Sukses

7 Tokoh Ini Ternyata Tak Sengaja Langgar Aturan Protokol Kerajaan Inggris

Berikut tujuh tokoh termasuk selebritas yang terlihat “melanggar” aturan protokol kerajaan Inggris. Ada Roger Federer, Joe Biden hingga Michelle Obama.

Liputan6.com, Jakarta - Bertemu dengan selebritas adalah satu hal, tetapi bertemu dengan anggota keluarga kerajaan adalah hal lain.

Memeluk aktor favorit Anda meski tidak apa-apa dan berpose untuk selfie jika Anda bertemu dengan actor tersebut di jalan. Di sisi lain, menyapa seorang bangsawan dengan begitu banyak harapan akan mendorong masalah keamanan yang meningkat, demikian dikutip dari Insider, Jumat (7/7/2023).

Kadang-kadang, bahkan selebritas begitu terjebak pada saat mereka lupa menyapa bangsawan dengan cara formal yang sudah mapan.

Menyentuh anggota keluarga saat mereka belum melakukan kontak dianggap sebagai pelanggaran protokol kerajaan. Membungkuk dan memberikan curtsy tidak benar-benar diperlukan saat menyapa seorang bangsawan, tetapi situs resmi keluarga kerajaan mengatakan banyak orang ingin hal yang tradisional.

Berikut tujuh tokoh termasuk selebritas yang terlihat “melanggar” aturan protokol kerajaan Inggris seperti dikutip dari Insider:

1.Mantan Juara Wimbledon Roger Federer Tampak Sapa Kate Middleton dengan Letakkan Tangan di Punggungnya

Roger Federer tidak asing dengan Princess of Wales, Kate Middleton. Ia berteman dengan saudara perempuannya Pippa Middleton, selama bertahun-tahun dan hadiri pernikahannya pada 2017. Ia juga memberikan pelajaran tenis kepada putra Kate, Pangeran George.

Namun, saat dia tiba di royal box untuk menonton Elena Rybakina melawan Shelby Rogers,  Roger Federer melewatkan membungkuk dan jabat tangan secara tradisional dengan sapaan yang lebih santai.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

2.Presiden AS Joe Biden Pakai Kaca Mata Hitam pada saat Bertemu Ratu Elizabeth II pada 2021

Ratu Elizabeth II menyambut Presiden AS Joe Biden di Kastil Windsor pada 2021. Biden tetap mengenakan kaca mata hitam selama awal kunjungan, hanya melepasnya di tengah lagu kebangsaan yang diputar selama upacara di kastil.

Situs web keluarga kerajaan tidak secara khusus menyatakan kaca mata hitam tidak boleh dikenakan selama pertemuan dengan Ratu. Kepada Newsweek, seorang mantan pegawai istana mengatakan, kaca mata itu melanggar tradisi.

“Jika Anda bertemu Ratu secara langsung, tidak ada kaca mata  hitam atau semacamnya sama sekali karena kontak mata cukup penting dengan perkenalan apapun,” ujar Grant Harrold, yang menjabat sebagai kepala pelayan kerajaan untuk Pangeran Charles pada saat itu.

Gedung Putih dan Istana Buckingham tidak menanggapi permintaan komentar dari Insider.

Biden mungkin juga telah melanggar aturan kerajaan yang tak terucapkan dengan dengan mengungkapkan apa yang Biden dan Ratu Elizabeth II bicarakan, tetapi dia mungkin telah menyetujuinya untuk menyampaikan poin politik.

3 dari 6 halaman

3.Presiden AS Donald Trump Tampak Beberapa Kali Melanggar Protokol Kerajaan Selama Kunjungan ke Inggris pada 2018-2019

Donald Trump melanggar tradisi dengan memilih jabat tangan dari pada membungkuk ketika dia mengunjungi Ratu Elizabeth di Kastil Windsor pada 2018.

Trump juga berjalan di depan Ratu Elizabeth II dan tampak memotong perjalanannya yang dianggap sebagai pelanggaran protokol kerajaan, menurut The New York Times.

Pada 2019, Ratu Elizabeth II menjamu Donald Trump di jamuan kenegaraan di Istana Buckingham pada kunjungan kedua di Inggris.

Sekitar 14,5 menit setelah siaran langsung USA Today dari acara tersebut, tampaknya Donald Trump dengan ringan menyentuh punggung Ratu Elizabeth II saat dia bangkit dari kursinya yang akan menjadi pelanggaran protokol kerajaan.

Protokol Kerajaan Inggris menyatakan seseorang tidak boleh menyentuh Ratu Elizabeth II kecuali dia menawarkan tangannya terlebih dahulu.

Donald Trump tidak menanggapi permintaan komentar dari Insider mengenai hal itu.

4 dari 6 halaman

4.Allison Janney Panggil Kate Middleton “Sayang” Saat Bertemu di Penghargaan BAFTA pada 2018

Janney memberi tahu pembawa acara “The Late Late Show” James Corden, dia melepas sepatu haknya dan berlari ke Duchess of Cambridge saat bertelanjang kaki.

“Saya baru saja mengatakan kepadanya saya bertelanjang kaki dan saya merasa-mengatakan kepadanya dia harus melepas sepatunya karena dia hamil. Itu adalah momen yang canggung. Seperti yang saya lakukan, saya memanggilnya sayang, dan itu mungkin bukan etiket kerajaan,” kata dia.

Tetap saja, Janney mengatakan, dia cantik dan Kate serta Pangeran William menuturkan kepadanya kalau menyukai filmnya I, Tonya.

5 dari 6 halaman

5.Ed Sheeran Sentuh Lengan Pangeran Charles Saat Itu Alih-Alih Hanya Jabat Tangan pada 2017

Sebuah foto memperlihatkan momen saat Charles memberi Sheeran dengan Member of the Order of the British Empite/MBE) miliknya. Sheeran membalas jabat tangan Charles, tetapi juga meletakkan tangan lainnya di lengan Charles.

Charles pun tampaknya tidak terganggu olehnya. Sheeran memberi tahu The Evening Standard kalau mereka melakukan pertukaran yang menyenangkan.

“Dia bertanya kepada saya apakah saya masih menjual banyak rekaman dan saya mengatakan kepadanya bahwa saya akan mengadakan konser di New York, dan dia cukup terkejut saya terbang setelah ini,” kata dia.

6.LeBron James Merangkul Kate Middleton saat Bertemu pada 2014

LeBron James melanggar aturan utama kerajaan, jangan sentuh mereka.

Sementara itu, Kate tidak membalas isyarat itu, “pelanggaran kecil” seperti ini bisa menjadi angin segar bagi bangsawan,” menurut Pakar Kerajaan Victoria Arbiter.

“Kadang-kadang keluarga kerajaan sangat suka ketika ada masalah karena menambahkan sedikit humor dan memberi mereka sesuatu untuk dinikmati dan dibicarakan,” ujar dia.

 

6 dari 6 halaman

7.Michelle Obama Rangkul Ratu Elizabeth di Istana Buckingham pada 2009

Michelle Obama menulis dalam memoar Becoming, ketika bertemu Ratu Elizabeth II pada 2009, mereka terikat karena keduanya mengenakan sepatu hak tinggi yang tidak nyaman.

“Lupakan bahwa dia terkadang mengenakan mahkota berlian dan saya terbang ke London dengan jet kepresidenan. Kami adalah dua wanita Lelah yang tertindas oleh sepatu kami,” tulis dia.

“Saya kemudian melakukan apa yang naluriah kepada saya setiap kali saya merasa terhubung dengan orang baru yaitu mengungkapkan perasaan saya secara naluriah. Saya meletakkan tangan dengan penuh kasih sayang di bahunya,” tulis dia.

Dia tidak sadari sampai kemudian dia telah melakukan apa yang akan dianggap sebagai kecerobohan epik, karena seseorang tidak boleh menyentuh ratu.

“Jika saya tidak melakukan hal yang benar di Istana Buckingham, setidaknya saya telah melakukan hal yang manusiawi,” tulisnya.

“Saya yakin Ratu juga baik-baik saja dengan itu, karena ketika aku menyentuhnya, dia hanya menarik lebih dekat, meletakkanya yang bersarung tangan dengan ringan di punggungku yang kecil,” ujar dia.

 

 

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini