Sukses

Terkuak CEO Perusahaan Raup Bayaran Tertinggi Bukan Hanya dari Gaji, Siapa Saja?

Gaji rata-rata untuk CEO perusahaan S&P 500 turun menjadi USD 14,5 juta tahun lalu, dari USD 14,7 juta tahun sebelumnya.

Liputan6.com, Jakarta Beberapa orang tercatat mujur karena bisa mengantongi penghasilan besar. Enam dari 10 CEO dengan bayaran tertinggi pada tahun lalu justru berasal dari perusahaan yang tidak masuk dalam S&P 500.

Ini terkuak dalam laporan perusahaan analisis dan data pembayaran eksekutif C-Suite Comp.  Sekedar info, S&P 500 sebagian besar terdiri dari perusahaan publik terbesar di Amerika Serikat.  

Salah satunya Stephen Schwarzman dari raksasa ekuitas swasta Blackstone.Dia memperoleh paket pembayaran terbesar mencapai USD 253 juta. Blackstone, lebih besar dari banyak perusahaan S&P 500 yang memiliki kapitalisasi pasar lebih dari USD 100 miliar.

Schwarzman mengungguli Sundar Pichai, yang menjalankan induk Google, Alphabet yang menerima paket gaji sebesar USD 226 juta.

Angka ini yang menempatkan Pichai di puncak survei gaji CEO tahunan The Wall Street Journal pada awal 2023. Pichai diikuti Michael Rapino dari Live Nation dengan gaji USD 139 juta.

Beberapa eksekutif dalam daftar bayaran tertinggi C-Suite Comp, seperti para pemimpin Pinterest dan Hertz, belum masuk dalam peringkat gaji tahunan tersebut karena para CEO tersebut baru memulai. Analisis hanya memeringkat CEO yang menjabat setahun penuh.

Gaji rata-rata untuk CEO perusahaan S&P 500 turun menjadi USD 14,5 juta di 2022, dari USD 14,7 juta tahun sebelumnya.

Terkuak, 9 CEO menghasilkan lebih dari USD 100 juta pada 2022, dari hampir 4.000 perusahaan publik di AS. Angka itu turun dari lebih dari 20 tahun sebelumnya karena penghargaan ekuitas berkurang.

Sebagian besar gaji CEO biasanya terdiri dari saham atau opsi terbatas, yang nilainya dapat berfluktuasi. Banyak penghargaan ekuitas seringkali hanya vest—menjadi sepenuhnya milik eksekutif—jika target kinerja tertentu terpenuhi, atau jika eksekutif tetap bekerja untuk jangka waktu tertentu.

Bagi Schwarzman, salah satu pendiri Blackstone, sekitar USD 190 juta dari gajinya datang dalam bentuk alokasi bunga dan biaya insentif.

Carryed interest mengacu pada potongan keuntungan di atas target yang diterima beberapa manajer investasi. Selanjutnya, USD 58,8 juta terdiri dari saham dalam perwalian investasi real estat yang dikelola Blackstone.

Total gaji Schwarzman melebihi 50 persen dari paket yang dia terima di 2021 sebesar USD 160 juta. Dia memiliki hampir 20 persen saham Blackstone, saham yang memenuhi syarat untuk dividen sekitar USD 1 miliar pada 2022.

Seorang juru bicara Blackstone mengatakan hampir 30 persen dari gaji Schwarzman 2022 mencerminkan kinerja investasi pada 2021, pada periode ketika harga saham perusahaan juga berlipat ganda.

“Hampir semua kompensasinya adalah bunga dan biaya insentif — yang hanya dibayarkan saat kami mengirimkannya untuk pelanggan kami,” kata juru bicara itu. Dia menolak mengatakan berapa gaji Schwarzman dalam bentuk tunai.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Penghasilan CEO Lain

Di Hertz, total gaji Stephen Scherr sebesar USD 182 juta termasuk gaji dan bonus USD 3,4 juta. Tambahan USD 178 juta dalam bentuk saham terbatas disusun untuk diberikan hingga 2026, sebagian besar hanya jika saham perusahaan mencapai target harga rata-rata 90 hari yang berkisar hingga hampir dua kali lipat harga sahamnya saat ini.

Dalam pernyataan proksi tahunannya, Hertz mengatakan dua target terpenuhi, yang berarti sekitar USD 50 juta saham dengan harga baru-baru ini berlaku jika Scherr tetap bekerja hingga 2026, selain sekitar USD 20 juta yang diberikan pada 31 Desember.

Scherr, yang sebelumnya bekerja sebagai chief financial officer Goldman Sachs Group, menduduki jabatan puncak Hertz pada Februari 2022, sekitar tujuh bulan setelah rantai persewaan mobil muncul dari perlindungan pengadilan kebangkrutan.

Saham Hertz turun 22 persen selama masa jabatan Scherr tahun lalu, sedangkan S&P 500 turun 16 persen. Perusahaan menilai penghargaan ekuitas Scherr sekitar USD 128 juta pada akhir tahun, menurut pengajuan sekuritas. Saham Hertz naik sekitar 20 persen tahun ini hingga 30 Juni.

Seorang juru bicara Hertz menolak berkomentar di luar pengungkapan perusahaan.

Adapula Barry McCarthy dari Peloton menjadi CEO sejak Februari 2022, setelah menjabat sebagai kepala keuangan di Spotify dan Netflix. Paket gajinya yang sebesar USD 168 juta di Peloton hampir seluruhnya berupa opsi saham, yang diberikan setiap bulan selama 4 tahun.

Saham Peloton turun sekitar 3 persen tahun ini hingga 30 Juni, dan turun 79 persen pada 2022 karena permintaan yang menurun membuat perusahaan kelebihan pasokan sepeda latihan yang dijualnya.

Dari USD 123 juta yang diberikan Pinterest kepada Bill Ready tahun lalu, hampir USD 101 juta datang dalam bentuk opsi saham dan USD 21,5 juta dalam bentuk saham terbatas merupakan sisanya. Keduanya diberikan sehubungan dengan pengangkatannya sebagai CEO pada akhir Juni 2022.

Penghargaan ekuitas diberikan setiap tiga bulan selama empat tahun jika Ready tetap bekerja. Pada akhir tahun, penghargaan saham dan opsi Ready 2022 telah meningkat nilainya menjadi USD 153,6 juta, kata Pinterest dalam pengajuan sekuritasnya.

Saham Pinterest naik lebih dari 20 persen tahun lalu. Sepanjang tahun ini, saham Pinterest telah meningkat sekitar 13 persen hingga 30 Juni.

Seorang juru bicara Pinterest mengatakan Ready tidak diharapkan untuk menerima ekuitas tambahan selama empat tahun pertamanya, dan perusahaan melihat penghargaan ekuitas 2022 setara dengan sekitar USD 30 juta per tahun selama waktu itu. Ready juga harus membeli dan menahan saham senilai USD 5 juta.

"Jika perusahaan berkinerja baik, maka pilihan Bill memiliki nilai," kata juru bicara tersebut. “Jika perusahaan tidak berkinerja baik, maka kompensasi Bill akan terpengaruh.”

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini