Sukses

24 Persen Peserta Kartu Prakerja yang Menganggur Sudah Kerja atau Jadi Wirausaha

Net Promotor Score (NPS) pelatihan Prakerja semi bansos pada tahun 2020-2022 mencapai 33 NPS. Ini menandai kemajuan yang signifikan karena memasuki kategori NPS yang tinggi.

Liputan6.com, Jakarta - Sebanyak 24 persen peserta Program Kartu Prakerja skema normal di 2023 mengalami peningkatan kebekerjaan setelah mengikuti pelatihan.

“Ini (terhitung) satu bulan setelah peserta mendapat insentif. Jadi ketika ditanya kepada mereka yang masih berstatus menganggur, apakah peserta sekarang sudah bekerja atau berwirausaha, yang menjawab sebanyak 24 persen,” ungkap Direktur Eksekutif Prakerja Denni Puspa Purbasari dalam konferensi pers Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja di Jakarta, Rabu, 31 Mei 2023.

“Ini merupakan angka yang menggembirakan karena menandai bahwa Kartu Prakerja dalam waktu yang relatif cukup singkat mampu mendorong kebekerjaan dari para peserta Program Kartu Prakerja,” sambung.

Dalam kesempatan itu, Denny juga mengungkapkan bahwa kualitas pelatihan Kartu Prakerja semakin meningkat. Hal itu ditandai dengan kepuasan peserta yang semakin meningkat.

Kartu Prakerja mencatat, Net Promotor Score (NPS) pelatihan Prakerja semi bansos pada tahun 2020-2022 mencapai 33 NPS. Ini menandai kemajuan yang signifikan karena memasuki kategori NPS yang tinggi.

Sebagai informasi, Net Promotor Score (NPS) merupakan skor yang hasilnya mencerminkan loyalitas konsumen. Skala angka NPS adalah dari 10 - 100.

Kemudian pada skema normal tahun 2023, NPS Pelatihan Prakerja berlanjut naik ke angka 33.

“Dari data ini, persepsi dari penerima Kartu Prakerja mengungkapkan puas terhadap pelatihan di Program Kartu Prakerja yang ditandai dengan Net Promotor Score (NPS),” jelas Denni.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Gelombang Kartu Prakerja 2023 Kini Dibuka Reguler Tiap 2 Pekan

Program Kartu Prakerja menjadi yang paling ditunggu masyarakat. Kabar terbaru, pembukaan gelombang kartu prakerja 2023 akan dibuka secara reguler setiap dua pekan.

Pembukaan gelombang Kartu Prakerja secara reguler pun akan dimulai mulai Jumat besok, 2 Juni 2023.

"Setelah kita melihat skema normal dalam pelaksanaan Kartu Prakerja selama tiga bulan ini, kita confident akan membuka gelombang Program Kartu Prakerja secara reguler per dua minggu,” kata Direktur Eksekutif Prakerja Denni Puspa Purbasari dalam konferensi pers Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja di Jakarta, Rabu, 31 Mei 2023.

Gelombang reguler Kartu Prakerja ini nantinya akan dibuka setiap hari Jumat siang pukul 12.00 WIB hingga Senin malam pukul 23.59.

“Ini untuk pembukaan gelombang, tapi untuk pendaftaran akun bisa dilakukan kapanpun dalam tujuh hari 24 jam,” ujarnya.

Dikatakan bahwa pembukaan gelombang Kartu Prakerja akan terus diumumkan di platform media sosial dan website resminya Prakerja.go.id.

Denni pun mengajak masyarakat yang berminat mendaftar Kartu Prakerja untuk segera membuat akun agar dapat mengikuti pendaftaran di akhir pekan ini.

“Dengan dibuka gelombang (kartu prakerja) dan ditetapkan peserta setiap dua mingguan, para peserta yang belum lolos jadi tidak lupa untuk terus ikut gabung secara reguler. Hanya satu klik saja, sudah memastikan agar mereka ikut diperhitungkan dalam penetapan peserta di gelombang berikutnya,” kata Denni.

3 dari 3 halaman

Penyandang Down-Syndrome Punya Hak Bekerja, Program Kartu Prakerja Solusinya

Bisa bekerja adalah hak setiap orang, termasuk anak dengan down-syndrome. Semangat belajar dan berkembang dari sosok Ikhlas harus dimiliki juga oleh setiap masyarakat Indonesia.

Dilansir dari instagram @prakerja.go.id, Rabu (24/5/2023), Pemerintah mencoba memfasilitasi para penyandang down-syndrome melalui Program Kartu Prakerja.

Sebagai contoh, Kartu Prakerja menyebut bahwa Hotel Gran Melia Jakarta membuka kesempatan kerja bagi orang berkebutuhan khusus ataupun disabilitas, salah satunya dengan menerima penyandang down-syndrome untuk menjadi karyawan magang (program belajar kerja) pada Mei 2023.

Program ini merupakan kerjasama antara Gran Melia Jakarta dengan Yayasan Persatuan Orang Tua Anak dengan down-syndrome (POTADS).

Salah satunya M. Ikhlas Dwi Kurnia saat ini berusia 21 tahun. Ia ditempatkan didepartemen front office yang salah satu tugasnya termasuk menyambut para tamu hotel saat kedatangan. Ikhlas akan magang setiap hari Senin, Selasa, dan Jumat.

"Skill yang dimiliki Mas Ikhlas terdapat banyak kelebihan, kemampuan untuk berkomunikasi dengan yang lain, kepercayaan dirinya bagus, mempunyai sikap atau attitude yang baik," kata Director of Human Resources Gran Melia Jakarta Rudi Santoso.

Menurut Manajemen Kartu Prakerja, dari Ikhlas kita bisa belajar bahwa setiap orang bisa belajar dan mengembangkan dirinya dengan batasan apapun selama ia memiliki kemauan.

"Fokus kepada hal yang kita bisa kontrol. Jangan sibuk mengeluh untuk hal yang di luar kontrol kita," tulis @prakerja.go.id. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini