Sukses

Daftar Stasiun Keberangkatan LRT Jabodebek, Jangan Salah Naik!

LRT Jabodebek mulai beroperasi terbatas hari ini, Rabu 12 Juli 2023. Pengoperasian terbatas moda transportasi LRT Jabodebek skaligus mengenalkan kepada masyarakat.

Liputan6.com, Jakarta LRT Jabodebek mulai beroperasi terbatas hari ini, Rabu 12 Juli 2023. Pengoperasian terbatas moda transportasi LRT Jabodebek skaligus mengenalkan kepada masyarakat mengenai moda transportasi masal baru wagfa Jakarta dan sekitarnya.

Juru Bicara Kemenhub Adita Irawati menjelaskan uji coba operasional terbatas akan dilakukan secara bertahap, yaitu: tahap pertama mulai 12 Juli 2023 sampai 26 Juli 2023. Pada tahap ini, yang dapat mengikuti uji coba adalah undangan terbatas dari Kementerian/Lembaga, jurnalis/media, dan komunitas.

Selanjutnya, pada tahap kedua mulai 27 Juli 2023 sampai 15 Agustus 2023, masyarakat umum dapat mengikuti uj coba dengan mengisi link pendaftaran yang disediakan oleh pihak operator LRT Jabodebek.

Stasiun Keberangkatan

Adapun uji coba operasional terbatas akan dilaksanakan pada pukul 08.00 s.d 12.30 WIB dengan jumlah 4 perjalanan KA per hari, yang akan melayani 3 lintas, yaitu:

  1. Lintas Cawang-Dukuh Atas,
  2. Lintas Cawang-Harjamukti dan,
  3. Lintas Cawang-Jatimulya

Dalam sehari, ditargetkan jumlah penumpang LRT maksimal 600 penumpang undangan. Para undangan hanya dapat melakukan tap in atau keberangkatan di tiga Stasiun LRT Jabodebek yaitu:

  • Stasiun Harjamukti,
  • Stasiun Jatimulya dan
  • Stasiun Dukuh Atas.

Namun para undangan dapat melakukan tap out di semua stasiun yang dilewati.

Transaksi naik kereta LRT dapat dilakukan dengan menggunakan Kartu Uang Elektronik (KUE) dari berbagai macam bank penyedia jasa layanan uang elektronik.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Uji Coba LRT Jabodebek Mulai 12 Juli 2023! Simak Link, Ketentuan, dan Cara Daftar

Light Rail TRansit Jakarta, Bogor, Depok, dan Bekasi (LRT Jabodebek) akan menjalani uji coba pada Rabu mendatang, pada 12 Juli 2023.

Uji coba LRT Jabodebek ini bisa diikuti oleh para masyarakat hanya dengan biaya hanya Rp 1. Untuk bisa mengikuti uji coba LRT Jabodebek, para calon penumpang harus mendaftar hari ini.

Enam+38:44Investasi: Ketika Uang Menghasilkan Uang "Buat yang sudah tidak sabar mau mencoba LRT Jabodebek Trial Operation Terbatas, nih ada berita bagus buat kalian, Yuk buruan daftar pada tanggal 10 Juli 2023, jangan sampai ketinggalan!," tulis akun Instagram @lrt_jabodebek, dikutip Senin (10/7/2023).

Sebagai informasi, calon penumpang yang hendak mendaftar perlu mengisi link form yang akan diumumkan melalui media sosial resmi LRT Jabodebek.

Maka dari itu, masyarakat harus secara berkala memeriksanya. 

Berikut adalah beberapa syarat dan ketentuan yang perlu diperhatikan calon penumpang yang ingin mengikuti uji coba RT Jabodebek:

  1. Mengisi formulir pendaftaran atau google form yang disediakan oleh Tim LRT Jabodebek dan link pendaftaran dibagikan di seluruh media sosial LRT.
  2. Setelah melakukan pendaftaran para calon penumpang harus menunggu konfirmasi dari Tim LRT Jabodebek mengenai jadwal perjalanannya.
  3. Penumpang wajib menunjukan bukti konfirmasi yang telah diterima melalui SMS/WHATSAPP/EMAIL yang dikirim oleh pihak LRT Jabodebek kepada petugas stasiun.
  4. Penumpang wajib membawa Uang Elektronik/KMT yang masih berlaku.Penumpang dilarang untuk makan dan minum di dalam kereta.
  5. Penumpang harus bersedia mengikuti rute perjalanan yang telah ditentukan oleh pihak LRT Jabodebek.
3 dari 4 halaman

Kuota Dibatasi

Manajer Public Relations KAI Divisi LRT Jabodebek Kuswardojo menjelaskan, dalam tahap uji coba ini, kuota penumpang LRT Jabodebek dibatasi.

"Dalam 1 hari kita menyiapkan 4 perjalanan untuk soft launching. Artinya, akan ada lebih kurang 600 masyarakat yang bisa ikut dalam perjalanan itu," kata Kuswardojo, pada Kamis 6 Juli 2023.

Kuswardojo pun mengajak masyarakat yang berminat agar terus memantau informasi di media sosial LRT Jabodebek. Pihak manajemen bakal menyematkan link pendaftaran di media sosial.

"Link pendaftaran itu nanti bisa diklik, nanti kemudian bisa isi formulir pendaftaran tersebut, dan pastikan mereka mengikuti setelah mendapatkan konfirmasi dari kami. Karena nanti kami akan menyampaikan konfirmasi kepada warga masyarakat yang sudah mendaftar," imbuhnya.

Pesan konfirmasi itu nantinya bisa dikirimkan melalui WhatsApp atau email, berisi jadwal keberangkatan sang penumpang, beserta dari stasiun mana mereka akan berangkat. Pasalnya, untuk masa uji coba ini baru ada 3 pilihan stasiun saja.

4 dari 4 halaman

Sudah Naik Boleh Daftar Lagi

Selain itu, Kuswardojo juga meminta masyarakat yang sudah pernah mencoba menaikiLRT Jabodebek dalam uji coba agar tidak mendaftar lagi untuk kedua kalinya.

"Tentunya pada masa soft launching LRT ini yang pertama memang jelas, kita meminta pada warga masyarakat untuk memaklumi kondisi tersebut. Karena kami yakin akan banyak sekali warga masyarakat yang ingin mengikuti uji coba ini. Jadi makanya, coba untuk kita semua rajin-rajin lihat medsos kita. Pada saat nanti prinsipnya siapa cepat dia akan dapat," tuturnya.  

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini