Sukses

Harga Emas Tergelincir di Bawah USD 2.000 per Ons Imbas Data Ekonomi AS

Harga emas turun di bawah USD 2.000 pada hari Selasa setelah rilis data ekonomi AS

Liputan6.com, Jakarta Harga emas turun di bawah USD 2.000 pada hari Selasa setelah data ekonomi AS dan pernyataan hawkish dari pejabat Federal Reserve mendorong spekulasi bahwa penurunan suku bunga mungkin tertunda. Terkait harga emas ini, para pedagang mengawasi pembicaraan plafon utang AS.

Penjualan ritel AS meningkat kurang dari yang diharapkan pada bulan April, tetapi tren dasarnya solid, mendorong kenaikan dolar AS dan mengirim imbal hasil Treasury 10 tahun ke level tertinggi dua minggu.

Harga emas di pasar spot turun 1,47 persen pada USD 1990,89 per ons. Sementara emas berjangka AS turun 1,38 persen menjadi USD 1.994,70.

Dikutip dari CNBC, Rabu (17/5/2023), Presiden Richmond Fed Thomas Barkin mengatakan dia "nyaman" dengan menaikkan suku bunga lebih lanjut jika diperlukan untuk menurunkan inflasi.

Ketua Fed Cleveland Loretta Mester mengatakan bank sentral AS belum pada titik di mana ia dapat mempertahankan suku bunga stabil untuk jangka waktu tertentu.

Ini mengikuti komentar hawkish dari pejabat Fed lainnya pada hari Senin.

"Kami perlu melihat lebih banyak tanda-tanda pivot dari Federal Reserve dan kami belum sepenuhnya melihatnya," kata Craig Erlam, analis pasar senior di OANDA.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Daya Tarik Emas Turun

Suku bunga tinggi menumpulkan daya tarik logam mulia yang tidak menghasilkan, meskipun dianggap sebagai lindung nilai terhadap ketidakpastian ekonomi.

Tapi secara keseluruhan, pedagang dapat terus membeli setiap penurunan harga emas "saat mereka menunggu kegagalan plafon utang ini", kata Phillip Streible, kepala strategi pasar di Blue Line Futures, di Chicago.

Presiden Demokrat Joe Biden dan anggota Kongres dari Partai Republik Kevin McCarthy akan duduk pada pukul 3 sore. EDT untuk mencoba membuat kemajuan dalam kesepakatan untuk menaikkan plafon utang dan mencegah default bencana ekonomi.

3 dari 4 halaman

Prediksi Harga Emas Dunia Pekan Ini, Siap-Siap Anjlok?

Setelah mencapai level tertinggi USD 2.055 per ons pada pekan lalu, penguatan kurs dolar Amerika Serikat (AS) membuat harga emas dunia terbebani. Hal ini memaksa logam mulia tersebut untuk mengakhiri minggu lalu ke level yang lebih rendah . 

Analis menunjukkan perbedaan dalam ekspektasi suku bunga Bank Sentral AS, Federal Reserve (The Fed) sebagai kebisingan tambahan di dalam perdagangan emas.

"Minggu lalu adalah tentang dolar, yang telah mengalami reli signifikan, menghilangkan sebagian daya tarik emas," kata Analis Pasar Senior OANDA Edward Moya dikutip dari Kitco, Senin (15/5/2023)

Kepala Strategi Komoditas Global TD Securities, Bart Melek menyatakan, ada juga kesenjangan yang melebar antara ekspektasi pasar dan apa yang dikatakan dot plot Fed.

"Bahkan jika Fed lebih dovish daripada sekarang, ada risiko bahwa pasar mungkin harus mendekati titik tersebut. Itulah harga emas di sini," kata Melek kepada Kitco News.

Potensi Kenaikan Suku Bunga The FedNarasi yang saling bertentangan sedang berkembang antara The Fed yang menandakan jeda pada bulan Juni dan beberapa pejabat Fed menyerukan kenaikan suku bunga lebih banyak.

"Dan jika inflasi inti masih di atas 5 persen di pertengahan atau akhir musim panas, Anda tidak perlu heran jika Fed jauh lebih hawkish," kata Moya

Artinya jalan bagi harga emas untuk menuju rekor tertinggi akan lebih kompleks daripada yang diyakini beberapa orang.

"Saya masih bullish tapi tidak seagresif. Saya ragu ketika orang bertaruh terhadap dolar, jangan heran pergerakan lebih tinggi bertahan sedikit lebih lama. Ini bisa mengganggu emas. Tapi latar belakang makro bagus. Kami masih melihat resesi di paruh kedua tahun ini atau awal 2024," kata Moya.

4 dari 4 halaman

Analisis Pekan Ini

Peristiwa penting yang diamati analis minggu ini mencakup lebih banyak data makro, seperti penjualan ritel, debat plafon utang saat tenggat waktu 1 Juni semakin dekat, dan risiko penularan sektor perbankan.

"Masih terlalu banyak risiko yang akan membuat investor membutuhkan lebih banyak aset safe haven. Terlalu banyak tekanan geopolitik, dan debat pagu utang menemui jalan buntu. X-date itu mungkin akan ditunda beberapa minggu," Moya dicatat.

Tekanan pasar tambahan itu akan datang, dan kondisi kredit semakin ketat. "Ini berita buruk bagi perekonomian," kata Moya.

Data makro baru-baru ini menunjukkan inflasi yang membandel, dengan angka tahunan utama turun di bawah 5 persen pada bulan April, tetapi angka inti yang disukai Fed masih di 5,5 persen.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini