Sukses

Menteri PUPR Basuki Bakal Koordinasi dengan Ketua PSSI Erick Thohir Terkait Kesiapan Stadion JIS untuk Piala Dunia U-17 2023

Ketua Umum PSSI Erick Thohir mengungkap tiga kekurangan Stadion JIS untuk Piala Dunia U-17. Terkait hal itu Menteri PUPR Basuki Hadimuljono akan koordinasi dan siap renovasi stadion itu jika diperlukan.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menyatakan siap renovasi Stadion Jakarta International Stadium (JIS) jika memang diperlukan untuk Piala Dunia U-17 pada 10 November-2 Desember 2023.

Selain itu, ia juga siap berkoordinasi dengan Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir mengenai kesiapan dan evaluasi Stadion JIS.

“Saya akan berkoordinasi dengan beliau (Ketua Umum PSSI) secepatnya, kalau memang perlu direnovasi,” tutur Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dikutip dari Antara, Jumat (30/6/2023).

Ia menuturkan, akan cek JIS, setelah berkoordinasi terlebih dahulu dengan Erick Thohir. Basuki menuturkan, hal yang krusial terkait Stadion JIS yakni akses dan parkir.

Hal ini melihat pengalaman konser musik Dewa di JIS yang sebelumnya menunjukkan penonton konser mengalami kesulitan saat pulang dari Stadion JIS.

“Nanti akan kami evaluasi dulu. Saya mau koordinasi dulu dengan Ketua Umum (Ketum) PSSI Erick Thohir,” ujar dia.

Mengenai kesiapan stadion-stadion yang sebelumnya untuk Piala Dunia U-20 dapat digunakan bagi Piala Dunia U-17, Basuki menuturkan, stadion-stadion tersebut siap dipakai.

Sebanyak 26 stadion disiapkan untuk Piala Dunia U-20 dengan enam stadion utama untuk pertandingan berlokasi di Palembang, Jakarta, Solo, Bandung, Bali dan Surabaya, Jawa Timur.

Menteri PUPR Basuki menuturkan, stadion-stadion itu masih layak karena bagian-bagian pencahayaannya, rumputnya, dan strukturnya semua sudah sesuai dengan standar FIFA. Kalau terdapat perbaikan hanya perbaikan-perbaikan kecil.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Stadion U-20 Siap Pakai

“Kalau untuk U-20 dulu itu sudah siap, tapi stadion-stadion itu sudah dipakai. Bapak Ketum PSSI mengatakan FIFA akan datang lagi untuk melakukan pengecekan. Saya akan menghubungi dan berkoordinasi dengan Ketum PSSI terlebih dahulu, mudah-mudahan sekarang saya bisa ikut untuk melakukan pengecekan,” tutur dia.

Pada April 2023, Peru dipastikan gagal menjadi tuan rumah Piala Dunia U-17 karena ketidakpastian infrastruktur meski dinyatakan sebagai tuan rumah pada empat tahun lalu. Hal ini yang menjadi alasan utama yang menyebabkan FIFA mencabut status tuan rumah peru.

Selanjutnya Indonesia ditetapkan menjadi tuan rumah Piala Dunia U-17 2023 melalui keputusan bersama pada siding FIFA council yang digelar di Markas FIFA, Zurich, Swiss. FIFA mengagendakan FIFA U-17 World Cup 2023 akan digelar 10 November-2 Desember 2023.

3 dari 4 halaman

Kementerian PUPR Sebut Stadion U-20 Siap Dipakai untuk Piala Dunia U-17

Sebelumnya, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal (Ditjen) Cipta Karya menyatakan stadion yang ditujukan untuk Piala Dunia U-20 sudah sesuai standar FIFA. Stadion tersebut pun dapat digunakan untuk Piala Dunia U-17 pada 10 November-2 Desember 2023.

Direktur Prasarana Strategis Ditjen Cipta Karya Kementerian PUPR, Essy Asiah menuturkan, kalau stadion tersebut untuk dipakai sudah sangat siap. Pihaknya juga sudah melakukan serah terima kelola stadion dan memberikan pelatihan kepada pengelola lapangan. Demikian dikutip dari Antara, Selasa (27/6/2023).

Essy menuturkan, sebelum gelaran Piala Dunia U-20, FIFA telah datang melakukan inspeksi terakhir untuk seluruh stadion dan senang dengan kondisi stadion di Indonesia.

“Karena stadion-stadion tersebut sudah sesuai dengan standar yang ditetapkan FIFA,” tutur dia.

Meski demikian, ia belum mengetahui stadion-stadion mana saja yang akan digunakan sebagai lapangan pertandingan dan latihan untuk Piala Dunia U-17.

“Stadion-stadion yang sebelumnya diperuntukkan untuk Piala Dunia U-20 siap digunakan untuk penyelenggaraan Piala Dunia U-17,” karena sudah disiapkan sebaik mungkin untuk digunakan mendukung perhelatan internasional,” ujar Essy.

Sebelumnya, Kementerian PUPR ditugaskan untuk menyiapkan 25 stadion untuk mendukiung Piala Dunia U-20. Lima stadion untuk pertandingan dan 20 stadion lainnya untuk kebutuhan latihan. Akan tetapi, FIFA kemudian membatalkan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20.

 

4 dari 4 halaman

Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-17

Pada April 2023, Peru dipastikan gagal menjadi tuan rumah Piala Dunia U-17 karena ketidakpastian infrastruktur meski dinyatakan sebagai tuan rumah pada empat tahun lalu. Hal itu yang menjadi alasan utama yang menyebabkan FIFA mencabut status tuan rumah Peru.

Selanjutnya Indonesia ditetapkan menjadi tuan rumah Piala Dunia U-17 2023 melalui keputusan bersama pada sidang FIFA Council  yang digelar di markas FIFA, Zurcih, Swiss. Adapun FIFA mengagendakan FIFA U-17 World Cup 2023 akan digelar 10 November-2 Desember 2023.

Sebelumnya, Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir bersyukur FIFA menunjuk Indonesia menadi tuan rumah Piala Dunia U-17 2023.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini