Sukses

Kasih Diskon Tarif Tol saat Mudik, Jasa Marga dan Hutama Karya Masih Panen Cuan

Sejumlah badan usaha jalan tol (BUJT) menerapkan potongan harga atau diskon tarif tol selama periode mudik dan balik Lebaran 2023. Kendati demikian, operator jalan tol tersebut mengaku masih panen cuan alias keuntungan.

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah badan usaha jalan tol (BUJT) menerapkan potongan harga atau diskon tarif tol selama periode mudik dan balik Lebaran 2023, seperti Jasa Marga dan Hutama Karya. Kendati demikian, operator jalan tol tersebut mengaku masih panen cuan alias keuntungan.

Operation and Maintenance Management Group Head Jasa Marga, Atika Dara Prahita, mengatakan tujuan pemberian diskon tarif tol untuk melancarkan distribusi trafik.

"Berdasarkan evaluasi, dengan adanya diskon, distribusi lalu lintas bisa 20 persen. Bentuk dukungan BUJT berikan insentif kepada pemudik secara total tidak berpengaruh terhadap pendapatan," ujarnya di Kantor Kementerian PUPR, Jakarta, Rabu (10/5/2023).

Meskipun pemasukan bertambah, Atika menyebut Jasa Marga belum menghitung secara rinci berapa keuntungan yang diperoleh selama musim mudik Lebaran 2023. Bila dirata-rata, pendapatan perseroan naik sekitar 20 persen.

"Sejauh ini memang ada peningkatan pendapatan. Ada peningkatan dibanding kondisi normal di Jasa Marga Group, kurang lebih 20 persen dari yang normal," ungkapnya.

Senada, EVP Divisi Operasi & Pemeliharaan Jalan Tol Hutama Karya Dwi Aryono Bayuaji menegaskan, pemberian diskon tarif tol tujuannya bukan untuk meraup pendapatan.

Namun, Dwi tidak menampik memang ada peningkatan pemasukan yang didapat selama periode tersebut, meskipun tidak terlalu signifikan.

"Karena di kami, dibanding volume lalu lintas normal, (trafik arus mudik dan balik Lebaran 2023) masih di atas. Artinya tidak membuat pendapatan kami turun. Masih dalam batas yang tidak menyebabkan kerugian," sebut Dwi.

"Secara kinerja keuangan, karena distribusi merata, di samping membantu tol lancar, dari sisi pendapatan malah bisa sedikit meningkat dibanding lalu lintas normal. Itu karena kendaraan yang melintas lebih baik," tuturnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Diskon Tarif Tol selama Arus Mudik dan Balik Lebaran 2023 Mampu Tahan Laju Inflasi

Sejumlah pengelola jalan tol memberikan diskon tarif hingga 20 persen di periode arus Mudik dan arus Balik Lebaran 2023. Ternyata pemberian diskon ini tidak hanya memecah kepadatan arus lalu lintas tetapi juga menahan laju inflasi.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Margo Yuwono menjelaskan, pemberikan diskon tarif oleh pengelola tol salah satunya PT Jasa Marga (Persero) dinilai efektif untuk menekan tingkat inflasi di bulan April 2023 dari kelompok angkutan transportasi.

“Untuk diskon tarif tol tidak memberikan andil untuk inflasi,” kata Margo Yuwono di Gedung BPS, Jakarta Pusat, Selasa (2/5/2023).

Margo menjelaskan sejak tahun 2019 hingga tahun 2023 tingkat inflasi saat musim Ramadan dan Lebaran utamanya disumbang dari kelompok transportasi. Utamanya dari tahun ke tahun disumbang dari tarif angkutan udara.

“Yang pasti kenaikan tarif ini karena tingginya permintaan,” kata Margo.

Selain itu di Agustus tahun 2022 , pemerintah telah memberlakukan tuslah atau mengurangi tambahan biaya angkutan udara. Cara ini dilakukan untuk menekan harga tiket pesawat karena tingginya harga avtur yang melonjak di atas harga normal kala itu.

“Ini pola momen lebaran transportasi selalu mendapatkan tekanan dan menyebabkan inflasi,” kata Margo.

 

3 dari 4 halaman

Diskon Tarif 20 Persen di Jalan Tol Semarang hingga Jakarta saat Arus Balik Lebaran 2023

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dan Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) kembali memberikan diskon tarif untuk 12 ruas tol dalam rangka mendukung kelancaran arus balik Lebaran 2023.

Sekretaris Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR Triono Junoasmono mengatakan, diskon tarif tol ini merupakan upaya Pemerintah bersama BUJT untuk memecah arus kepadatan lalu lintas dan penumpukan di jalan tol pada saat arus balik Lebaran 2023.

Diskon tarif tol di momen Lebaran 2023 ini merupakan upaya Pemerintah bersama BUJT untuk memecah arus kepadatan lalu lintas dan penumpukan di jalan tol pada saat arus balik Lebaran 2023.

Pemerintah melalui Kementerian PUPR menyambut baik inisiatif BUJT yang turut memberikan diskon tarif tol pada arus balik Lebaran 2023, dimana sebelumnya 6 ruas jalan tol, yakni 3 ruas di Pulau Jawa (Jalan Tol Jakarta-Cikampek, Tangerang-Merak dan Cibitung-Cilincing) dan 3 ruas di Pulau Sumatera (Jalan Tol Bakauheni-Terbanggi Besar, Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung, Kayu Agung-Palembang-Betung).

Saat ini bertambah 6 ruas Jalan Tol Trans Jawa, sehingga total terdapat 12 ruas tol yang memberikan diskon tarif tol pada arus balik Lebaran 2023.

Penerapan diskon tarif tol terjauh sebesar 20 persen diberlakukan pada 27 April 2023 pukul 06.00 WIB sampai dengan 29 April 2023 pukul 06.00 WIB di 6 ruas Jalan Tol Trans Jawa dari Semarang hingga Jakarta.

4 dari 4 halaman

6 Ruas Tol Lainnya

Adapun enam ruas tol yang diterapkan diskon tarif tersebut, antara lain Jalan Tol Batang-Semarang, yang dikelola oleh PT Jasamarga Semarang Batang, Jalan Tol Pemalang-Batang, yang dikelola oleh PT Pemalang Batang Toll Road, Jalan Tol Pejagan-Pemalang, yang dikelola oleh PT Pejagan Pemalang Toll Road.

Kemudian Jalan Tol Kanci-Pejagan yang dikelola oleh PT Semesta Marga Raya, Jalan Tol Palimanan-Kanci yang dikelola oleh PT Jasa Marga (Persero) Tbk, dan Jalan Tol Cikampek (Cikopo)-Palimanan yang dikelola oleh PT Lintas Marga Sedaya.

"Dengan adanya penerapan diskon tarif tol pada momen arus balik Lebaran 2023 ini, diharapkan dan diimbau kepada masyarakat lebih bijak dalam memilih waktu pulang kembali ke Jakarta agar tidak terjadi penumpukan kendaraan di jalan tol," kata Triono.

  

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini