Sukses

Kecelakaan Bus Pariwisata di Guci Tegal, Pengamat Sebut Perlu Sanksi Tegas ke Perusahaan dan Sopir

Kecelakaan bus pariwisata terjadi di kawasan Objek Wisata Guci, Tegal, Jawa Tengah pada Minggu 7 Mei 2023. Pengamat transportasi menilai perlu sanksi tegas kepada sopir dan perusahaan bus agar beri efek jera.

Liputan6.com, Jakarta - Kecelakaan bus pariwisata terjadi di sekitar kawasan Objek Wisata Guci, Kecamatan Bojong, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah pada Minggu siang, (7/5/2023). Kapolres Slawi AKBP Mochammad Sajarod Zakun mengkonfirmasi kecelakaan bus pariwisata tersebut bukan masuk jurang tetapi sungai.

"Ya, ada kecelakaan tunggal. Bukan bus masuk jurang, namun masuk sungai," ujar dia dikutip dari Antara.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, dugaan sementara penyebab bus Duta Wisata asal Tangerang masuk jurang di Sungai Awu itu berawal saat sopir bus sedang memanaskan mesin di lokasi parkir. Kemudian sopir bus pergi meninggalkan bus dengan kondisi mesin hidup. "Namun, tiba-tiba bus terjun ke sungai tepat di bawah areal parkir hingga posisi akhir terguling di sungai," kata seorang penumpang bernama Muhammad Alwi (52).

Terkait hal itu, Pengamat Transportasi Djoko Setijawarno menilai, kejadian kecelakaan yang melibatkan bus pariwisata jadi momen pemerintah dalam hal ini Kementerian Perhubungan memperketat pengawasan terutama kepada perusahaan bus dan sopir. Djoko menilai, kecelakaan bus pariwisata lantaran sebelumnya terlalu banyak toleransi ketika terjadi kecelakaan seperti masalah izin bus.

"Terlalu banyak pelanggaran dan tolerasi di darat dan laut. Masalah izin bisnis bus pariwisata, diberi sanksi kalau tidak berizin,” kata Djoko saat dihubungi Liputan6.com.

Selain itu, Djoko menilai, saat ini event organizer (EO) yang mengurus perjalanan wisata murah tetapi tidak memperhatikan keselamatan, salah satunya dari penyediaan transportasi dan sopir.

"EO tawarkan biaya murah tetapi tidak perhatikan keselamatan, hanya kasih murah. Ada EO tawarkan memakai bus brimob. Selain itu sopir bus pariwisata itu harusnya dua. Seharusnya sopir di dalam (saat mesin dinyalakan-red). Sama seperti pilot ketika nyalakan mesin, pesawat tak boleh ditinggalkan,” ujar Djoko.

Oleh karena itu, ia menilai perusahaan bus pariwisata juga perlu melakukan pembinaan sopir. Saat kejadian kecelakaan, menurut Djoko tidak hanya sopir yang bertanggung jawab tetapi juga perusahaan bus tersebut, salah satunya dengan penghentian izin agar beri efek jera.

"Jangan hanya salahkan sopir, tapi perusahaan (bus-red) juga diberi sanksi tegas. Sudah terlalu sering pembiaran, polisi tidak tegas,” kata dia.

Djoko menuturkan, masyarakat juga saat memilih paket perjalanan wisata tidak hanya murah tetapi juga memperhatikan keselamatan. Ia mengingatkan agar masyarakat juga mengetahui bus yang dipakai dan perusahaan busnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kecelakaan Bus Masuk Sungai di Guci Tegal, 1 Orang Meninggal Dunia

Sebelumnya, Kapolres Tegal, AKBP Mochmmad Sajarod Zakun menyebut, satu orang meninggal dunia akibat kecelakaan bus di Guci, Tegal, Jawa Tengah. Kejadian itu diketahui terjadi pada Minggu (7/5/2023) pagi.

"Iya, update yang terbaru dari korban yang dirawat di Puskesmas meninggal dunia, inisial M (60), warga Kota Tangsel," kata Sajarod Zakun, Minggu (7/5/2023).

Berdasarkan data sementara, korban luka berat saat ini hanya tersisa satu orang saja dan 35 orang lainnya yakni mengalami luka ringan.

"Dari manifest 50 orang, tapi di dalam bus saat kejadian ada 37, sisanya 13 belum naik. Dari 37 itu, 1 meninggal dunia dalam perawatan. Sempat dibawa ke RS, luka berat 1, luka ringan 35," sebutnya.

Nantinya, untuk satu orang yang meninggal dunia tersebut akan dibawa ke rumah duka yang berada di wilayah Tangerang Selatan.

"Iya, jadi dari pihak keluarga korban meninggal dunia, ini akan segera dibawa ke rumah duka di Tangerang sana," ujarnya.

"(Masih di RS) Mesti dibawa ke RS dulu, nanti baru dibawa ke rumah duka. Nanti perkembangan akan kita sampaikan lebih lanjut," pungkasnya.

3 dari 3 halaman

Badan Bus Belum Dievakuasi

Sementara itu, Kapolres Tegal, AKBP Mochmmad Sajarod Zakun mengatakan badan bus belum dievakuasi hingga saat ini.

"Belum (dievakuasi). Masih menunggu crane," kata Sajarod saat dihubungi merdeka.com.

"Kejadian di daerah Guci, objek wisata," sambungnya.

Hingga berita ini ditulis, sejumlah warga masih proses menyelamatkan para penumpang yang ada di dalam bus.

"Kita fokus ke penumpang terlebih dahulu," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini