;
Sukses

Sucofindo Ajak Pelaku Industri Konsisten Jaga Lingkungan

PT Sucofindo kembali menggelar sesi talkshow Cerita Bersama Sucofindo (Carbon) bertajuk “Strategi Perolehan Nilai Maksimal Inovasi Sosial dan Social Return on Investment (SROI)”, secara daring.

 

Liputan6.com, Jakarta PT Sucofindo kembali menggelar sesi talkshow Cerita Bersama Sucofindo (Carbon) bertajuk “Strategi Perolehan Nilai Maksimal Inovasi Sosial dan Social Return on Investment (SROI)”, secara daring.

Kegiatan ini merupakan bagian dari rangkaian perhelatan Environmental and Social Innovation Awards (ENSIA) 2023, yang sebelumnya telah sukses terlaksana pada September 2022.

“Perhelatan ini sebagai komitmen PT Sucofindo dalam mendorong perusahaan atau pelaku industri untuk konsisten menjaga lingkungan dan pemberdayaan masyarakat,” kata Direktur Komersial PT Sucofindo Darwin Abas, Senin (15/5/2023).

Selanjutnya, Kepala Unit Kerja PT Sucofindo Cabang Semarang Wahyudi Arief menyampaikan bahwa perolehan nilai inovasi sosial dan social return on investment (SROI) menjadi parameter pencapaian Proper Emas.

“Proper Emas ialah Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan level tertinggi dalam pengelolaan lingkungan yang dikembangkan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), dengan beberapa indikator penilaian yang terukur,” kata Wahyudi.

Oleh karena itu, melalui kegiatan talkshow Carbon ini tidak hanya memberikan ruang pada para pelaku usaha atau masyarakat tetapi juga menghadirkan narasumber, baik dari praktisi maupun akademisi.

“Hal ini sebagai ruang diskusi dan mampu memotivasi dalam membuat inovasi lingkungan dan sosial, serta sejalan dengan penerapan social return on investment (SROI),” imbuh Wahyudi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Laporan SROI

Selanjutnya, Dosen Universitas Padjadjaran Dede Abdul Hasyir menjelaskan bahwa laporan SROI merupakan pembuktian secara kuantitatif atas dampak atau manfaat dari program CSR unggulan yang telah diklaim memiliki muatan inovasi sosial.

Dalam mendukung upaya pengelolaan lingkungan hidup dan pemberdayaan masyarakat oleh pelaku usaha, PT Sucofindo Cabang Semarang sejak tahun 2017 telah aktif mendampingi Public Disclosure Program for Environmental Compliance (Proper), yaitu berbicara mengenai penilaian kinerja pengelolaan lingkungan suatu perusahaan melalui berbagai indikator.

Selain itu, PT Sucofindo Cabang Semarang juga mampu melayani seluruh jasa turunan dari Proper seperti GAP analysis, pendampingan dokumen hijau dan DRKPL, pemetaan sosial (social mapping), stakeholder engagement, indeks kepuasan masyarakat dan social license index, audit energi, audit air, verifikasi data dan SDGs, Social Return on Investment (SROI), pendampingan inovasi sosial, maupun benchmarking.

3 dari 4 halaman

Layani Uji Mineral dan Batu Bara, Sucofindo Resmikan Laboratorium di Kaltim

Sebelumnya, PT Sucofindo meresmikan Laboratorium Unit Pelayanan (UP) Sangkulirang di Kabupaten Kutai Timur, Kalimantan Timur. Laboratorium UP Sangkulirang ini merupakan komitmen PT Sucofindo dalam realiasi mendukung operasional jasa Testing, Inspection, and Certification (TIC) bidang Mineral dan Batubara (Minerba).

“Laboratorium UP Sangkulirang mampu melayani kegiatan Inspeksi dan Pengujian Mineral dan Batu bara sejalan dengan komitmen Sucofindo dalam mendukung pertambangan yang berkelanjutan (sustainable mining practices),” kata Direktur Komersial PT Sucofindo Darwin Abas.

Dengan peresmian Laboratorium UP Sangkulirang, menurut Darwin juga merupakan langkah nyata mendukung refocussing bisnis Sucofindo dalam IDSurvey, yaitu mendukung kebijakan pemerintah dalam hilirisasi produk pertambangan serta mendukung tata kelola pertambangan yang berkelanjutan (sustainable mining practices).

Laboratorium UP Sangkulirang merupakan layanan di bawah PT Sucofindo Cabang Sangatta, Kalimantan Timur.  Selanjutnya, Sucofindo Cabang Sangatta memiliki 2 Unit Pelayanan (UP), yaitu UP Sangkulirang dan UP Bengalon serta memiliki 3 laboratorium yang berlokasi di wilayah Tanjung Bara, Bengalon, dan di site operasional PT Ganda Alam Makmur (GAM). 

Darwin berharap dengan adanya Laboratorium UP Sangkulirang mampu mendekatkan layanan kepada pelanggan.

“Lokasi kami dekat dengan wilayah mayoritas pertambangan dan dekat dengan area pelanggan kami di area jetty PT GAM. Namun, tidak menutup kemungkinan untuk Laboratorium UP Sangkulirang dapat melayani potensi pelanggan lainnya di area pertambangan dan industri pertambangan lain di wilayah Sangkulirang, atau secara luas wilayah Kalimantan Timur dengan pelayanan kami yang lebih cepat dan efisien,” kata Darwin.

4 dari 4 halaman

Laboratorium UP Sangkulirang

Selanjutnya, Darwin Abas menambahkan bahwa Laboratorium UP Sangkulirang juga merupakan upaya Sucofindo dalam penetrasi dan menjaring pelanggan baru.

“Tak hanya fokus dalam layanan Mineral dan Batubara, Laboratorium UP Sangkulirang juga mampu melayani jasa pengujian dan analisis lingkungan,” ujar Darwin.

Oleh karena itu, dengan pendekatan lokasi tersebut Darwin berharap dapat meningkatkan waktu layanan. “Kami menyediakan yang terbaik untuk pelanggan kami, khususnya dalam pengujian kualitas kandungan mineral dan batubara. Selain itu, laboratorium kami juga menyediakan peralatan terkini yang mampu meningkatkan kecepatan dan akurasi hasil pengujian mineral batubara,” ujar Darwin. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini