Sukses

Kaisar Jepang Naruhito Bakal Bertemu Jokowi di Istana Bogor Senin 19 Juni 2023

Kaisar Jepang Hironomiya Naruhito bersama Permaisuri Masako dalam kunjungan kenegaraan perdana ke Indonesia dijadwalkan bertemu dengan Presiden RI Joko Widodo di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Senin, 19 Juni 2023.

Liputan6.com, Jakarta Kaisar Jepang Hironomiya Naruhito bersama Permaisuri Masako melakukan kunjungan kenegaraan perdana ke Indonesia. Dalam kunjungannya Kaisar Jepang Naruhito dijadwalkan bertemu dengan Presiden RI Joko Widodo di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Senin, 19 Juni 2023.

"Permaisuri Masako akan turut mendampingi Kaisar Jepang Naruhito dalam kunjungan ke Istana Kepresidenan Bogor untuk bertemu Bapak Presiden Joko Widodo dan Ibu Iriana," kata Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin dikutip dari Antara, Minggu (18/6/2023).

Kaisar Naruhito bersama Permaisuri Masako melakukan kunjungan kenegaraan ke Indonesia dan telah mendarat di Bandara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, pada Sabtu sore sekitar pukul 16.20 WIB.

Selain bertemu Presiden Jokowi, Kaisar Naruhito juga diagendakan mengunjungi sejumlah tempat lainnya, seperti Depo MRT Lebak Bulus, Stasiun Pompa Waduk Pluit, hingga mengunjungi Candi Borobudur di Magelang, Jawa Tengah.

Kunjungan ini merupakan kunjungan perdana Kaisar Hironomiya Naruhito ke Indonesia sejak dinobatkan sebagai Kaisar ke-126 Jepang pada tahun 2019. Kaisar bersama Permaisuri akan berada di Indonesia selama tujuh hari dan akan kembali bertolak ke Tokyo, Jepang, pada Jumat, 23 Juni 2023.

Menyambut kedatangan Kaisar Jepang bersama Permaisuri, di antaranya Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Duta Besar Jepang untuk Indonesia Kanasugi Kenji, dan Duta Besar Indonesia untuk Jepang Heri Akhmadi.

Undangan Jepang

Mengutip siaran pers Kementerian Luar Negeri Jepang, Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida dalam keterangannya menyebut bahwa Indonesia telah lama mengundang Kaisar Jepang untuk berkunjung ke Indonesia, salah satunya saat kunjungan Presiden Joko Widodo ke Tokyo pada bulan Juli 2022.

"Saya yakin kunjungan ini akan semakin mempererat hubungan persahabatan dan juga kerja sama baik dengan Indonesia, dan saya merasakan kebahagiaan yang luar biasa bersama masyarakat Jepang," ucap PM Fumio.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Agenda Kunjungan Kaisar Naruhito dan Permaisuri Masako di Indonesia

Kegiatan pertama Kaisar Naruhito dan Permaisuri Masako di Indonesia akan dimulai pada 18 Juni, di mana keduanya akan mengunjungi salah satu stasiun MRT dan Rumah Pompa Waduk Pluit.

"Pada 19 Juni, Kaisar Naruhito (dan Permaisuri Masako) akan bertemu Presiden Jokowi dan Ibu Iriana di Istana Bogor dan pada malam hari akan bertemu dengan orang-orang Indonesia yang menjalin kolaborasi erat dengan Jepang," ungkap staf Kementerian Luar Negeri Jepang dalam konferensi pers daring terkait kunjungan kaisar dan permaisuri Jepang, Selasa (13/6).

Kaisar Naruhito dan Permaisuri Masako akan mengunjungi Taman Makam Pahlawan Kalibata, Universitas Darma Persada, dan salah satu SMK pada 20 Juni, di mana pada malam harinya mereka akan bertemu dengan perwakilan warga Jepang di Indonesia dan Japan International Cooperation Agency (JICA).

Pada 21 Juni, Kaisar Naruhito dan Permaisuri Masako akan menyambangi Yogyakarta. Mereka dijadwalkan mengunjungi Balai Teknik Sabo dan Keraton Yogyakarta untuk bertemu dengan Sultan Hamengkubuwono X.

Kemudian pada 22 Juni, Kaisar Naruhito dan rombongan akan mengunjungi Candi Borobudur dan kembali ke Jakarta pada sore harinya.

Rombongan Kaisar Naruhito akan kembali ke Jepang pada 23 Juni.

  

3 dari 3 halaman

Profil Kaisar Jepang Naruhito dan Permaisuri Masako yang Kunjungi Indonesia pada 17-23 Juni 2023

Kaisar Jepang Naruhito (63) dan Permaisuri Masako (59) resmi memulai kunjungan kenegaraannya ke Indonesia. Keduanya tiba di Bandara Soekarno-Hatta pada Sabtu (17/6/2023) sore.

Kedatangan Kaisar Naruhito dan Permaisuri Masako dalam rangka memenuhi undangan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) tahun lalu. Ini merupakan kunjungan kenegaraan pertama keduanya setelah naik takhta pada tahun 2019.

Pasangan Kekaisaran Jepang tersebut akan berada di Indonesia hingga Jumat (23/6). Tidak hanya Jakarta, Kaisar Naruhito dan Permaisuri Masako juga akan berkunjung ke Yogyakarta.

Berikut profil singkat Kaisar Naruhito dan Permaisuri Masako dikutip dari berbagai sumber.

Profil Kaisar Naruhito:

  • Lahir pada 23 Februari 1960 di Tokyo dari pasangan Kaisar Emeritus Akihito dan Permaisuri Emerita Michiko.
  • Menempuh pendidikan di Gakushuin, lembaga pendidikan di Tokyo tempat keluarga bangsawan Jepang bersekolah dan lulus dari Universitas Gakushuin pada Maret 1982 dengan gelar Bachelor of Letters pada bidang sejarah. Dia melanjutkan studinya ke Merton College, Universitas Oxford, hingga 1986 kemudian kembali terdaftar di Universitas Gakushuin untuk mendapat gelar Master Humaniora di bidang sejarah pada 1988.
  • Resmi dilantik sebagai putra mahkota kekaisaran pada tahun 1991 setelah kematian kakeknya, Hirohito, pada Januari 1989.
  • Menikah dengan Permaisuri Masako pada 9 Juni 1993 dan dikaruniai seorang anak perempuan, Putri Aiko, yang lahir pada 1 Desember 2001.
  • Resmi jadi kaisar Jepang setelah ayahnya turun takhta karena alasan kesehatan. Masa kekuasaannya disebut Era Reiwa.

Profil Permaisuri Masako:

  • Lahir pada 9 Desember 1963 di Tokyo dari pasangan Hisashi Owada dan Yumiko Egashira.
  • Menempuh pendidikan dasar dan menengah di Amerika Serikat (AS) setelah ayahnya menjadi dosen tamu di Universitas Hardvard dan wakil duta besar Jepang untuk AS. Meraih gelar sarjana bidang ekonomi secara magna cum laude dari Universitas Harvard dan menyelesaikan pasca sarjana Hubungan Internasional di Balliol College, Universitas Oxford. Dia juga sempat belajar di Universitas Tokyo dalam rangka persiapan ujian masuk ke Kementerian Luar Negeri Jepang dan dinyatakan lulus.
  • Selain bahasa Jepang, Permaisuri Masako juga fasih berbahasa Inggris dan Prancis, serta disebutkan menguasai percakapan standar dalam bahasa Jerman, Rusia, dan Spanyol.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.