Sukses

Tarif Tol Medan-Binjai Naik di Atas 100 Persen Mulai Jumat 19 Mei 2023 Pukul 00.00, Berikut Rinciannya

Tol Medan-Binjai mulai beroperasi sejak tahun 2017, dimana sesuai regulasi penyesuaian tarif tol dilakukan setiap 2 tahun sesuai laju inflasi.

Liputan6.com, Jakarta - PT Hutama Karya (Persero) akan resmi menetapkan kenaikan tarif tol baru untuk Jalan Tol Medan-Binjai pada 18 Mei 2023 pukul 24.00 WIB atau 19 Mei 2023 pukul 00.00 WIB. Kebijakan ini menyusul keluarnya Surat Keputusan (SK) Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Nomor 456/KPTS/M/2023 tentang Penetapan Besaran tarif Jalan Tol Medan-Binjai.

Per 19 Mei 2023 nanti, tarif kendaraan kecil golongan I Tol Medan-Binjai untuk rute terjauh Tanjung Mulia-Binjai maupun sebaliknya bakal naik dua kali lipat lebih, hingga Rp 13.500.

Direktur Operasi III Hutama Karya Koentjoro menyampaikan, penyesuaian tarif tol Medan-Binjai telah sesuai dengan regulasi dan penyesuaian tarif tol. Terlebih telah mengalami penundaan hingga 2-3 kali dari jadwal seharusnya.

"Tol Medan-Binjai mulai beroperasi sejak tahun 2017, dimana sesuai regulasi penyesuaian tarif tol dilakukan setiap 2 tahun sesuai laju inflasi. Sehingga seharusnya telah dilakukan penyesuaian tarif sejak tahun 2019. Namun, adanya pandemi Covid-19 dan kenaikan harga BBM hingga 30 persen pada seluruh sektor industri menjadi faktor penundaan penyesuaian," terang Koentjoro, Senin (15/5/2023).

Lebih lanjut, Koentjoro menjelaskan, telah perusahaan telah melakukan sosialisasi penyesuaian tarif kepada masyarakat, termasuk melakukan Focus Group Discussion (FGD) Internal Virtual Terbatas Sosialisasi Penyesuaian Tarif Tol Medan-Binjai dan Bakauheni-Terbanggi Besar. Bersama dengan regulator, stakeholder serta Key Opinion Leader (KOL).

"Kami berdiskusi dan mendapatkan banyak masukan dan dukungan atas penyesuaian tarif tol Medan-Binjai, dengan harapan peningkatan level of service Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) dan menciptakan iklim investasi jalan tol yang kondusif," ungkapnya.

Berikut rincian tarif tol Medan-Binjai terbaru per 19 Mei 2023 Pukul 00.00 WIB, untuk rute terjauh Tanjung Mulia-Binjai:

  • - Golongan I: dari Rp 13.000 menjadi Rp 26.500
  • - Golongan II dan III: dari Rp 19.500 menjadi Rp 40.000
  • - Golongan IV dan V: dari Rp 26.000 menjadi Rp 53.000

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Selain Medan-Binjai dan Bakauheni-Terbanggi Besar, Tarif 2 Ruas Tol Trans Sumatera Lain Segera Naik

Sebelumnya, PT Hutama Karya (Persero) akan segera menyesuaikan tarif Tol Medan-Binjai dan Tol Bakauheni-Terbanggi Besar. Tak hanya itu, perseroan juga bakal menaikan tarif untuk dua ruas Jalan Tol Trans Sumatera lainnya.

Namun begitu, EVP Divisi Operasi & Pemeliharaan Jalan Tol Hutama Karya Dwi Aryono Bayuaji mengatakan, kepastian tarif Tol Medan-Binjai dan Bakauheni-Terbanggi Besar naik masih belum bisa dipastikan.

"Kalau terkait dengan penyesuaian tarif tentunya segera kita sosialisasikan, begitu semua terkait dengan segala pemenuhan yang harus kita penuhi sudah kita sesuaikan. Itu akan segera kita infokan," kata Dwi di Kantor Kementerian PUPR, Jakarta, Rabu (10/5/2023).

Untuk Tol Medan-Binjai, sambung Dwi, itu semustinya sudah dilakukan penyesuaian tarif pada 2022. Hutama Karya lantas mempersiapkan ongkos dinaikkan guna menambal kebutuhan dana untuk proyek lainnya di Jalan Tol Trans Sumatera.

"Sampai dengan saat ini belum dilakukan penyesuaian karena terkait dengan adanya penambahan investasi kita yang di interchange di Tanjung Mulia, kan diperlukan perhitungan ulang. Jadi bukan hanya inflasi saja, tapi karena ada penambahan terkait investasi atau perubahan lingkup. Akan segera kami infokan," paparnya.

 

3 dari 3 halaman

Pekanbaru-Dumai dan Palembang-Indralaya

Lebih lanjut, Dwi menyampaikan, Hutama Karya juga berencana untuk menaikan tarif dua ruas tol lainnya di Pulau Sumatera dalam waktu dekat, yakni Pekanbaru-Dumai dan Palembang-Indralaya.

"Selain dua ruas itu ada di Pekanbaru-Dumai, yang itu juga seharusnya kenaikan tarifnya dilaksanakan tahun lalu, tahun 2022. Saat ini masih dalam pemeriksaan oleh teman-teman dari regulator," ungkapnya.

Sama seperti dua ruas awal, Dwi belum bisa menyebut kapan tarif Tol Pekanbaru-Dumai akan naik. Namun untuk ruas Tol Palembang-Indramayu, ia memperkirakan tarifnya bakal melonjak di semester II 2023.

"Kemudian di tahun ini juga direncanakan ada satu lagi yang harusnya nanti naik, kalau enggak salah ruas Palembang-Indralaya. Itu kenaikan kalau secara perhitungannya adalah di bulan September atau Oktober," kata Dwi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini