Sukses

Dukung Putri Ariani Maju ke Semifinal AGT 2023, Sultan HB X Beri Pesan Jangan Lupa Sekolah

Sri Sultan Hamengku Buwono X saat bertemu dengan peserta America’s Got Talent (AGT) 2023 Putri Ariani memberikan dukungan dan restu untuk maju ke semifinal AGT 2023.

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Sri Sultan Hamengku Buwono X (Sultan HB X) bertemu dengan kontestan America’s Got Talent (AGT) 2023 Putri Ariani di Gedhong Wilis, Kompleks Kepatihan, Yogyakarta, Senin (26/6/2023).

Saat bertemu dengan Sri Sultan Hamengku Buwono, Putri Ariani mengaku bangga. "Rasanya senang banget, bangga karena saya juga sebagai orang Yogya akhirnya ketemu dengan Sri Sultan. Itu adalah sebuah kebanggaan,” ujar dia dikutip dari Antara, Senin (26/6/2023).

Sultan HB X juga memberikan banyak nasihat kepada Putri Ariani. Salah satunya memintanya tidak melupakan pendidikan.

"Tadi ngobrolin tentang pendidikan, tentang pesan-pesan Sri Sultan untuk saya, jangan lupa sekolah. Yang paling utama jangan lupa sekolah, terus semangat dan beliau juga mendoakan untuk kesuksesan Putri di AGT 2023,” ujar dia.

Sultan HB X memberikan restu dan dukungan kepada Putri Ariani. "Dia punya cita-cita untuk sekolah di Amerika. Tapi juga harapan saya dia mempersiapkan kemenangan menyanyi di Amerika,” ujar Sultan HB X usai menerima Putri Ariani bersama keluarga.

Sultan HB X khusus mengundang Putri Ariani untuk memberikan piagam penghargaan atas prestasi yang diraih siswi SMK Negeri 2 Kasihan, Bantul di kancah internasional.

Selain itu, Sultan HB X juga memberikan hadiah uang tunai untuk Putri Ariani sebesar Rp 50 juta. “Sukses ya,” tutur Sultan kepada Putri.

Saat pertemuan itu, Putri Ariani menyanyikan dua lagu yakni Loneliness yang merupakan ciptaannya sendiri serta lagu kedua berjudul Lir Ilir yang khusus dinyanyikan untuk Sri Sultan.

“Ini tadi spontanitas dari dia. Kita terima kasih tidak hanya saya yang mendengarkan tapi teman-teman juga mendengarkan semua. Ini kenangan bagi Yogya juga,” ujar Sultan HB X.

Putri Ariani akan bertolak kembali ke Amerika Serikat pada Agustus 2023 untuk melanjutkan perjuangannya di semifinal America's Got Talent 2023 yang akan digelar langsung atau live show.

Menghadapi tantangan itu, Putri mengaku telah mempersiapkan dengan matang. “Persiapannya Latihan materi lagu dan lain-lain. Sudah menyiapkan banyak lagu,” tutur dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Putri Ariani Ditunjuk Jadi Duta Kekayaan Intelektual 2023, Ini Alasannya

Sebelumnya, Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) menunjuk Putri Ariani (17) peraih golden buzzer America’s Got Talent 2023 sebagai Duta Kekayaan Intelektual 2023.

Perempuan bernama lengkap Ariani Nismaputri akan menjadi mitra Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Kemenkumham untuk mempromosikan pentingnya perlindungan dan pemanfaatan kekayaan intelektual (KI) pada masyarakat, terutama anak muda. Demikian dikutip dari Antara, Selasa (20/6/2023).

"Harapannya, agar Ananda Putri dapat melakukan promosi, sosialisasi, dan edukasi kekayaan intelektual sehingga menginspirasi anak-anak bangsa untuk terpacu mengembangkan bakat, terus berkarya menggunakan kekayaan intelektual, memberdayakan kreativitas secara positif, dan berusaha secara kompetitif serta meraihnya secara sportif,” ujar Menteri Hukum dan HAM, Yasonna Laoly.

Selain itu, Yasonna juga menganugerahkan apresiasi setinggi-tingginya kepada Putri dan kedua orangtuanya. “Putri Ariani telah berhasil mengharumkan nama Indonesia di mata internasional.

Oleh karena itu, saya memberikan apresiasi yang tinggi atas talenta luar biasa Putri serta kedua orangtuanya yaitu Ismawan Kurnianto dan Reni Alfianty,” tutur Yasonna di Graha Pengayoman Kementerian Hukum dan HAM.

Adapun apresiasi yang diberikan Yasonna berupa pemberian piagam serta surat pencatatan hak cipta atas dua lagu Putri Ariani yang berjudul Loneliness dan Permata Indah Dunia.

“Surat pencatatan ini penting karena sebagai bukti awal kepemilikan karya sehingga apabila suatu saat terjadi sengketa, sudah jelas dokumen legalnya bahwa kedua lagu ini adalah milik Putri,” ujar dia.

Yasonna menambahkan, perlindungan hak cipta sendiri sebetulnya bersifat deklaratif yaitu otomatis begitu karya dipublikasikan. Ia menuturkan, pengumpulan royalti untuk pencipta lagu dan performer lagu/music telah memiliki aturan dan sistem melalui Lembaga Manajemen Kolektif Nasional (LMKN).

3 dari 3 halaman

Upaya DJKI

Yasonna mendorong LMKN untuk senantiasa memperluas dan memperat kerja sama dengan musisi baik di pusat dan daerah-daerah di Indonesia agar pengumpulan dan distribusi royalti di Indonesia dapat memberikan kesejahteraan pada musisi.

Sementara itu, Kemenkumham melalui DJKI secara aktif turun ke berbagai daerah di Indonesia untuk melakukan sosialisasi kekayaan intelektual melalui beberapa program di antaranya Mobile IP Clinic, IP and Tourism, seminar IP Talks. Pada 17-18 Juni 2023, DJKI baru saha menyelenggarakan kegiatan IP and Tourism di Kepulauan Riau untuk mendorong pariwisata berbasis kekayaan intelektual di sana.

Direktur Jenderal Kekayaan Intelektual Min Usihen menuturkan, DJKI juga aktif membuat konten dan publikasi melalui kanal media sosial dan media massa untuk meningkatkan kesadaran serta pemahaman untuk anak muda terhadap kekayaan intelektua. Masyarakat juga dapat berkonsultasi langsung melalui layanan informasi dan aduan yang telah disediakan melalui livechat, email, siviki, call center dan media sosial.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini