Sukses

Indonesia Open 2023 Mulai Hari Ini 13 Juni, Total Hadiah Rp 19,3 Miliar

Ajang turnamen bulutangkis Indonesia Open 2023 mulai digelar hari ini, 13 Juni hingga 18 Juni 2023 di Istora Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta

Liputan6.com, Jakarta Ajang turnamen bulutangkis Indonesia Open 2023 mulai digelar hari ini, 13 Juni hingga 18 Juni 2023 di Istora Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta. Indonesia Open 2023 menjadi salah satu turnamen bergengsi karena masuk dalam level Super 1.000.

Perlu diketahui, level HSBC BWF World Tour Super 1000 ini akan memperbutkan hadiah total USD 1,3 Juta atau setara dengan Rp 19,3 miliar (kurs 14.862 / Dolar AS).

“Kami tentu sudah siap untuk menggelar kejuaraan paling bergengsi di Tanah Air ini. Apalagi ini turnamen level HSBC BWF World Tour Super 1000 yang pasti akan dibanjiri pemain top dunia datang ke Jakarta,” tutur Fadil Imran, ditulis Selasa (13/6/2023).

Tahun ini turnamen mendapat sponsor utama perusahaan Kapal Api Group. Sehingga nama resmi turnamen adalah Kapal Api Group Indonesia Open 2023.

“Kami sampaikan ucapan terima kasih kepada perusahan Kapal Api Group yang menjadi title sponsor Indonesia Open 2023,” kata Fadil Imran.

Sponsor

Christeven Mergonoto, Chief Marketing Officer (CMO) of Kapal Api Group menyatakan, pihaknya sejak 2021 mendukung bulutangkis Indonesia, dengan mulai menjadi sponsor tim pemain pelatnas. Kemitraan ini kini makin besar dengan menjadi sponsor utama perhelatan Indonesia Open.

“Kami adalah brand lokal yang terus mendukung bulutangkis. Apalagi, bulutangkis adalah olahraga dengan prestasi terbaik di Indonesia. Kami punya kewajiban untuk teeus mendukung atlet-atlet kita di turnamen ini,” kata Christeven.

9 Wakil Indonesia Main

Jadwal Indonesia Open 2023 hari ini, setidaknya ada sembilan wakil Indonesia yang akan bertanding. Dari sembilan itu, ada nama unggulan pertama Fajar Alfian / Rian Ardianto melawan pasangan Denmark Jeppe Bay / Lasse Molhede.

Selain itu, wakil Indonesia lainnya di ada tunggal putri Gregoria M Tunjung yang akan melawan wakil India Pusarla Sindu. Selain itu masih banyak lagi.

Pertandingan di Indonesia Open 2023 sendiri dimulai pukul 09.00 WIB.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Indonesia Open 2023, Jonatan Christie: Target Saya Juara

Jonatan Christie sudah tidak sabar berlaga di Indonesia Open 2023. Turnamen bulu tangkis level super 1000 itu akan berlangsung di Istora Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, 13-18 Juni 2023.

Sebelumnya, pebulu tangkis tunggal putra Indonesia ini memenangkan gelar juara Indonesia Masters pada 29 Januari lalu. Dia mengalahkan Chico Aura Dwi Wardoyo 21-15, 21-13 dalam laga final.

"Pastinya antusias karena baru beberapa bulan lalu main di Istora untuk Indonesia Masters, dan sekarang Indonesia Open yang merupakan salah satu pertandingan terbaik di dunia," kata Jonatan dalam konferensi pers di Jakarta, Senin(12/6).

"Dengan hasil kemarin (Indonesia Masters) semoga bisa menjadi modal positif buat saya nanti."

Sayang, usai menjuarai Indonesia Masters, performanya Jonatan menurun. Pebulu tangkis yang akrab disapa Jojo itu kini terus berusaha untuk memperbaiki dan mengevaluasi bersama para pelatih.

"Saya akui juga habis Indonesia Masters secara pribadi ada catatan dengan coach untuk hasil-hasil yang kurang memuaskan di beberapa pertandingan terakhir. Itu terus kita kembangkan dan perbaiki lagi, dan berusaha di pertandingan-pertandingan ke depan. Kami ingin maksimalkan kesempatan yang ada dan berjuang yang terbaik," ucap Jonatan.

Dengan modal tersebut, dia menargetkan gelar juara di Indonesia Open 2023. "Target pribadi saya adalah juara," pungkasnya.

3 dari 3 halaman

Siti Fadia Silva Ramadhanti juga Ingin Juara di Indonesia Open

Target juara Indonesia Open juga diusung Siti Fadia Silva Ramadhanti. Pasangan Apriyani Rahayu ini tidak ingin melewatkan kesempatan meraih gelar juara di rumah sendiri.

"Target pribadi adalah juara. Harapannya bisa menjadi juara karena ini di rumah sendiri, dan banyak yang datang untuk support. Terlebih, kekuatan Merah Putih pasti merata dan ini juga termasuk Race to Olympic 2024, dan semuanya siap untuk menang," kata Fadia dalam konferensi pers di Jakarta.

Namun, Fadia menambahkan dia dan Apriyani akan terlebih dahulu fokus dari satu pertandingan ke pertandingan lainnya. "Karena ini pertandingan keempat untuk aku, (mindset) lebih ke bagaimana menjaga fokus dan pikiran di setiap match, dan lebih konsisten. Kita harus bisa kontrol pikiran kita sendiri," ucap Fadia.

Fadia tak menampik ada beberapa catatan atas performanya di sejumlah turnamen terakhir. "Mungkin akhir-akhir ini kita kurang konsisten. Kita juga sudah sama-sama tahu (gaya permainan lawan), cuma (kami) kurang konsisten akhir-akhir ini," papar Fadia.

"Masukan dari coach adalah tetap percaya diri dan menikmati setiap pertandingan. Fokus, pikiran dijaga, dan dikontrol."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.