Sukses

Siap-siap, KAI Buka 500 Lowongan Kerja di Job Fair UNS pada 10-11 Mei 2023

PT KAI (Persero) membuka lowongan kerja untuk berbagai formasi melalui Job Fair Universitas Sebelas Maret (UNS) yang beralamat di Jl Ir Sutami No. 36A, Jebres, Surakarta pada Rabu (10/5/2023) dan Kamis (11/5/2023).

Liputan6.com, Jakarta - PT KAI (Persero) membuka lowongan kerja untuk berbagai formasi melalui Job Fair Universitas Sebelas Maret (UNS) yang beralamat di Jl Ir Sutami No. 36A, Jebres, Surakarta pada Rabu (10/5/2023) dan Kamis (11/5/2023).

VP Public Relations PT KAI Joni Martinus menyampaikan, perekrutan ini akan membuka jumlah formasi besar-besaran. "Jumlah total kuota yang disiapkan untuk berbagai posisi sekitar 500-an orang," ujarnya kepada Liputan6.com, Sabtu (6/5/2023). 

"KAI memberikan kesempatan kepada putra-putri terbaik bangsa untuk bergabung dan berkarier di KAI melalui rekrutmen ini," ungkap dia. 

Tingkat pendidikan yang dibutuhkan dalam lowongan kerja ini yaitu SLTA (jurusan Teknik Otomotif, Teknik Elektro/Elektronika, Teknik Mesin, Teknik Listrik, Ilmu Pengtahuan Alam), D3 (jurusan Teknik Sipil, Teknik Otomotif, Teknik Elektro/Elektronika, Teknik Mesin, Teknik Listrik), D4/S1 (jurusan Teknik Informatika, Teknik Komputer/Sistem Informasi, Akuntansi, Pajak, Ilmu Hukum, Psikologi), dan S1 - Dokter (jurusan Dokter Umum, Dokter Gigi).

"Adapun untuk rincian persyaratan dan tahapan rekrutmen, masyarakat dapat mengakses laman web recruitment.kai.id," imbuh Joni. 

Waspada Penipuan Lowongan Kerja

Joni mengatakan, KAI mengimbau kepada masyarakat agar mewaspadai terhadap segala jenis bentuk yang terindikasi penipuan dengan mengatasnamakan rekrutmen KAI. Lalu juga mengabaikan pihak-pihak yang menjanjikan dapat membantu meluluskan peserta rekrut.

"Rekrutmen KAI tidak dipungut biaya apapun dan tidak menggunakan sistem refund, serta tidak bekerja sama dengan agen travel penyedia transportasi atau akomodasi yang berkaitan dengan pelaksanaan rekrutmen ini," tegas Joni.

Menurut dia, KAI berkomitmen melaksanakan rekruitmen ini dengan transparan berdasarkan pada tata kelola perusahaan yang baik, atau good corporate governance (GCG) untuk memajukan perkeretaapian indonesia.

"Untuk informasi selengkapnya terkait rekrutmen KAI, masyarakat dapat menghubungi Contact Center KAI melalui telepon di 121, WhatsApp 08111-2111-121, email cs@kai.id, atau media sosial KAI121," tandasnya. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

KAI Bakal Tambah KA Panoramic Pertengahan Tahun Ini

PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI berencana menambah kereta Panoramic pada pertengahan tahun ini. KAI akan menambah 4 unit kereta nantinya.

Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo menyebut penambahan kereta Panoramicdirencanakan bertepatan dengan momen libur anak sekolah di bulan Juni. 

"Targetnya Juni kita luncurkan bertepatan libur anak sekolah," ujarnya di Metropole Cikini, Jakarta Pusat, Jumat (14/4/2023).

Didiek menerangkan ada penyesuaian KA Panoramic yang digunakan. Misalnya dari jumlah kursi penumpang yang ada di dalam kereta, dari semula 46 kursi menjadi 38 kursi.

Tujuannya untuk memberikan pengalaman yang lebih luas bagi penumpang. Menurutnya, dengan skema awal 46 kursi, ada sebagian penumpang yang tak bisa menikmati pemandangan yang luas, maka opsi pengurangan jumlah kursi pun diambil.

"Dari 38 kursi itu jadi ada space di depan dan belakang, jadi bisa buat untuk entertainment, bisa buat akustik dan lainnya," kata dia.

"Jadi kita beri experience yang berkualitas, jadi kalau teman-teman mau coba kereta api Panoramic gak usah ke Swiss, di Indonesia juga ada," sambung Didiek.

Informasi, dengan penambahan 4 armada, KAI akan mengoperasikan total menjadi 6 KA Panoramic. Nantinya KA Panoramic ini akan ditempel dengan KA Jarak Jauh tujuan Bandung maupun Surabaya.

3 dari 3 halaman

KA Panoramic

PT Kereta Api Indonesia (Persero) resmi mengoperasikan kembali Kereta Panoramic pada Maret 2023 ini. Jadwal regulernya, akan berangkat pada Jumat dan Minggu tiap pekannya.

Adapun, rute yang dilayaninya adalah Stasiun Gambir - Bandung pp dengan KA Argo Parahyangan Panoramic. Serta rute Stasiun Bandung - Surabaya Gubeng pp dengan KA Argo Wilis Panoramic.

Selain operasional secara terjadwal, Kereta Panoramic juga bisa disewa secara khusus. Penyewa bisa menentukan waktu keberangkatan dan stasiun awal dan tujuan Kereta Panoramic.

Liputan6.com berkesempatan menjajal langsung Kereta Panoramic relasi Gambir-Bandung. Kereta ini terlihat punya kaca super lebar di sisi kanan dan kiri. Kemudian, di sisi atas pun ada sunroof yang bisa secara otomatis dibuka tutup.

VP Public Relations KAI Joni Martinus dalam perjalanan tersebut menyampaikan, kalau kereta Panoramic didesain khusus oleh KAI dan dioperasikan oleh KAI Wisata. Salah satunya untuk menyajikan panorama kepada para pelanggan KAI.

"Kita desain khusus untuk berikan sensasi yang berbeda dengan gerbong lainnya, apalagi ini bisa lihat langsung pemandangan. Kita ingin memmaksimalkan panorama indonesia ini dinikmati dari kereta api," kata Joni, Senin (6/3/2023).

Sejumlah fasilitas dihadirkan di Kereta Panoramic. Seperti 2 layar televisi di sisi depan dan belakang, koneksi Wifi, sandaran kaki yang, hingga ruang toilet yang lebih lebar dari biasanya. Setidaknya, akan ada 3 kru yang ikut berjaga, termasuk untuk membagikan makanan dan minuman di waktu-waktu tertentu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini