terakhir. Ia juga bergabung dengan peraih medali emas Olimpiade dan bintang Netflix’s Physical: 100 Choo Sung-hoon untuk sesi sparring pada Juni 2023.

Saat wawancara kepada Sung-hoon tentang pengalamannya, seniman beladiri itu memuji keterampilan Jungkook dan mengatakan dia bisa menjadi petinju profesional jika dia lebih fokus pada pelatihannya.

Selain bakat musik, ia juga memiliki keterampilan melukis. Ia tunjukkan saat serial reality TV BTS In The Soop pada 2018, ia juga membuat seni sampul album untuk “Seesaw x I NEED U Remix, bukti keterampilan desain grafisnya.

Karya seni luar biasa lainnya dari Jungkook adalah jam emas indah yang dirancang untuk pameran 24/7=Serendipity exhibition pada 2019.

Ia juga membuat gambar sampul pada 2021 yang dibuat untuk membawakan lagu Falling karya Harry Styles.

8 dari 9 halaman

Punya Studio Produksi

Disebut Golden Closet Film, Jungkook mulai studio produksi video sendirinya pada 2017. Nama tersebut terinspirasi dari kamar asrama lamanya yang menyerupai bilik lemari besar, dan bagian pertama dari nama panggilannya, Golden Maknae.

Karya paling populer yang diproduksi oleh studionya adalah G.C.F, serial bergaya vlog perjalanan, diambil, diedit dan disutradarai oleh Jungkook sendiri.

Kesukaan Jungkook

Ia menyukai video game sehingga pernah ingin menjadi seorang gamer profesional. Ia penggemar berat game multiplayer first-person shooter Overwatch. Ia juga terlihat bermain video game seperti Pyke, Teamfight Tactis, dan StarCraft di beberapa kesempatan.

Untuk semua penganggum yang ingin tahu tentang cinta dalam hidupnya, adalah binatang peliharaannya Jeon Bam. Yang terakhir adalah Doberman dan terungkap melalui wallpaper layar kunci JK selama Vlive pada 31 Agustus 2021. Bam resmi diperkenalkan dalam episode pertama BTS In The Soop musim kedua.

 

 

9 dari 9 halaman

Panggilan dari Fans

Selain Golden Maknae, Jungkook juga memiliki beberapa julukan paling menarik. Fans juga menyebutnya sebagai Golden Boy, JK, Kookie, Jungkookie, Muscle Pig, Bunny, dan bahkan Daddy. Panggilan terakhir itu memiliki tempat khusus di hati penggemarnya.

Selah kampanyenya pada Maret 2023 dengan Calvin Clein sebagai duta global merek itu, tagar “Daddy” menjadi trending topik selama berjam-jam di Twitter.

Bukan hanya itu, jepretan Jungkook dari pemotrean Calvin Clein membuat penggemar membeli barang merek tersebut. Iklan tersebut segera menjadi salah satu kampanye global terbesar 2023 dan penyanyi itu meningkatkan saham perusahaan milik Calvin Clein, PVH Corp secara mengejutkan sebesar 20 persen.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.