Sukses

Jusuf Hamka soal Tagih Utang ke Pemerintah: Dibayar Alhamdulillah, Enggak Dibayar Wasyukurillah

Jusuf Hamka mengatakan, mengenai utang yang ia tagih kepada Kementerian Keuangan (Kemenkeu), dirinya menyerahkan seluruhnya kepada Allah.

Liputan6.com, Jakarta - Pengusaha Jusuf Hamka dan Staf Khusus Menteri Keuangan Justinus Prastowo bertemu untuk mengklarifilasi masalah saling tagih utang. Pertemuan informal tersebuut dilakukan di sebuah restoran pada Minggu, 18 Juni 2023 sore.

Dalam pertemuan ini, Jusuf Hamka telah mendapat kepastian dari Justinus Prastowo bahwa dirinya dan dan PT Citra Marga Nusaphala Persada Tbk (CMNP) tidak ada kaitannya dengan urusan Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (BLBI).

Hal ini langsung mengugurkan pernyataan Direktur Jenderal Kekayaan Negara, Kementerian Keuangan (Kemenkeu), Rionald Silaban, yang mengungkapkan bahwa Jusuf Hamka memiliki utang ratusan miliar kepada negara. Rionald menyebut ada tiga perusahaan di bawah Grup Citra yang memiliki utang kepada pemerintah.

Jusuf Hamka melanjutkan, mengenai utang yang ia tagih kepada Kementerian Keuangan (Kemenkeu), dirinya menyerahkan seluruhnya kepada Allah.

"Pokoknya dibayar Alhamdulillah, enggak dibayar Wasyukurillah. Tapi mudah-mudahan saya percaya di zaman Pak Jokowi ini beliau akan memberikan keadilan, apalagi beliau sudah memerintahkan kepada Pak Mahfud (Menko Polhukam) untuk membayar tagihan swasta dari pemerintah," jelas Jusuf Hamka seperti dikutip dari video yang dikirim ke Liputan6.com, Senin (19/6/2023).

Menyambung pernyataan Jusuf Hamka, Staf Khusus Menteri Keuangan Yustinus Prastowo menegaskan, pemerintah menghormati putusan pengadilan yang mewajibkan untuk melakukan pembayaran ke CMNP.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Profil Jusuf Hamka, Bos Jalan Tol yang Tagih Utang ke Pemerintah

Sebelumnya, publik saat ini tengah dihebohkan dengan kabar adanya utang pemerintah kepada pengusaha jalan tol Jusuf Hamka. Adapun permasalahan tersebut saat ini semakin ramai dibahas setelah adanya tuduhan bahwa Jusuf Hamka juga mempunyai utang pada pemerintah.

Melansir dari Merdeka.com diketahui Jusuf Hamka menagih utang kepada pemerintah yang diduga mempunyai utang sebanyak Rp 800 miliar. Utang tersebut merupakan utang yang diduga belum dilunasi pemerintah sejak tahun 1998 sampai saat ini.

Jusuf Hamka pun berharap pemerintah segera memberikan kepastian kepadanya untuk membayar utang tersebut. Terutama kepada perusahaannya, PT Citra Marga Nusaphala Persada Tbk (CMNP).

“Makannya kan saya bilang kalau utangnya Rp 700 miliar, saya kasih 100 kali lipat, Rp 70 triliun bos (kalau terbukti punya utang). Harus terbukti dulu, kalau enggak terbukti bayar saya Rp 1 perak saja cukup,” ujarnya.

Tak hanya itu Jusuf Hamka pun dituduh memiliki utang kepada negara atas 3 perusahaan di bawah Group Citra Marga. Namun, mendengar kabar tersebut Jusuf Hamka pun menuturkan jika dirinya mempunyai bukti bahwa ia tidak mempunyai utang kepada negara.

“Ya proof-nya ada dong,” ujarnya mengutip dari Merdeka.com.  

3 dari 3 halaman

Profil Jusuf Hamka

Jusuf Hamka merupakan seorang pengusaha yang dikenal sebagai bos jalan tol yang lahir di Samarinda tahun 1957. Ia merupakan salah satu pengusaha sukses di Indonesia yang sebelumnya mempunyai nama Josef Alun.

Jusuf Hamka lahir dan tumbuh besar dalam keluarga Tionghoa terpelajar, yaitu ayahnya bernama Joseph Suhaimi (Jauw To Tjiang) seorang dosen di Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta dan ibunya seorang guru bernama Suwanti Suhaimi (Siaw Po Swan).

Melansir dari Liputan6.com Jusuf Hamka adalah anak keempat dari tujuh bersaudara dan ia banyak menghabiskan masa kecilnya di Pasar Baru, Jakarta Pusat. Jusuf saat itu pernah menjadi pedagang asongan untuk menambah uang jajannya.

Ia terkadang menjual es mambo hingga kacang-kacangan dan pernah berjualan di sekitar wilayah Masjid Istiqlal. Sejak itu, Jusuf Hamka mempunyai banyak teman beragama Islam dan ia mulai penasaran dengan Islam dan mencari tahu lebih dalam mengenai agama Islam.

Sehingga ia pun menjadi seorang mualaf dan masuk Islam setelah mengenal ulama dan sastrawan Buya Hamka. Ia bahkan turut dibimbing oleh Buya Hamka dalam mengucapkan syahadat pada tahun 1981.

Melansir dari beberapa sumber, Jusuf Hamka pernah menempuh pendidikan di beberapa tempat ternama namun tidak sampai selesai. Hal tersebut karena dirinya tidak suka terhadap formalitas sehingga ia tidak mempunyai ijazah formal.

Meskipun begitu, Jusuf Hamka pernah menjabat dengan jabatan penting diantaranya menjadi Direktur Utama di PT Citra Marga Nusaphala Persada Tbk (CMNP). Sebuah perusahaan kontraktor swasta yang banyak terlibat dalam proyek-proyek pembangunan jalan tol di Indonesia.

Jusuf Hamka juga pernah menjabat di beberapa perusahaan ternama seperti menjabat jadi Komisaris Utama di PT Mandara Permai, Komisaris di PT Indosiar Visual Mandiri, dan masih banyak lagi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.