Sukses

Jaga Listrik Tak Mati Selama Libur Idul Adha, PLN Indonesia Power Optimalkan Pembangkit

PLN Indonesia Power pastikan semua unit pembangkit beroperasi dengan baik untuk menjaga pasokan tetap andal, agar masyarakat dapat beribadah dan menikmati libur Idul Adha 1.444 H dengan tenang dan nyaman.

Liputan6.com, Jakarta PLN Indonesia Power pastikan semua unit pembangkit beroperasi dengan baik untuk menjaga pasokan tetap andal, agar masyarakat dapat beribadah dan menikmati libur Idul Adha 1.444 H dengan tenang dan nyaman.

Direktur Utama PT PLN (Persero) Darmawan Prasodjo mengatakan, pasokan energi primer saat ini di atas angka aman pada setiap pembangkit PLN, sehingga dapat menjadi pendukung pasokan listrik yang andal dan aman.

“Kami telah dan terus memastikan seluruh lini proses bisnis berjalan dengan baik. Semua unit, sub holding serta anak perusahaan bekerja menjaga keandalan listrik agar masyarakat nyaman dalam menjalankan aktivitas pada libur Idul Adha 1.444 H,” kata Darmawan, di Jakarta, Kamis (29/6/2023).

Direktur Utama PLN Indonesia Power Edwin Nugraha Putera menambahkan sebagai penopang di sisi hulu kelistrikan tanah air, PLN IP siap menjalankan perannya dengan baik, hal ini merupakan komitmen PLN IP sebagai bagian dari PLN untuk selalu berkontribusi dalam setiap aktivitas masyarakat.

“Kami akan pastikan pembangkit-pembangkit kami tetap andal dan masyarakat Indonesia yang merayakan Hari Raya Idul Kurban atau Idul Adha dapat tenang, nyaman dan menikmati setiap aktifitasnya baik dalam beribadah maupun saat berkumpul dengan keluarga dengan kehadiran kami melalui listrik yang kami salurkan,” tutur Edwin.

Menurutnya PLN Grup berkomitmen untuk menjaga pasokan listrik tetap andal, "Kami berkomitmen tidak boleh ada listrik yang mati, tidak boleh ada ibadah yang terganggu, tidak ada fasilitas umum yang boleh bermasalah listriknya,” Tambahnya.

Untuk menjaga keandalan pasokan listrik dalam momentum libur Idul Adha 1.444 H PLN Indonesia Power telah memastikan keandalan pembangkitnya, dari yang lokasinya paling timur sampai dengan paling barat wilayah Indonesia.

"Dengan teknisi terbaik yang dimiliki, PLN Indonesia Power telah dan selalu memastikan pasokan listrik aman," imbuhnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Warga Jakarta Diprediksi Konsumsi Listrik 4.515 MW di Hari Raya Idul Adha 2023

PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jakarta Raya siaga kelistrikan dan optimis pasok listrik handal untuk warga Jakarta. PLN memprediksi pada hari pertama Idul Adha kebutuhan listrik warga Jakarta mencapai 4.515 Mega Watt (MW) atau naik 13,19 persen dibanding tahun lalu.

General Manager PLN UID Jakarta Raya, Doddy B. Pangaribuan mengatakan, dengan daya mampu pasok sebesar 8.687 MW, kebutuhan listrik warga Jakarta dipastikan aman.

PLN UID Jakarta Raya telah menggelar apel siaga kelistrikan Idul Adha pada Selasa, 27 Juni 2023. Dalam momen Idul Adha ini, PLN siagakan 2.148 personil tersebar di 17 Posko Siaga PLN UID Jakarta Raya.

Tidak hanya personel, PLN juga menyiagakan 7 unit Uninterruptible Power Supply (UPS) Mobile, 7 Unit Kabel Bergerak (UKB), 9 Unit Gardu Bergerak (UGB), 2 Unit Diesel Bergerak (UDB), 4 Unit Crane, 4 Unit Deteksi SKTM, 4 Unit Assessment SKTM, 64 mobil dan 77 motor Pelayanan Teknik. Sebanyak 496 masjid di wilayah Jakarta masuk dalam pantauan PLN, dengan Masjid Istiqlal menjadi pantauan utama pelaksanaan Solat Idul Adha.

“Alhamdulillah, sebagian warga Jakarta telah merayakan Idul Adha kemarin. Sebanyak 39 masjid di Jakarta telah melaksanakan Solat Ied. Sedangkan 457 masjid akan melaksanakan Solat Ied hari ini. Insyaallah ibadah umat Muslim hari ini juga diberi kelancaran”, kata Doddy, Kamis (29/6/2023).

Disisi lain, beberapa pusat pelayanan publik juga tak luput dari pantauan PLN. Sebanyak 9 zona transportasi, 32 zona pertahanan, 59 zona pemerintahan, 58 rumah sakit, 5 tempat wisata, 94 pusat perbelanjaan, dan 77 titik SPKLU juga dipastikan memperoleh pasokan listrik yang handal.

3 dari 3 halaman

Libur Panjang

Selain itu, Idul Adha kali ini juga bersamaan dengan libur panjang dan liburan sekolah. Menurutnya, momen seperti ini tentunya menjadi momen berkumpulnya keluarga atau momen liburan bersama.

Doddy juga memberikan beberapa tips bagi pelanggan menyambut liburan panjang ini, di antaranya, bagi para pelanggan yang menghabiskan liburan di rumah, pastikan tagihan listrik telah dibayar ataupun sudah mengisi pulsa kWh, agar momen berkumpul dengan sanak keluarga jadi lebih nyaman.

Bagi pelanggan yang hendak liburan keluar kota, pastikan semua peralatan elektronik telah dicabut.

“Apabila pelanggan memiliki permasalahan terkait kelistrikan dapat menghubungi PLN melalui aplikasi PLN Mobile. PLN Mobile hadir memberikan solusi untuk berbagai permasalahan kelistrikan pelanggan," tutup Doddy. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini