Sukses

Alasan Kapasitas Hanya 60 Ribu Penonton saat Laga Timnas Indonesia Lawan Argentina

Persatuan Sepak Bola Seluruh indonesia (PSSI) menyediakan 60.000 kapasitas penonton ketika tim nasional Indonesia melawan juara dunia Argentina saat ajang FIFA Match Day di Jakarta, Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) menyediakan 60.000 kapasitas penonton ketika tim nasional Indonesia melawan juara dunia Argentina saat ajang FIFA Matchday di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta pada 19 Juni 2023.

Stadion Utama Gelora Bung Karno memiliki kapasitas maksimal 77.000 penonton. Ketua Umum PSSI Erick Thohir menuturkan, ada beberapa hal yang harus dijaga kapasitas penonton untuk menyeimbangkan keamanan. Selain itu, ada juga kuota tiket untuk pihak sponsor, tokoh sepak bola internasional, Asia, Asia Tenggara.

"Tentu ada beberapa hal yang kita jaga kapasitas biar seimbang jaga keamanan. Ada pihak-pihak sponsor yang punya kuota tiket ini kita jaga juga, beberapa tokoh sepak bola internasional, dan kepengurusan Asia Tenggara, Asia, dunia ini kita undang juga," ujar dia yang dikutip saat live streaming tv swasta, Senin (29/5/2023).

Erick menambahkan, Federasi Sepak Bola Argentina (AFA) juga terkejut melihat infrastruktur yang dimiliki Indonesia.

"Mereka terkejut infrastruktur, lapangan, hotel, airport dan lainnya. Menunjukkan ke beberapa negara (pihak-red) yang belum pernah ke Indonesia, negara kuat bangun sepak bola di kultural dan infrastruktur. Tinggal kebiasaan untuk jadi tradisi supaya diperhitungkan dunia," tutur Erick Thohir.

Target Pendapatan

Selain itu, PSSI juga menargetkan pendapatan Rp 260 miliar dari ajang FIFA Match Day di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta pada 19 Juni 2023.

"PSSI ingin juga selain dapat dukungan pemerintah maksimal untuk bangun sepak bola, tetapi PSSI juga harus mulai biasakan komersiaslisasi. Ini pertama kali PSSI announce targetkan penjualan Rp 260 miliar,karena ini ongkos yang kita bawa untuk training, bayar pelatih dan lainnya," ujar dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

FIFA Matchday Timnas Indonesia Lawan Argentina Bantu Capai Target 1,4 Miliar Wisatawan pada 2023

Sebelumnya, Ketua Umum PSSI Erick Thohir mengumumkan harga tiket FIFA Matchday antara Timnas Indonesia vs Argentina. Termurah untuk kategori 3 dibanderol dengan Rp 600.000, sementara termahal kategori VIP dipatok Rp 4.250.000.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno meyakini pertandingan Tim Nasional Indonesia melawan Argentina dalam laga FIFA Matchday Timnas Indonesia dengan Argentina ini akan mendorong naiknya pergerakan wisatawan Nusantara.

“Kita melihat bahwa pergerakan wisatawan Nusantara pasti akan sangat tinggi karena peminat sepak bola ini akan sangat besar,” ujar Sandiaga Uno dikutip dari Antara, Senin (29/5/2023).

Dia menyampaikan target pemerintah atas 1,4 miliar pergerakan wisatawan Nusantara tahun ini, salah satunya juga akan didorong oleh sport tourism, termasuk laga Timnas Indonesia-Argentina.

Sebelumnya Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) melalui Ketua Umum PSSI Erick Thohir mengumumkan bakal menjalani pertandingan uji coba melawan Argentina di FIFA match day bulan Juni mendatang.

 

 

3 dari 5 halaman

Buat Gebrakan

Hal itu disampaikan Erick Thohir dalam acara konferensi pers yang juga dihadiri perwakilan Federasi Sepak Bola Argentina (AFA) supporter of oltre consulting account Pablo Sebastian Wergifker, Team Manager Argentina Daniel Cabrera, dan Oltre Consulting Account Maria Cristina Russo.

"Kita untuk FIFA match day ini akan membuat gebrakan. Satu kita lawan Palestina yang rangking 93 lebih bagus dari kita. Bahwa Argentina juga ingin hadir di Indonesia turut membangun sepak bola Indonesia, ini bagian persahabatan dua negara," kata Erick Thohir dalam konferensi pers di stadion utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Rabu 24 Mei 2023.

Dijadwalkan tim nasional Indonesia bakal menjamu timnas Argentina pada 19 Juni di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta. Kepastian ini telah diambil seusai sejumlah tim yang dibentuk oleh AFA selesai melakukan peninjauan stadion.

"Ini momentum luar biasa untuk sepak bola Indonesia menjaga momentum kebangkitannya. Makanya saya bilang kemarin, SEA Games euforianya sudah cukup. Kita punya lebih tinggi membangun tim nasional lebih baik lagi," kata mantan Presiden klub sepak bola Inter Milan yang juga Menteri BUMN itu.

4 dari 5 halaman

Tiket Resmi FIFA Matchday

Ketua Umum PSSI Erick Thohir sudah membuat pengumuman resmi terkait penjualan tiket FIFA Matchday antara Timnas Indonesia vs Argentina.

Sosok yang merangkap sebagai Menteri BUMN itu mengeklaim terdapat beberapa kategori penjualan tiket untuk laga skuad Garuda melawan sang juara Piala Dunia 2022.

Adapun harga termurah untuk laga Indonesia vs Argentina kategori 3 dibanderol dengan Rp600.000, sementara harga termahal kategori VIP dipatok dengan nilai Rp4.250.000

"Kita coba melayani masyarakat sepak bola dengan harga yang baik. (Biaya tiket) ini sudah termasuk pajak dan biaya service," tutur Erick dalam konferensi pers pengumuman tiket FIFA Matchday di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senin (29/5/2023).

"Untuk category 3 itu Rp600rb, category 2 itu Rp1,2 juta, category 1 Rp2,5 juta dan untuk VIP barat dan timur 4,25jt. Ini saya rasa hitung-hitungan yang bisa kita lakukan secara maksimal."

"Ini juga menjadi bagian dari kita mendorong supya tahun depan (ada) pertandingan internasional lagi di Indonesia," tandas pria berusia 52 tahun tersebut.

 

5 dari 5 halaman

Waktu Penjualan Tiket

Adapun penjualan tiket Timnas Indonesia vs Argentina bakal dibuka pada 5 Juni 2023 khusus nasabah BRI.

Sementara itu, khusus pecinta sepak bola yang non pengguna BRI, mereka dapat mengikuti sesi pembelian tiket umum pada 6-7 Juni mendatang.

"Yang pasti, kita akan mulai pembelian tiket tanggal 5 Juni khusus BRI Card Holder. Nanti tanggal 6-7 Juni baru ada public sales untuk semua pembayaran," papar Erick.

"Pembelian tiket bisa dilakukan lewat website PSSI dan Tiket.com,  kick-off (Indonesia vs Argentina) pukul 19.30 malam. Jumlah tiket yang dijual sebanyak 60 ribu," tandas dia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.