Sukses

Miliarder Bill Ackman Dukung CEO JPMorgan Calonkan Diri di Pilpres AS

Bill Ackman menyebut Dimon sebagai pemimpin teladan dan memujinya karena telah mengelola JPMorgan dengan baik saat krisis.

Liputan6.com, Jakarta Miliarder pengelola Hedge Fund, Bill Ackman mengatakan akan mendukung CEO JPMorgan Jamie Dimon untuk mencalonkan diri dalam pemilihan presiden Amerika Serikat (AS). 

Mengutip US News, Jumat (2/6/2023) Bill Ackman menyebut Dimon sebagai pemimpin teladan dan memujinya karena telah mengelola JPMorgan "dengan luar biasa" saat krisis.

"Negara kita berisiko dengan utang USD 32 triliun tanpa akhir defisit besar-besaran yang terlihat, menuju resesi pada saat ketidakpastian politik yang besar," kata Ackman dalam sebuah postingan di Twitter pada Rabu 31 Mei 2023.

"Jelas dia (Dimon) berpikir untuk mencalonkan diri. Saya tidak bisa membayangkan waktu yang lebih baik baginya untuk melakukannya," sebut Ackman.

Dimon, dalam pernyataan terpisah pun mengungkapkan minatnya untuk mengejar jabatan publik.

"Saya mencintai negara saya, dan mungkin suatu hari saya akan melayani negara saya dalam satu kapasitas atau lainnya," ungkap Dimon dalam sebuah wawancara dengan Bloomberg TV pada Rabu 31 Mei 2023, ketika ditanya apakah dia pernah mempertimbangkan jabatan publik.

Sebelumnya, beredar spekulasi tentang potensi pencalonan Dimon untuk presiden di masa depan.

Pada sebuah konferensi pada tahun 2018, dia dilaporkan menyindir tentang berkampanye menyaingi mantan presiden AS Donald Trump.

"Saya pikir saya bisa mengalahkan Trump ... karena saya setangguh dia, saya lebih pintar dari dia," ujarnya.

Dimon kemudian menarik kembali komentar tersebut, mengatakan bahwa pernyataan tersebut membuktikan bahwa dia tidak akan menjadi politisi yang baik.

"Jika dia memutuskan untuk keluar dari perbankan, saya pikir dia akan sangat bagus dalam politik," kata mantan Presiden Bill Clinton tentang Dimon.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tantang Donald Trump Jadi Capres AS 2024 dari Partai Republik, Intip Kekayaan Gubernur Florida Ron DeSantis

Gubernur negara bagian Florida di Amerika Serikat (AS), Ron DeSantis mengumumkan pencalonan dirinya sebagai kandidat dalam pemilihan presiden atau pilpres AS pada 2024. 

Hal ini memungkinkan DeSantis ikut menjadi pesaing mantan Presiden AS Donald Trump, karena profil nasionalnya yang berkembang dan ketajaman penggalangan dana.

Dengan besarnya pengaruh yang dimiliki Ron DeSantis, berapa besaran kekayaan Gubernur Florida?

Melansir laman Forbes, Jumat (26/5/2023) penghasilan gubernur Florida saat ini mencapai sekitar USD 140.000 atau Rp. 2 miliar per tahun. Besarnya gaji gubernur membuat DeSantis digadang gadangkan menjadi lebih kaya setengah juta dolar pada akhir tahun lalu.

Sebaliknya, kekayaan Ron DeSantis hanya bernilai USD 320.000 atau Rp. 4,7 miliar, kurang dari rata-rata masyarakat Amerika seusianya.

DeSantis lahir di Florida dari keluarga kelas pekerja. Dulunya, dia dikenal sebagai seorang pelajar sekaligus atlet yang berbakat.

Gubernur Florida itu bahkan menempuh pendidikan tinggi di kampus prestisius, Yale, di mana dia menjadi kapten tim bisbol. Setelah lulus dari Yale, DeSantis bergabung dengan jurusan sejarah di sekolah swasta Georgia, sebelum melanjutkan ke sekolah hukum di Harvard.

Dia menerima diploma pada tahun 2005 dan bekerja untuk Angkatan Laut AS. Kemudian di usia 27 tahun, DeSantis meraih dua gelar bergengsi,pinjaman mahasiswa dan gaji pemerintah.

Berlanjut pada tahun 2009, DeSantis bekerja dengan Departemen Urusan Veteran AS untuk membeli rumah senilai USD 307.500 di luar Jacksonville, meminjam USD 314.000, bahkan lebih dari biaya properti.

Dia kemudian pindah bekerja ke Navy Reserve pada tahun 2010, tahun yang sama di mana dia menikahi istrinya, Casey, seorang tokoh televisi lokal.

3 dari 3 halaman

Bekerja di Firma Hukum Hingga Menulis Buku Politik

Kemudian pada tahun 2011, DeSantis bekerja di firma hukum Holland & Knight yang berbasis di Florida, menghasilkan USD 128.000.

Dia juga menerbitkan buku politik, "Dreams From Our Founding Fathers: First Principles in the Age of Obama," yang membahas judul memoar presiden ke-44.

Namun, DeSantis hanya menerima sekitar USD 20.000 dari tugas pertamanya sebagai penulis.

Tetapi hal itu tidak menghentikan DeSantis untuk mempelajari politik lebih dalam, memenangkan kursi kongres pada tahun 2012. Dia bertugas di Capitol Hill selama hampir enam tahun, menyisihkan sebagian dari gajinya yang sebesar USD 174.000 ke dalam program tabungan selama dia di sana.

Selain itu, DeSantis juga secara singkat memperluas portofolio real estatnya, membeli rumah senilai USD 242.000 di Palm Coast, Florida pada tahun 2016. Tetapi sayangnya umah itu dijual dua tahun kemudian seharga USD 275.000, melunasi hipotek dan mengantongi sedikit keuntungan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini